Dear Cewek, 9 Pendapat Cowok Soal Privasi Dalam Berpacaran Ini Bisa Jadi Bahan Perenungan

Privasi hubungan di mata cowok

Setiap manusia pasti memiliki rahasia pribadi yang–mungkin–orang lain nggak boleh tahu. Sebut saja kebiasaan buruk, kesalahan di masa silam, hal memalukan yang pernah dialami dan lain sebagainya. Tapi semua menjadi dilematis ketika kita menjalani suatu hubungan pacaran. Privasi menjadi bahan yang nggak hada habisnya diperdebatkan.

Advertisement

Perdebatan mengenai privasi dalam hubungan berpacaran adalah resep rutin ketegangan. Tapi, ya namanya juga hubungan wajar saja jika terjadi adu argumen. Toh juga baik untuk kelangsungan hubungan. Lantas seberapa penting kah ruang privasi dalan hubungan berpacaran? Sejauh mana batasannya? Berikut ini Hipwee telah merangkum beberapa pendapat cowok tentang seberapa penting ruang privasi baginya. Simak dengan seksama, ya.

1. Sama halnya dengan rahasia, privasi itu seperti bagian dari hidup kita yang cuma kita yang wajib tahu

Rahasia via www.unsplash.com

Penting dong. Ada hal-hal yang dalam diriku yang pacar atau orang lain nggak boleh tahu. Ini semacam bagian dari hidupku yang cuma aku yg boleh tahu

– Kentung, Videografer forever

2. Hubungan juga butuh keseimbangan. Ada hal-hal yang kadang tak bisa diceritakan demi kesehatan hubungan

Keseimbangan hubungan via www.pexels.com

Aku butuh ruang privasi. Contohnya kedekatanku dengan sahabat cewek, ada hal yang nggak bisa kuceritakan semua sebab berpotensi mengganggu jalannya hubunganku. Fungsinya bukan untuk menutupi sesuatu dari pasangan. Justru bagiku ruang privasi menjaga keseimbangan hubungan.

– Inyong, Kolektor gundam

Advertisement

3. Privasi nggak seharusnya dijadikan kedok buat membenarkan kelakuan curang kita dalam hubungan

Jangan disalahgunakan via www.pexels.com

Penting nggak penting. Penting ketika menyangkut hal personal, semisal foto pribadi atau urusan kerjaan yang nggak ada hubungannya sama pasangan. Namun ketika menyangkut pasangan, privasi nggak seharusnya dijadikan kedok buat melegalkan kelakuan kita. Kan ada tuh orang yang ditanya itu chat mesra dari siapa jawabnya “kamu nggak perlu  tahu privasiku”.

– Bima, Pandit sepakbola

4. Cowok juga butuh ruang gerak untuk berekspresi. Salah satunya lewat privasi dalam bermedia sosial

Ruang ekspresi via www.unsplash.com

Kita punya batasan-batasan yang –terkadang– orang terdekat pun nggak boleh sampai mengganggu. Tapi kalo yang namanya bucin (budak cinta) ya apa saja tidak ada privasinya, haha.. contohnya itu samai kita ngasih password IG dan facebook ke pacar, padahal keduanya itu privasi.

– Aan, Pemuda melek politik

5. Mungkin dengan saling menghargai privasi, hubunganmu dengan dia bisa terhindar dari rasa kebosanan

Penangkal kebosanan via www.pexels.com

Penting, privasi itu biar pasangan ikut campur sama hal-hal pribadi. Selain itu supaya biar gak bosen aja sih, biar apa-apa nggak selalu bareng pasangan

– Kopong, Desain grafis

Advertisement

6. Cowok juga butuh dihargai, salah satunya mengenai batasan kehidupan pribadi!

Nggak boleh maksa via www.pexels.com

Dalam hubungan asmara, nggak ada yang lebih penting dari saling menghargai – termasuk privasimu. Kecuali cewekmu pengen tahu segala hal. Putusin! Ibumu aja nggak kamu ceritain.. masa dia minta diceritain.

– Suprapto, Penjaga toko mainan anak

7. Memberi perhatian memang wajib, tapi selalu mau ikut campur saat ada masalah kadang bikin cowok tersinggung

Dunia sempit via www.pexels.com

Privasi memberi ruang untuk pasangan buat ngurusin kehidupan pribadinya. Lagipula pacaran nggak harus ke mana-mana bareng terus. Sempit aja kalau kayak gitu. Memang sih perhatian ke pasangan itu wajib. Tapi beri dia kesempatan juga untuk menyelesaikan masalah sendiri.

– Apoy, Mahasiswa semester akhir

8. Privasi cowok ibarat history browser, konsumsi pribadi yang nggak bisa orang lain tahu. Dan memang bukan hak orang lain untuk tahu

Hak pribadi via www.pexels.com

Penting banget. Ada beberapa hal yang menurutku bukan hak orang lain buat tau. Analoginya, privasi adalah history browser kita, nggak mau kan history browser kita diliat-liat orang lain. Hidup gue, ya.. hidup gue, hidup lo, ya.. hidup lo. Privasi itu hak pribadi, bukan semerta-merta saat ada ikatan kemudian jadi hak bersama.

– Kokoyawo, Komika independen

9. Meminta password IG atau facebook sama saja menaruh curiga yang berlebihan. Hubunganmu nggak akan berlangsung lama saat cewek melakukan itu

Saling percaya via www.pexels.com

Privasi itu ibarat lu naik kapal fery dan lu gak boleh masuk ke ruang nahkoda. Artinya lu harus percaya sama pasangan lu dan gak ada hak buat utak-atik, semisal sosmednya, chatnya dengan siapa aja .. Karena kalo rasa curiga udah timbul barang sebutir ketumbar pun, hubungan lu sama doi bakalan hancur

– Wira, Gondronger rajin puasa

Dari beragam pendapat di atas, hampir semuanya menganggap privasi dalam hubungan pacaran itu penting. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari hak pribadi, menjaga keseimbangan hubungan, biar nggak bosen, sampai sebagai bentuk kepercayaan kepada pasangan.

Sepakat atau tidak itulah pedapat jujur dari mereka. Kalau kamu gimana? Sepenting apakah privasi selama pacaran? Tulis pendapat kalian di kolom pada di bawah ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE