Artikel ini adalah hasil partnership antara Hipwee dan ACER Liquid Z320. Ponsel yang layak dimiliki demi masa depanmu.

Mengharapkan hal baik datang tanpa persiapan adalah omong kosong berkepanjangan. Tidak ada hal baik yang bisa datang tanpa usaha. Meski kebaikan Tuhan tak perlu lagi ditanya, kita-kita ini mestinya tetap berupaya sebagai manusia.

Hukum ini juga berlaku dalam upaya mempersiapkan diri sebagai calon orangtua.

Bukankah kelak kamu yang single akan menemukan pasangan? Kalian berkompromi dalam banyak hal, bercinta sesekali, membangun keluarga dan peradaban baru dari rumahmu sendiri. Jadi orangtua harusnya sudah bukan proses trial and error lagi. Atas nama upaya mempersiapkan diri tak ada salahnya kamu mulai melakoni 5 hal ini sejak kini.

1. Jadi orangtua bukan sekadar membesarkan dan memberi makan. Ini adalah proses tumbuh jadi teman yang bisa diandalkan

Ini adalah proses tumbuh jadi teman yang bisa diandalkan

Ini adalah proses tumbuh jadi teman yang bisa diandalkan via elitedaily.com

Jika tugas orangtua hanya membesarkan dan memberi makan saja kita-kita ini hanya perlu bekerja keras lalu menyewa baby sitter dan chef handal saja. Memasukkan mereka ke sekolah ternama. Habis perkara. Semua kebutuhan calon penerus sudah pasti terjamin semua. Tapi sayangnya, tidak sedangkal itu proses dan kewajiban sebagai orangtua. Ada hal yang lebih besar dan agung di baliknya.

Menjadi orangtua adalah tentang membersamai pertumbuhannya. Jadi kawan yang baik, menawarkan telinga yang selalu mendengar, jadi saksi kesalahan dan proses pertumbuhannya dengan sabar. Menjadi orangtua ternyata adalah proses menjadi seseorang yang bisa diandalkan. Dan sebenarnya mudah saja mempersiapkan ini.

Mulai hari ini pastikan kamu memenuhi setip janji. Tak peduli sesibuk apapun dirimu, berusahalah selalu ada dalam momen-momen penting orang terdekatmu. Kelak, kamu akan terbantu dengan komitmen kuat macam itu.

2. Konon calon anak kita bisa belajar lebih banyak hal dari meniru. Mulai saat ini perhatikan polah dan gaya bicaramu

Mulai saat ini maukah kita bersama memperhatikan gaya dan pola bicara?

Mulai saat ini maukah kita bersama memperhatikan gaya dan pola bicara? via www.engagedweddingblog.com

“Oh, damn.”

“Sial. Panas banget sih.”

“Iiiiih….ini otak apa dengkul sih? Bego amat yak? Hahahaha.”

Candaan slengekan macam ini sekilas terdengar biasa saja. Namun akan beda cerita kalau kelak kamu sudah jadi orangtua. Sederhana saja alasannya. Ada nyawa baru yang bisa meniru apapun yang masuk ke telinganya.

Anak-anak, konon, belajar lebih banyak hal dari meniru. Apa yang dilihatnya sehari-hari, apa yang ditemukan oleh matanya di sisi rumah jadi referensi. Sebagai calon orangtua yang punya tanggung jawab menjadikannya baik dalam sikap dan pribadi sebenarnya ada yang bisa mulai kamu lakukan mulai hari ini. Segampang mengurangi umpatan yang tidak perlu. Atau mengganti ungkapan kekesalan dengan kata-kata yang tidak membuat alis terangkat saja. Sudah bisa membawa perubahan yang bermakna.

3. Gadget itu blessing in disguise buat orangtua urban. Karena itu jangan salah memilih gadget untuk dikenalkan

Jangan sampai salah memilih gadget untuk dikenalkan

Jangan sampai salah memilih gadget untuk dikenalkan via tunjukkanmomenmu.hipwee.com

Jaman sekarang gadget sudah jadi andalan orangtua muda untuk menenangkan anak-anaknya. Si anak nangis, tinggal cari lagu anak-anak di YouTube. Waktu orangtuanya sedang ribet dan si anak tiba-tiba rewel, dia bisa dibungkam dengan games yang membunuh kebosanan. Sebab itu, meski masih banyak pro-kontra soal mengenalkan gadget ke anak, kebanyakan orangtua muda memilih untuk berdamai dengan perangkat elektronik satu ini.

Buat kamu yang kelak akan jadi orangtua, pastikan saja kamu memilih gadget yang tepat dan aman buat dikenalkan ke mereka. Cari yang mudah digunakan, ada aplikasi yang menyenangkan buat anak-anak, dan tentunya aman.

Nah, Acer Liquid Z320 bisa jadi pilihanmu. Ponsel yang satu ini gak cuma user friendly, tapi juga dilengkapi Kids Centre yang bisa jadi tempat calon anakmu belajar banyak hal dengan menyenangkan. Tampilan layarnya yang dilengkapi Blue Light Shield juga bikin mata gak cepat capek. Ssstt…asyiknya mulai tanggal 2-8 November nanti Acer Liquid Z320 akan dijual di Lazada dengan harga 1 jutaan saja! Tidak ada salahnya kan mempersiapkan diri sedini yang dibisa?

4. Mendidik mereka jadi tangguh atau manja itu pilihan. Tidak mudah mengasihani diri memberi pola pikir ‘keras’ yang bisa berguna nanti

Keras pada diri sendiri akan sangat berguna nanti

Keras pada diri sendiri akan sangat berguna nanti via www.reneehollingshead.com

Kelak, pilihan gayamu akan mempengaruhi pola pikir dan gaya mereka. Kalau saat ini kesulitan membuatmu mudah menyerah, menganggap semua hal bisa datang tanpa usaha dengan mudah — kamu pun akan menghasilkan generasi baru dengan gaya dan pola pikir yang sama.

Jika ingin kelak anakmu jadi anak-anak tangguh yang mau berusaha mulai saat ini berusahalah melakukan hal yang sama. Setiap ada tugas atau project baru yang menantang jangan mudah merasa tidak mungkin bisa. Kalahkan tantangannya, buktikan kalau kesulitan hanya akan membuatmu makin tangguh. Bukannya menyerah tanpa melakukan apa-apa.

5. Tanamkan pada diri sendiri ‘mahal’ itu tidak selalu sebanding dengan kualitas. Dengan begini kita bisa cerdik memilih barang yang pantas

Cerdik memilih membuat kalian menemukan barang yang pantas

Cerdik memilih membuat kalian menemukan barang yang pantas via www.reneehollingshead.com

Salah satu keberhasilanmu kelak adalah ketika berhasil mengembangkan perilaku cerdik dan efisien dalam diri mereka. Sederhana saja contohnya. Barang mahal, tidak selalu setara dengan barang berkualitas. Karena sebenarnya semua tergantung ketelitian saat memilihnya.

Mulai hari ini kamu mulai bisa training diri sendiri dengan cara yang sama. Saat memilih ponsel, contohnya. Ngapain harus cari yang menguras tabungan kalau semua yang kamu butuhkan sudah ada di Acer Liquid Z320? Kualitas sound nya oke, layar dan kameranya juga mumpuni. Plus…tanggal 2-8 November nanti ponsel ini bisa dibeli di Lazada dengan 1 jutaan saja.

Kalau sudah berhasil menanamkan pada diri sendiri nilai ini — anak-anakmu kelak juga akan mengikuti.

Jadi orangtua kelak memang tantangan besar. Tapi sebenarnya semua bisa dipersiapkan. Nah, menurutmu apa yang segera bisa dilakukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya