Memutuskan untuk serius menjalani hubungan memang bukan perkara gampang. Butuh pertimbangan matang sebelum menentukan – siapa sih pasangan yang bakal kamu ajak menyiapkan masa depan bersama?

Dilabeli sebagai makhluk cuek yang suka ogah-ogahan ngomongin masa depan, cowok ternyata peduli juga lho sama hal yang satu ini. Meski pada akhirnya batal menyeriusi, mereka ternyata punya alasan-alasan logis bin realistis dibalik keputusannya. Kenapa akhirnya nggak mau serius sama cewek? Cewek wajib baca curahan hati mereka ini biar bisa introspeksi!

1. Cowok itu suka tantangan. Mending mundur teratur kalau si cewek ternyata terlalu gampang ditaklukkan

cewek yang gampang ditaklukkan via www.facebook.com

“Pernah deket sama seseorang. Baru 2 minggu kenal sih, tapi dianya udah kasih sinyal minta ditembak. Sebagai cowok, sorry to say, aku malah mikir kalau dia cewek gampangan.” – Gibran

Pada dasarnya, cowok itu suka tantangan. Nggak heran kalau mereka doyan olahraga ekstrem seperti mendaki gunung, selancar atau wall climbing. Sama halnya untuk urusan mendekati cewek. Cowok akan lebih penasaran ketika cewek yang dia suka ternyata susah ditaklukkan. Sebaliknya, cowok justru akan memilih mundur teratur kalau cewek yang dia suka terlalu mudah didapatkan. Dalam kondisi ini, cowok cenderung akan berpikir: “Sebenarnya dia memang mau sama aku, atau mau sama semua cowok yang mendekati dia sih?”

2. Cowok bakal bilang ‘amit-amit’ kalau ketemu cewek posesif. Terlalu mengekang, kemana-mana juga dilarang

Advertisement

amit-amit sama cewek posesif via unsplash.com

“Aku angkat tangan deh kalau sama cewek posesif, nyerah pokoknya. Posesif itu justru bikin hubungan kita stagnan, aku dan dia jadi sama-sama nggak berkembang.” – Febri

Sifat posesif pada cewek konon yang paling dibenci sama cowok. Jika ternyata cewek yang didekati mulai memperlihatkan tanda-tanda posesif, cowok cenderung memilih batal menyeriusi. Pasalnya, sifat posesif inilah yang seringkali menyebabkan masalah dalam hubungan. Biasanya cewek posesif akan gampang curiga pada teman-teman si cowok, khususnya lawan jenis. Selain itu, cewek posesif juga suka mengatur dan melarang apa yang ingin dilakukan cowoknya.

3. Di mata cowok, cewek manja itu lucu. Tapi kalau manjanya kelewatan, cowok justru milih: lebih baik sendiri dulu~~

boleh manja tapi jangan kelewatan via favim.com

Manjanya cewek biasanya jadi yang cowok sukai. Misalnya saat sedang berjauhan, cewek akan merengek bilang kangen dengan suara imutnya di telepon. Tapi ternyata, cowok juga nggak suka lho sama cewek yang manjanya kelewatan. Kalau cewek selalu minta ditemani dan maunya kemana-mana diantar – cowok dijamin bakal milih pergi.

“Kita suka cewek manja kok, tapi manja juga ada porsinya. At least, tahulah kapan harus manja dan kapan bisa jadi cewek mandiri. Kalau kita lagi pusing karena banyak kerjaan di kantor, ya jangan manja-manja nggak jelas dulu. Daripada ngurusin cewek yang manjanya kelewatan, aku sih pilih nge-jomblo aja lah!” – Ivan

4. Para cowok sepakat: buat apa diseriusin kalau cewek masih belum bisa move-on dari masa lalunya!

susah kalau cewek belum move-on via unsplash.com

Di tahap-tahap awal PDKT, ngomongin mantan adalah hal yang wajar. Selain jadi punya bahan obrolan, setidaknya juga bisa sama-sama belajar dari kegagalan di masa lalu. Tapi bagaimana pun, ngomongin soal mantan ini ada batasnya. Ketika cewek terlalu semangat ngomongin mantannya, cowok pun akan berasumsi kalau si cewek sebenarnya belum move-on. Artinya, si cewek memang belum siap diajak serius dan menjalani hubungan yang baru.

