Dalam sebuah pendapat umum, idealnya cowok memilih cewek yang lebih muda untuk dijadikan pasangannya. Tapi belakangan ini marak fenomena yang berlawanan, banyak cowok yang berpacaran dengan cewek yang usianya lebih tua. Fenomena ini tentu nggak bisa dipisahkan dengan yang selera atau kecendrungan pribadi mereka – yang antar satu dengan lainnya berbeda.

Mungkin agak sedikit nggak wajar ya, tapi bukti telah banyak. Sukar untuk menangkal bahwa selera cowok terhadap cewek yang lebih tua itu memang ada. Lantas mengapa harus cewek yang lebih tua? Barangkali ini ada sangkut-pautnya dengan anggapan bahwa ‘bagi cowok, ibu adalah cinta pertamanya’. Ya, boleh jadi di balik selera cowok yang suka cewek lebih tua, ada ingatan tentang kasih dayang ibunya semasa kecil.

1. Nilai plus cewek lebih tua terletak pada kedewasaannya. Sikap inilah yang mengingatkan pada ibu di mana ia selalu memaklumi dan memahami kita saat berbuat salah

Dewasa via www.unsplash.com

Advertisement

Bagi cowok, sosok cewek yang memiliki tingkat kedewasaan yang lebih daripada diriya memiliki kemenarikan sendiri. Utamanya karena biasanya cewek dewasa itu nggak banyak dramanya, nggak ribet. Cowok dengan selera cewek yang lebih tua umumnya sudah jenuh dengan sikap cewek yang selalu melebih-lebihkan suatu masalah. Ia lebih menginginkan cewek yang mau memahami dirinya apa adanya. Bukankah ini mengingatkan kita pada sosok ibu, yang selalu memaklumi dan memahami kita? Bahkan saat kita berbuat kesalahan sekalipun ibu masih tetap memaafkan.

2. Nggak cuma selalu mengerti saat anaknya punya masalah, ibu juga pemberi solusi yang baik. Sikap solutif inilah yang dicari cowok saat menjalin hubungan

Solutif via www.unsplash.com

Dalam hubungan sejatinya cowok menginginkan pasangan bisa ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan suatu masalah. Cowok menginginkan cewek yang juga problem solver saat hubungan dirundung sebuah permasalahan. Sosok cewek yang lebih tua memiliki seringkali menunjukan bahwa dia bisa diandalkan dengan pemikiran solutifnya.

Cewek yang lebih tua nggak segan memasuki ranah cowok apabila masalah tersebut sukar ditangani cowoknya sendiri. Hmm mengingatkan sosok ibu ya? Yang selalu rela membantu ayah apabila sedang kesusahan. Kalau dibandingkan dengan cewek muda yang suka menuntut, tentu saja cewek tua lebih menarik.

3. Cewek yang lebih tua juga lebih mandiri, nggak repot minta bantuan melulu. Mengingatkan pada sosok ibu yang jarang sekali mengeluh

Mandiri via www.pexels.com

Advertisement

Sama halnya ibu yang mandiri, mengerjakan pekerjaan rumah yang menumpuk sendiri, ditambah dengan mengurusi anak dan suami. Di mata cowok, kemandirian itu pulalah yang acap terpancar dari cewek yang lebih tua. Cewek yang lebih tua umumnya lebih mandiri dalam menyikapi cowok yang lebih muda. Kemandirian ini boleh jadi disebabkan pengalamannya yang lebih dibanding cewek lain yang lebih muda dalam melewati kehidupan yang keras.

Biasanya cewek yang lebih tua (utamanya yang bekerja) jarang meminta lebih kepada cowoknya, baik untuk ditraktir, minta anter sana-sini, dan lain-lain. Tentu saja, daripada ribet mengurusi cewek muda yang manja, lebih baik menghadapi cewek yang mandiri dan lebih punya pengalaman.

4. Cewek yang lebih tua biasa punya kemampuan berkomunikasi dan mendengarkan dengan baik. Mengingatkan keahlian ibu yang lebih bisa diajak mengobrol luwes dibanding ayah

Nyaman diajak ngobrol via www.unsplash.com

Dibanding ayah yang cenderung kaku, ibu lebih luwes untuk diajak berbincang tentang apa saja. Inilah kemudian menyiratkan kemampuan mendengarkan dan berkomunikasi baik yang dimiliki ibu. Nilai plus ini biasanya lebih dimiliki oleh cewek yang lebih tua. Cewek muda cenderung ingin selalu didengarkan dan sudah bukan rahasia umum lagi bahwa sebenarnya cowok pendengar yang buruk. Cowok lebih butuh didengar dibanding mendengar.

5. Layaknya ibu, cewek yang lebih tua lebih bisa mengerti keadaan cowoknya – ia nggak pernah menuntut lebih dan tetap menyayangi tanpa pamrih

Nggak banyak menuntu via www.unsplash.com

Harus diakui bahwa cewek muda umumnya lebih suka menuntut cewek dibandingkan dengan mereka yang berusia lebih tua. Mulai dari menuntut mengubah sikap, samapi menuntut cowoknya bekerja keras demi membelikan kebutuhan cewek. Secinta-cintanya cowok, tentu dia nggak betah jika berada di momen itu.

Lain halnya dengan cewek yang lebih tua, mereka lebih memahami kondisi cowoknya. Ia tahu cara menghargai kerja keras atau usaha cowok, meski hasilnya kadang nggak seberapa. Sikap nggak pernah menuntut inilah yang mengingatkan kita pada sosok ibu yang telah membimbing, memberi, dan mengasihi kita sejak kecil tanpa meminta balasan apapun.

Fenomena selera cowok pada cewek yang berusia lebih tua ini fenomena yang unik. Cowok dengan selera seperti ini jelas melawan arus sebab umumnya cowok akan memilih cewek yang muda yang boleh dikatakan lebih mudah ditaklukan. Ya, kembali lagi mungkin karena memang cinta kadang-kadang memang nggak ada logika. Dan dari sini sejatinya kita dapat mengambil pelajaran bahwa selain nggak ada logika, cinta juga nggak memandang usia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya