Selingkuh Tipis-tipis

Salah satu yang selalu sukses menyakiti hati cewek adalah perselingkuhan. Namun tahukah kamu bahwa selingkuh itu ada banyak macamnya? Bukan hanya selingkuh dalam skala besar dan terang-terangan seperti yang sekarang marak terjadi. Tapi ada juga selingkuh tipis-tipis atau yang sering disebut sebagai micro cheating oleh ahli. Menurut ahli hubungan Melanie Schilling, seseorang dikatakan melakukan selingkuh tipis-tipis jika secara fisik dan emosial terfokus pada seseorang di luar hubungan. Tentu saja orang di luar hubungan tersebut bukan dalam konteks keluarga atau para sahabat.

Kebanyakan cewek memang belum sadar akan adanya selingkuh tipis-tipis yang cowok lakukan. Namun beberapa di antaranya sudah menyadari, hanya saja tak kuasa buka suara saking mirisnya. Kamu sebagai cowok pun kadang tak sadar jika hal-hal yang selama ini lakukan ternyata tergolong selingkuh tipis-tipis yang merugikan.

Advertisement

Untukmu yang belum paham apa saja tindakan yang tergolong selingkuh tipis-tipis ini, coba perhatikan hal-hal di bawah. Biar sebagai cowok, kamu lebih bisa menjaga sikap dan tak buat hati cewekmu teriris-iris.

1. Sesekali nebengin teman cewek pulang sih nggak apa-apa. Tapi lain cerita kalau nebenginnya setiap hari dan cewekmu sampai nggak tahu

Anterin dia pulang aja terus~~ via unsplash.com

Loyal sama teman memang hal yang wajar. Kamu sering kumpul bareng teman juga masih diterima cewekmu. Namun jika loyalnya sudah keterlaluan, seperti tiap waktu nebengin teman cewek lain pulang, itu lain cerita. Niatmu memang murni menolong teman, tapi sebenarnya tindakan tersebut sudah termasuk dalam selingkuh tipis-tipis. Pantas saja kalau cewekmu kelihatan nggak suka tiap kamu habis ngaterin teman pulang ke rumahnya.

2. Membalas pesan cewek lain tapi chat dari pacar sendiri malah dicuekin. Padahal kamu tahu cewekmu sedang menunggu balasanmu

Bales cewek lain aja cepet. Giliran pacar sendiri dianggurin via unsplash.com

Cewekmu mungkin sering nge-chat dengan isi yang nggak jelas. Seperti hanya mengirim stiker atau link artikel tentang hubungan. Namun ada kalanya dia juga bertanya tentang kabarmu juga. Seringnya cewekmu nge-chat ini sayangnya kurang kamu tanggapi dengan serius. Kalau boleh dibilang, kamu bahkan jarang membalasnya. Tapi ketika ada pesan dari teman cewek, kamu seperti tergopoh-gopoh harus segera membalasnya. Meskipun kadang isinya nggak terlalu penting, tapi bukankah seharusnya kamu lebih memprioritaskan cewekmu sendiri?

3. Kamu selalu punya waktu untuk dengerin curhatan teman cewekmu. Giliran pacar sendiri mau curhat, ada saja alasannya kamu untuk menghindar

Yang, mau curhat~ via unsplash.com

Advertisement

Pacaran sejatinya saling menyediakan bahu ketika salah satu mulai goyah. Di saat pacar lagi ada masalah, normalnya kamulah yang menjadi tempatnya untuk berbagi cerita agar pikirannya tak lagi berat. Namun bahumu kini tak hanya untuk dia. Sebab kamu juga telah membagi bahumu untuk cerita teman cewek yang lainnya. Malahan porsinya kini lebih banyak mendengarkan curhatan teman cewekmu daripada pacar sendiri. Ibarat mini market, kamu rela buka 24 jam untuk curhatan teman. Namun hanya buka setengah hari ketika cewekmu membutuhkan.

4. Kegiatan di media sosial seperti lebih banyak kasih like dan komentar ke akun cewek lain juga bikin cewekmu cemburu dan miris

Like aja terus ~~ via unsplash.com

Media sosial memang memudahkanmu untuk menjangkau banyak orang. Namun jika tak digunakan secara bijak, bisa jadi malah menjadi media untuk mencari penghiburan. Seperti apa yang selama ini kamu lakukan. Di tak melakukan apa-apa, kamu pasti berseluncur di sana dan mencari sesuatu yang lebih bening biar kepenatan hilang. Iseng-iseng kamupun meninggalkan jejak pada akun-akun penghilang penatmu itu. Memberi like dan komentar atas nama menghargai salah satu ciptaan Tuhan. Namun sayangnya, hal yang sama tak kamu lakukan pada cewekmu. Ketimpangan perhatian di media sosial inilah yang diam-diam buatmu melakukan selingkuh tipis-tipis tanpa disadari.

5. Kalau ada masalah, kamu malah curhat ke teman cewek lebih dulu. Bukannya bicara baik-baik dengan cewekmu

Curhat ke lain aja…rajin! via unsplash.com

Kamu dan dia sudah cukup lama bersama. Masalah dalam hubungan juga tak pernah berhenti ada. Sayangnya, masalah yang ada ini justru buatmu semakin mudah curhat ke teman cewekmu. Kamu lebih memilih curhat ke yang lain daripada menyelesaikan masalah dengan cewekmu sendiri. Alasan yang kamu gunakan cukup klise, seperti lebih nyaman ngobrolin masalahmu ke yang lain ini. Padahal, masalah yang ada sejatinya diselesaikan berdua terlebih dahulu. Bukankah hubungan itu tentang sama-sama mencari jalan keluar di saat kamu dan dia tengah bertemu jalan buntu?

6. Nggak bisa jaga pandangan mata. Ini nggak hanya sekali dilakukan, tapi berkali-kali kamu pergoki saat jalan berdua

Karena dari mata biasanya turun ke hati via unsplash.com

Melihat sesuatu yang indah memang tak ada salahnya. Namun jika sesuatu yang indah tersebut adalah cewek lain yang bahkan kamu nggak kenal, itu selingkuh tipis-tipis namanya. Apalagi jelalatanmu ini kamu lakukan saat lagi jalan berdua. Coba, cewek mana yang sakitnya nggak sakit melihatnya? Padahal kalau cewekmu hanya bilang idolanya ganteng saja, kamu udah marah-marah saking cemburunya.

7. Selain ke kamu, kalimat gombalannya juga sering diumbar kemana-mana. Coba, cewek mana yang nggak miris mendengarnya?

Gombalannya nggak untuk pacar sendiri via unsplash.com

Salah satu hal yang bikin cewek geregetan sekaligus luluh adalah gombalan. Apalagi kalau gombalannya sedahsyat punyaa Dilan. Namun, gombalan yang seharusnya ditujukan ke pacar ini juga kamu bagikan ke cewek lain. Mungkin maksudmu hanya untuk bercandaan, tapi kamu harus tahu kalau hal itu termasuk selingkuh tipis-tipis yang buat cewekmu panas. Cewek mana coba yang nggak panas dan miris saat kelakuanmu seperti ini?

Tulisan ini dibuat bukan untuk menyudutkan cowok. Tapi hanya untuk memberi pengetahuan bahwa selingkuh memang bisa dilakukan dalam skala kecil, seperti hal-hal tersebut. Semoga generasi ini terhindar dari hal-hal yang mencerminkan mudahnya berbagi hati. Sebab lebih bijak dan bermanfaat jika kita fokus menjaga apa yang dipunyai.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya