Lu kenapa sih inget Dinda mulu?
Dia tuh mantan terindah gue, Ji
Kalau indah ngapain putus?

Menjalani hubungan yang harapannya bisa bertahan lama namun ternyata harus berakhir di tengah jalan, membuat kita terasa mendapat gamparan keras. Setelah hubungan berakhir, kamu pun tak bisa begitu saja melupakan kisah yang telah terajut sekian lama. Melupakan dia yang pernah mengisi hari-harimu ternyata juga bukan upaya yang mudah. Hingga akhirnya kamu merasa dia adalah mantan terindah hanya karena kamu susah melupakan.

Namun sebenarnya apa iya yang namanya mantan terindah itu nyata? Bukankah kalau memang indah tak akan jadi mantan? Kalau memang terindah, bukankah sepatutnya terus diperjuangkan?

Awal pertemuan yang sederhana namun berkesan adalah awal kisah kalian. Tapi semua itu percuma jika kamu tak mau memperjuangkan

Awal yang sederhana namun berkesan via dylandsara.com

Tak perlu awalan yang megah, meski awal pertemuan kalian tak ada yang istimewa, namun ada kesan mendalam yang ditinggalkan. Hubungan yang kalian jalani , terjalin dengan bahagia pada awalnya. Tapi tetap saja semua bakal percuma jika pada akhirnya kamu tak mau memperjuangkan kebahagian kalian. Menyebut dia sebagai mantan terindah tak akan mengubah kenyataan bahwa kamu tak kuasa berjuang. Apa iya hal tersebut bisa kamu sebut sebagai yang terindah?

Meski menyebutnya sebagai yang terindah, namun dia hanyalah mantan. Pada akhirnya dia adalah sosok yang pergi meninggalkan kenangan

Advertisement

Mantan, ya… via www.playbuzz.com

Bagimu dia memang yang terindah. Dulu. Kini kamu harus mulai menerima bahwa dia adalah masa lalu. Seindah apapun masa lalu, namun itu hanya akan tetap jadi kenangan. Terus berpegang pada kenangan hanya akan memberatkan langkahmu ke depan.

Kamu bisa saja menganggap dia mantan terindah. Namun yang terindah tak akan mungkin membuat hatimu memar

Akhirnya bikin sakit hati via www.huffingtonpost.com

Boleh saja kamu menganggap dia sebagai mantan terindah yang telah memberimu waktu bahagia walau hanya sementara. Mengenalnya dan menjalani hubungan bersamanya membuatmu mengerti akan apa makna mencintai dan dicintai. Tapi kamu juga harus berani memandang realita. Yang kamu sebut mantan terindah itu tetap saja dia yang memberimu luka. Sekarang dia sudah menjalani hidup baru miliknya. Lantas apa iya kamu perlu menyebutnya mantan terindah jika hanya menimbulkan luka?

Mengakui dia sebagai mantan terindah tidak akan mengubah kondisi, dia tak akan pernah kembali lagi

Dia tak akan pernah kembali lagi via elizabethwellsphoto.com

Kenyataannya, kamu dan dia sudah putus sejak lama. Memberinya embel-embel mantan terindah tak akan memperbaiki hubungan kalian. Dia akan tetap menjadi seorang mantan bagimu dan kamu juga akan tetap menjadi seorang mantan baginya. Mau itu mantan terburuk, biasa hingga mantan terindah, embel-embel tersebut tak jadi masalah. Menganggapnya mantan terindah tak akan membawanya kembali padamu. Kamu harus menerima kenyataan itu.

Bersikeras menganggap dia sebagai mantan terindah sebenarnya hanya fase penolakan yang sedang kamu alami. Relakan jika ingin langkahmu selanjutnya tak lagi berat untuk dijalani

Belum move on, ya? via maikeborn.tumblr.com

Berbicara soal makna mantan terindah, ada siratan makna tersembunyi dibalik istilah tersebut. Mantan terindah sebenarnya hanya istilah dan alasan saja bagimu yang tak bisa sepenuhnya move on dari kenangan saat kamu dan dia masih bersama. Mau kamu akui atau tidak, menyebutnya dengan istilah mantan terindah hanya akan semakin memberatkan langkahmu. Relakan jika kamu ingin menjalani hidup yang baru.

Bukankah hidup harus terus berjalan? Lebih baik kamu menyiapkan hati untuk dia yang akan mengisi hatimu di masa depan

Memandang masa depan via www.orangejuice-etc.com

Iya kamu merindukan sosok pasangan seperti mantanmu. Yang bisa memberimu bahagia saat bersamanya dan bisa membuatmu merasa nyaman saat kalian kencan berdua. Tapi jangan gara-gara itu kamu jadi merindu dan terjebak pada masa lalu hingga menyebut mantanmu sebagai mantan terindah. Daripada menyebutnya sebagai mantan terindah, lebih baik kamu mulai meluangkan rindumu dalam doa dan usaha agar segera dipertemukan dengan masa depanmu. Toh sebenarnya yang kamu rindukan bukan sosoknya, tapi momen yang kamu habiskan bersama selama bersamanya.

Jadi, masih merasa memiliki mantan terindah?