5 Fase Patah Hati yang Harus Kamu Lewati, Sebelum Mantap Kembali Buka Hati

Fase patah hati

Patah hati. Dua kata itu adalah hal menyeramkan dan bikin semua orang nggak mau merasakannya. Patah hati ketika putus cinta itu pasti menyakitkan. Ketika kamu sudah klop dengan seseorang dan yakin bahwa dialah pelabuhan terakhirmu, tapi takdir berkata lain, pasti rasa kecewa, marah, sampai sakit campur aduk dalam dirimu.

Namun bukan berarti patah hati itu akhir dari segalanya. Jangan cemas, patah hati itu ada fasenya. Setelah melewati fase-fase di bawah ini, kamu pasti lebih mantap untuk nantinya buka hati:

1. Nangis dan sedih itu nggak apa-apa, meluapkan semua emosimu adalah cara terbaik

Menangislah ketika kamu patah hati – Photo by rubberduk1951

“It’s okay not to be okay” Pasti pernah dong dengar kalimat itu. Jika kamu menangis meratapi kandasnya hubunganmu itu adalah hal wajar. Jangan ditahan, merasa sedih dan menangis adalah cara terbaik untuk meluapkan emosimu. Dengan begitu, kamu jadi akan lebih mudah untuk bangkit kembali menjadi diri kamu seutuhnya.

2. Bingung dan denial, coba speak up untuk menerima apa yang sudah terjadi

Cobalah cerita ke orang yang kamu percaya – Photo by Pixabay

Setelah bersedih, kamu akan melalui masa di mana kamu akan merasa bingung dan denial. Berkali-kali kamu berpikir “kenapa ini semua terjadi?” “kenapa hidupku harus begini?” sampai-sampai menyalahkan dirimu sendiri. Di tahap ini, kamu bisa mencoba terbuka dengan orang yang kamu percaya, misal sahabatmu atau kakak. Ceritakanlah patah hatimu, siapa tau kamu bisa mendapatkan saran yang bagus . Berani bercerita ke orang lain akan membantu menghilangkan beban dibandingkan memikul masalahmu sendirian. Dijamin lebih plong rasanya~

3. Fase butuh dikuatin. Nggak hanya dari sahabat, kamu bisa dapat support dari hal sederhana, seperti buku yang kamu baca

Buku juga bisa menguatkanmu saat patah hati – Photo by Ben White

Usai bersedih dan perlahan melupakan patah hati, kamu akan tiba di fase butuh dikuatin. Nggak cuma curhat, kamu bisa dikuatkan dari benda yang ada di sekitarmu. Kayak buku ‘Kamu Terlalu Banyak Bercanda’ karya Marchella FP. KTBB ini berisi kutipan-kutipan yang akan membuatmu tersenyum simpul lalu termotivasi.

Nah kalau benar-benar butuh motivasi untuk melalui fase patah hatimu, ada baiknya kamu membaca tuntas buku Kamu Terlalu Banyak Bercanda alias #KTBB ini. Buku #KTBB ini adalah extended series dari buku NKCTHI karangan Marchella FP yang viral tahun lalu.

Cus deh order via Blibli. Kamu nggak perlu keluar dari kamar dan tinggal tunggu bukunya datang. Puas-puasin deh baca bukunya biar kamu makin termotivasi untuk segera melewati fase patah hatimu kali ini!

4. Perlahan akhirnya bisa menerima. Yuk, selangkah lagi kamu bisa bangkit!

Perlahan kamu bisa menerima keadaan – Photo by Jonnas Duarte

Setelah dikuatkan, kamu perlahan akan bisa menerima perjalanan hidupmu dan kamu akan paham mengapa hal itu bisa dan harus terjadi. Pada fase ini, kamu akan merasa menjadi pribadi yang jauh lebih baik dan mulai bisa mengatur emosimu. Jika sebelumnya kamu berpikir macam-macam sampai menyiksa batinmu, pada tahap ini kamu sudah bisa melaluinya. Ayo, selangkah lagi kamu pasti bisa!

5. Muncul harapan baru, memulai kembali dari awal itu adalah hal yang wajar. Namanya juga hidup~

Selamat! Kamu siap memulai kembali – Photo by shad0wfall

Tibalah pada fase terakhir. Selamat, kamu berhasil melaluinya! Di tahap terakhir, harapan baru untuk memulai kisah cintamu kembali akan muncul. Kamu sudah sepenuhnya melupakan masa lalu dan mulai kembali membuka hati untuk orang lain. Seperti pepatah zaman dulu “Masih banyak ikan di lautan”, jadi jangan putus asa ya. Masih ada kok ikan ‘grade A’ di lautan sana, hehe~

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.