Sahabat dan pacar’. Mereka bisa berjalan beriringan, tapi kadang juga bisa jadi suasana canggung (baca: perang dingin) yang berkepanjangan. Terutama mungkin bagi para cowok, yang bisa punya sahabat dan pacar yang sama-sama cewek.

Terlepas dari sahabat dan pacarmu punya gender yang sama atau enggak, tetap ada alasan yang menunjukkan bahwa punya sahabat itu sebenarnya lebih asik dari pacar lho. Seperti misalnya…

1. Kamu gak perlu menghubungi dia setiap saat

Gak perlu kayak gini sama sahabatmu via giphy.com

Sama sahabatmu, kamu gak perlu tiap saat nanya: “lagi apa?” atau “udah makan belum?” maupun pertanyaan pertanyaan-pertanyaan klise lainnya. Kalo kamu ngilang, dia gak akan komplain: “Ke mana aja sih? Dari tadi kok susah dihubungin?”

2. Gak perlu ngadain perayaan hari jadi

Gak perlu ginian untuk sahabatmu via cakesandcupcakesmumbai.com

Advertisement

Sama sahabatmu, gak perlu ada yang namanya merayakan anniversary alias hari jadi persahabatan yang kesekian tahun kayak orang jadian. Buat kalian, saling memiliki sebagai sahabat aja udah lebih dari cukup.

3. Kalian bisa saling ledek tanpa ada yang ngambek

Kalian bisa saling ledek tanpa rasa benci via 184.105.132.122

Kalo kamu sama sahabatmu saling ledek, kalian bakal tertawa bareng-bareng. Kalo muncul umpatan-umpatan kasar pun kalian santai-santai aja, bagi kalian itulah ekspresi keakraban. Coba kalo ngeledek pacar, bisa-bisa ada yang cemberut sepanjang hari.

4. Kalian gak bakalan saling cemburu

Sahabat gak merasa cemburu via www.studentprintz.com

Kalo kamu keseringan jalan sama pacarmu, sahabatmu gak akan komplain. Beda cerita kalo kamu keseringan nongkrong bareng sahabatmu, pacarmu pasti langsung sewot.

5. Mereka melihat inner beauty-mu

MEreka menerima wujudmu yang ajaib via rahulpatil.com

Sahabatmu gak peduli kamu cakep atau jelek, kurus atau gemuk, bawel atau kalem. Yang mereka tau, kamu ya kamu. Dan mereka merasa enjoy aja tuh ketika berada di sampingmu, sekalipun tampangmu agak ajaib.

6. Kamu gak perlu pencitraan sama sahabatmu

Mau ngupil standar atau ekstrim, kamu tetap santai via www.reddit.com

Bareng sohibmu, kamu bebas untuk ngupil, kentut, atau sendawa semau kamu tanpa malu dan ragu-ragu. Mereka juga gak terlalu ambil pusing sama kebiasaan-kebiasaan burukmu atau sifat-sifat kamu yang agak ajaib. Cara mereka ngingetin kamu juga lebih bisa kamu terima.

7. Gak perlu ribet pake baju bagus buat ketemu sahabatmu

Ketemu sahabatmu sih cuek aja via www.greenparenthood.com

Kamu santai aja ketemu sahabatmu dengan kaos oblong lusuh dan celana kolor, begitu juga dengan dia. Kalian gak harus dandan buat ketemuan, kecuali sih niatnya emang pengen ngeceng di di kafe atau mal.

8. Gak perlu takut orang lain gosipin kamu dan sahabatmu

Persahabatan kalian gak akan jadi bahan gosip via www.clarionenterprises.com

Belum pernah denger tuh ada orang digosipin macem-macem sama sahabatnya. Kalo dikatain homo sih sering.

9. Mereka sering minta ditraktir, tapi ujungnya mereka tetep bakal bayar sendiri

Makan bareng sohib via www.wallpaper404.com

Sahabatmu biasanya suka nyeletuk, “Eh, Bro, baru gajian kan? Traktir doong..!” Tapi pas kamu mau bayarin, eh, mereka malah udah bayar duluan. Meski di mulut terkesan kejam, mereka ternyata gak serius kok.

10. Merekalah yang paling paham soal kondisi keuanganmu

Sahabat itu pengertian via wallpapersinhq.com

Pas lagi tanggal tua dan tahu kamu gak punya duit, mereka bakal dengan santai bilang, “Udah santai aja, pake duit gue dulu nih!” Kalian lebih gak sungkan buat saling pinjem atau minjemin duit. Dan kalian juga lebih sadar diri buat ngembaliin duit yang kalian pinjam.

11. Kamu bisa lebih jujur sama mereka tentang segala hal

Lebih jujur ke sahabatmu sendiri daripada ke pacar via splatter.com

Saat ngobrol bareng sahabatmu, kamu bisa lebih terbuka untuk mengeluarkan segala uneg-unegmu, mulai dari ngegosipin orang sampai ngomongin hal-hal yang tabu. Selain itu, kamu bisa lebih jadi dirimu sendiri aja, mereka juga paham aopa yang kamu suka dan kamu gak suka.

12. Sahabatmu tahu rahasiamu yang gak diketahui pacarmu

“Tenang,rahasiamu aman.” via www.isaiahhankel.com

Kamu mungkin punya masa lalu yang kurang menyenangkan, atau ternyata kamu naksir seseorang selain pacarmu, atau bahkan perselingkuhanmu. Sahabatmu tahu semua itu, memahami alasan di balik semua itu, dan menyimpannya rapat-rapat.

13. Kalian bisa berdebat tanpa harus panas

Berdebat tanpa harus panas via www.bloomdecaybloom.com

Kalo ternyata kamu dan sahabatmu mendukung capres yang berbeda, kalian bisa berdebat tentang capres pilihan kalian tanpa jadi panas. Debat kalian tetap santai dan rasional. Begitu juga kalo ngomongin tentang pandangan-pandangan kalian masing-masing, perbedaan bukan masalah bagi kalian.

14. Persahabatan gak bikin kamu jenuh

Sahabat gak bikin kamu jenuh via www.ubfriends.org

Saat pacaran, sesekali kamu mungkin perlu sedikit ruang sendiri tanpa kehadiran pacar kamu. Dana ke mana kamu akan pergi? Ya pastinya sahabat kamu dong, karena mereka justru jadi muara kamu ketika kamu jenuh sama pacarmu.

15. Mereka tanggap kalo kamu lagi bad mood

Sahabat bisa bikin kamu kalem lagi via www.moviecricket.com

Tanpa perlu bilang, mereka paham dengan gestur kamu ketika kamu sedang gusar. Biasanya sih mereka bakal bikin hatimu adem lagi, karena jarang banget mereka jadi penyebab betenya kamu.

16. Ketika kamu ingin menyendiri, sahabatmu gak akan mempermasalahkannya

Sahabatmu akan membiarkanmu sendiri via purehdwall.com

Saat kamu emang lagi bener-bener pengen sendiri, sahabatmu gak akan tersinggung atau marah. Mereka justru akan memaklumi dan memberi ruang untukmu.

17. Kamu gak pernah kepikiran untuk mutusin sahabatmu

Berharap persahabatan bertahan selamanya via www.washingtoninst.org

Ya, kamu gak berpikir untuk memutuskan hubungan pertemanan kalian hanya gara-gara kamu punya pacar atau komunitas baru. Kamu malah berharap persahabatan kalian bisa selalu bertahan sampai kapanpun.

18. Kamu bisa punya sahabat lebih dari satu

Lebih dari satu sahabat via h3sean.com

Punya sahabat lebih dari satu justru bagus, kamu jadi bisa membagi bebanmu ke beberapa orang, dan yang jelas sahabat-sahabatmu gak akan cemburu satu sama lain. Gimana kalo punya pacar lebih dari satu? Bisa-bisa perang dunia lagi deh.

Sahabat adalah mereka yang tahu kelebihan dan kekuranganmu tanpa menghakimi kamu. Pacar bisa berakhir sebagai mantan, tapi sahabat akan terus ada di sampingmu sepanjang jalan. Jomblo-jomblo, kamu juga boleh kok nge-share tulisan ini buat sahabat-sahabat kamu!