“Gue kesel sih kalau cewek ngomongin mantannya terus. Dia belum move-on, jadi nggak sadar kalau gue sebenernya lagi deketin dia. Ya daripada makan ati, mending cari yang lain sih kalau gue.” – Adit

5. Soal gaya hidup cewek juga jadi perhatian. Cowok pilih mundur pelan-pelan kalau cewek suka bermewah-mewahan

gaya hidup cewek jadi perhatian cowok via jateng.tribunnews.com

Nggak cuma cewek yang punya sekian kriteria saat memilih pasangan, cowok pun sama. Salah satu yang jadi perhatian cowok adalah gaya hidup ceweknya. Seberapa sering sih cewek belanja baju atau makeup? Dia mau jajan di kaki lima atau harus selalu makan di restoran? Bagi cowok, penting banget tahu hal-hal macam ini sejak awal.

Kalau dia suka yang mewah-mewah, gimana kalau nanti udah nikah? Repot kalau mau serius sama cewek yang nggak bisa diajak susah. Cantik, baik, tapi kalau biaya maintenance-nya mahal – nanti kita juga yang kewalahan. Hahaha.” – Rico

Cewek mungkin akan membela diri karena merasa sudah punya penghasilan sendiri. Tapi cowok juga kekeuh kalau cewek dengan gaya hidup tinggi ini nggak akan baik kalau diajak berumah tangga nanti.

6. Punya prinsip itu harus. Tapi saat cewek susah diajak kompromi, cowok akan menolak diajak serius

cewek harus bisa diajak kompromi via unsplash.com

“Dia mimpinya bisa nikah muda, sedangkan gue pengen fokus dulu ngurus keluarga. Disuruh ngalah nggak mau, diajak cari jalan tengah juga nggak mau. Nggak kenal kompromi pokoknya. Ya udah lah, bye!”

Butuh kompromi dua orang ketika ingin sukses dalam sebuah hubungan. Mustahil bisa menyiapkan masa depan bersama, jika sejak pacaran atau pendekatan saja sudah susah menyatukan dua kepala. Bagaimana pun, punya prinsip dalam hidup itu penting, tapi bukan berarti memaksakan kehendak pada orang lain. Nah, ketika ketemu cewek yang susah diajak kompromi, biasanya cowok juga memilih batal menyeriusi.

7. Cowok bakal balik kanan saat cewek mulai menuntut kepastian. Dasarnya cowok suka kebebasan, dia nggak mau kalau terus ditekan

kemana aja asal jangan KUA… via www.facebook.com

Kebanyakan cewek suka membayangkan soal masa depan. Kapan mau nikah? Nanti mau tinggal dimana? Punya anak berapa? Banyak hal yang akan muncul dalam benak cewek ketika sudah berhubungan serius dengan cowok. Sementara, cowok justru enggan saat diajak membicarakan masa depan. Bukan berarti cowok nggak mau serius, tapi mereka cenderung realistis sehingga sadar bahwa butuh waktu untuk menyiapkan masa depannya. Semakin cewek menuntut, cowok malah semakin malas untuk serius.

“Belum siap kalau harus kasih kepastian, diajak pacaran serius terus ditanya nikahnya kapan. Hahaha. Masih banyak hal yang pengen aku lakuin, salah satunya traveling. Dan kalau cewek yang deket sama aku nuntut minta kepastian, aku akan bilang: ajak aku kemana saja, asal jangan ke KUA ya…” – Bintang

Cowok-cowok sudah curhat soal alasan mereka ketika batal menyeriusi cewek. Alasan-alasan yang mereka ungkapkan memang cukup realistis dan logis sih. Makanya, penting buat para cewek untuk mulai introspeksi. Kenapa cowok yang  dekat akhirnya batal menyeriusi? Mungkin masalahnya memang datang dari dirimu sendiri, girls!