Sebagian besar pasangan yang menjalani sebuah hubungan pasti ingin punya akhir yang membahagiakan. Jika bisa, cukup satu untuk selamanya. Tapi, takdir tentu nggak ada yang tahu. Apakah kamu dan dia akan berakhir jadi satu atau nggak. Tapi setidaknya kamu dan dia udah berusaha untuk menjalin hubungan ini dengan serius.

Eh, tapi kalau rasanya cuma kamu yang serius gimana? Wah, harus hati-hati nih. Kalau kamu ngerasain hal-hal ini terjadi dalam hubunganmu dan dia, maka kamu harus siap-siap kalau hubungan kalian nggak akan naik ke level selanjutnya.

1. Di saat kamu ingin membahas level yang lebih serius dia selalu menghindar dan tak ingin mendengarkan

Kalau udah ngomongin masa depan dia langsung ngehindarin

Kalau udah ngomongin masa depan dia langsung ngehindarin via hdwallpapersrocks.com

Advertisement

Hal ini mungkin yang paling sering menjadi pertanda bahwa hubunganmu nggak seserius yang kamu kira. Setelah melalui masa pacaran yang cukup lama, mungkin hatimu udah bertanya-tanya kapan hubungan ini akan naik ke level selanjutnya. Tapi sayangnya, setiap kamu ingin membahas langkah ke depan, dia terkesan menghindar dan bahkan nggak peduli. Atau dia mengalihkan pembicaraan ke topik lain. Padahal kamu hanya bertanya, bukan memintanya untuk segera menikahimu.

2. Dia menyayangimu di saat ada yang dia butuhkan, di luar itu posisi kamu cuma buat status aja

Dia datang hanya saat ada keinginan

Dia datang hanya saat ada keinginan via hdwallpapersrocks.com

Kamu mungkin merasa hubunganmu biasa saja. Nggak seromantis pasangan lain. Dan kamu mengerti hal itu. Kamu berpikir dan mengerti bahwa pacarmu memang orang yang nggak romantis atau cuek. Toh dalam hubungan, cuek bukan berarti nggak sayang.

Tapi dalam hubunganmu kali ini terasa berbeda. Kecuekannya lama-lama menjadi tak wajar. Dia datang dan perhatian kepada hanya saat dia membutuhkan sesuatu darimu. Setelahnya, ketika semua kebutuhannya terpenuhi, dia bisa pergi begitu saja tanpa pernah memedulikanmu sedikit pun.

3. Dia tak pernah membawamu masuk ke dalam lingkungan sosialnya, dan juga seakan tak ingin untuk bergabung dengan lingkunganmu

Hubungan hanya sebatas kalian berdua

Hubungan hanya sebatas kalian berdua via hdwallpapersrocks.com

Advertisement

Jika sebuah hubungan memang ingin berakhir di pelaminan, tentu kalian sadar apa saja yang harus dilakukan. Mulai dari komitmen awal dari kamu dan dia, hingga mengenal dunia masing-masing, termasuk lingkungan sosial. Coba deh kamu pikir-pikir lagi, apakah kamu pernah masuk ke dalam dunia sosialnya? Apakah dia pernah membawamu dan mengenalkan kepada teman-temannya bahwa kamu adalah pacarnya? Kalau belum, patut dipertanyakan nih. Apalagi kalau hubunganmu udah lama berjalan. Terlebih lagi jika dia juga nggak mau sekadar berkenalan dan bertemu teman-temanmu. Berarti ada sesuatu yang dia batasi dalam hubungan kalian.

4. Bertemu dengan orangtua hanyalah janji darinya tanpa pernah ada realisasinya

Bertemu dengan orang tua atau keluarga hanya janji belaka

Bertemu dengan orang tua atau keluarga hanya janji belaka via hdwallpapersrocks.com

Kamu pasti sadar, bahwa pernikahan bukan hanya menyatukan dua insan, tapi juga keluarga. Kamu nggak bisa hanya menikahinya tanpa bersatu dengan keluarganya, begitu pun sebaliknya. Jika memang benar serius, tentu hal ini dimulai dengan memperkenalkan pasangan kepada orangtua.

Tapi sayangnya, hingga hubunganmu sampai pada saat ini, dia masih enggan mengenalkanmu pada orangtuanya. Dia selalu berkata nanti kalau sudah waktunya. Dan dia juga belum mau bertemu dengan orangtuamu dengan alasan belum siap. Padahal ‘kan cuma ketemuan aja, nggak lebih 🙁

5. Dia nggak membatasi hubungannya dengan perempuan lain yang katanya hanya sebatas teman aja

Bahkan dia nggak membatasi hubungan dengan cewek lain

Bahkan dia nggak membatasi hubungan dengan cewek lain via cdn.chobirdokan.com

Cowok yang serius harusnya paham, bahwa ketika dia udah punya hubungan dengan seorang cewek, dia harus fokus pada hubungan itu. Bukan berarti membatasi dia nggak boleh berteman dengan cewek lain, tapi harusnya dia mengerti gimana batasan-batasan berhubungan dengan cewek lain meskipun katanya itu hanya sebatas teman.

Jika setelah menjalani hubungan denganmu, dia ternyata nggak membatasi itu, kamu harus bicarakan segera. Bukannya berprasangka, tapi kalau mereka chatting sampai tengah malam atau dia masih terus membalas chat bahkan di saat kamu sedang berdua dengannya, apakah itu namanya nggak berlebihan?

6. Selama menjalin hubungan, kamu sadar bahwa tak ada perubahan ke arah yang lebih baik dan mapan

Hubungan nggak berkembang

Hubungan nggak berkembang via classycouples.tumblr.com

Selama kamu menjalani hubungan dengannya, kamu mungkin sadar bahwa hubungan begitu-begitu saja. Datar dan biasa aja. Mungkin kamu mengira hubunganmu adem ayem aja karena nggak pernah ada masalah. Tapi bukankah sebuah hubungan yang baik adalah hubungan yang tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik?

Hubungan ini seharusnya membuatmu belajar tentang kehidupannya dan sebaliknya. Tapi ternyata dalam hubunganmu ini nggak ada perubahan ke arah yang lebih baik, atau bahkan ke arah yang lebih mapan. Apakah hubunganmu dan dia memang hanya ingin sebatas pacaran aja?

7. Banyak hal yang dia simpan dan tak ingin dibagi denganmu, seolah-olah kamu nggak bisa dipercaya atau mungkin itu akan membuatmu terluka

dvdsdsfag

Dia mulai banyak menyimpan cerita darimu via cdn.chobirdokan.com

Hubungan yang kamu jalani tentunya dijalani berlandaskan komitmen, kepercayaan, dan kejujuran. Jika ada saja satu yang kurang, maka hubunganmu nggak akan berkembang, apalagi sampai ke tahap selanjutnya. Dia yang awalnya selalu terbuka, selalu bercerita tentang apapun yang ada di benaknya. Tapi semakin lama kamu merasa bahwa ada sesuatu yang dia simpan dan nggak ingin diceritakan. Setiap kamu tanya jawabnya pasti nggak ada apa-apa. Dan hal ini berdampak pada kepercayaanmu padanya, bukan? Kalau itu memang terjadi, segera bicarakan, agar kamu tahu hubunganmu dan dia mau dibawa kemana.

8. Komunikasi denganmu bukan lagi sesuatu yang istimewa, setiap chatmu dibalas kapan aja semau dia

Dan waktunya untukmu nggak sesering dulu

Dan waktunya untukmu nggak sesering dulu via www.pexels.com

Masih ingat saat masa pdkt dulu? Mungkin setiap menit selalu ada chat-nya yang masuk. Kamu selalu berkomunikasi dengannya apakah itu secara langsung atau nggak langsung. Begitupun di awal setelah jadian. Tapi kini, semakin lama waktumu dan dia semakin berkurang. Jika waktumu dan dia habis untuk bekerja mungkin kamu bisa memahami itu. Tapi jika waktunya habis entah karena apa, gimana? Seakan dia punya kehidupan lain yang mulai membuatnya jauh darimu. Bahkan chat yang selalu dia balas segera udah mulai dibalas kapan aja. Sepertinya kondisi hubunganmu ini perlu dibicarakan dengannya untuk kebaikan kalian berdua.

Cewek selalu punya feeling yang kuat, apalagi terhadap pasangannya. Jika kamu merasa hal-hal yang mungkin akan menghambatmu menuju level selanjutnya atau malah sebenarnya nggak ada kata buat melaju ke pernikahan, mungkin kamu harus berpikir ulang dengan hubungan yang kamu jalani sekarang 🙂

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya