Hubungan akan awet dan berumur panjang ketika satu sama lain asyik dalam berkomunikasi dan saling melengkapi terhadap satu sama lain. Satu lagi, pegertian untuk menerima segala kekurangan pasangan. Kamu pasti paham rasanya, ketika hubunganmu dalam masalah dan kamu jadi sosok yang disalahkan oleh pasangan. Masalah yang kamu hadapi pasti pernah berhubungan dengan yang namanya, menurut atau nggak. Ini masalah besar, tapi kadang kamu dan pasangan menganggap hal ini sepele.

Satu hal tentang masalah dalam hubungan, “haruskah cewek selamanya menurut sama cowoknya?”. Meski beberapa jawaban teramat subjektif, tapi 10 jawaban ini mungkin bisa mewakili jawaban dari hatimu. Menuruti semua apa yang dimau cowok bagi kamu mungkin teramat kejam, tapi bagi orang lain belum tentu. Baiknya menurut atau nggak bukan jadi masalah besar, semua bisa dijalani asal punya pedoman. Pedoman apakah itu? Simak dulu yuk beberapa jawaban dari para cewek.

1. Cewek harus punya pendirian sendiri, bisa milih karir dan cita-cita sendiri. Nggak harus deh menurut sama cowok

Punya keputusan dan pendirian sendiri. via unsplash.com

Advertisement

Beda zaman sih, dulu mungkin harus bisa masak dan lain-lain sampai kerja aja kadang nggak boleh. Sekarang, nggak harus nurut dan malah cewek tuh harusnya punya pendirian jangan mau dikontrol cowok melulu. (Virgi, 23 tahun, Guru Olahraga)

2. Kalau terus-terusan menurut sama pacar, bagaimana bisa mental cewek berkembang, kadang kalau ada masalah malah jadi nggak siap

Bisa jadi malah kalau terlalu nurut bikin cewek nggak berkembang kemampuannya. via unsplash.com

Mentalnya nggak bisa berkembang kalau misal terus menurut sama cowok, masa iya kalau misal kita ada masalah harus nunggu keputusan cowok. Kalau menurut malah bikin cewek rugi dan nggak berkembang, ya aku nggak akan setuju lah. (Ika, 23 tahun, sedang berjuang dalam tes CPNS). Ctt: semangat ya, Mbak!

3. Mungkin menurut di beberapa hal saja masih wajar yang penting komitmen kuat untuk saling setia dalam kebersamaan

Komitmen jadi pegangan dalam hubungan. via unsplash.com

Menurut boleh, tapi nggak selamanya, komitmen dan kompromi harus kuat. Menurut di beberapa hal doang sih, kan kita punya komitmen yang jadi pegangan. Nggak mau, aku  malah bikin bosen. (Ririn, 24 tahun, lagi rajin yoga). Ctt: bandonya lucu.

4. Cowok boleh kasih saran dan pendapat, tapi keputusan akhir tetap ada di diri cewek sendiri

Cewek jangan mau terus nurut, cewek punya cita-cita. via unsplash.com

Advertisement

Menurutku cowok boleh ngasih masukan dan pendapat, tapi tetep keputusan terakhir ada di tangan cewek. Kalau pun cewek harus menurut ya nggak selamanya juga, kan waktu juga berganti. Kadang keputusan saat ini nggak relevan di masa depan, ya kayak gitu. (Ari, 24 tahun, Blogger)

5. Hubungan perihal saling memberi dan menerima, cowok pun harus dengarkan pendapat dan kemauan cewek

Saling melangkapi saja. via unsplash.com

Hubungan itu soal gimana kamu memberi dan menerima. Paling nggak kalau digambarin cowok harusnya nerapin demokrasi terpimpin lah. Jadi menurut atau nggak menurut yang penting nggak merugikan salah satu pihak. (Riska, 24 tahun, agak sedikit marah pas ngomong). Ctt: maaf ya, Mbak?

6. Hubungan yang sehat nggak harus ada yang selalu menurut, yang penting satu sama lain saling mendukung dan melengkapi kekurangan

Bukan nurut atau nggak, tapi mampu menerima apa yang ada atau nggak. via unsplash.com

Buat aku hubungan yang sehat itu bukan berarti salah satu harus ada yang selalu menurut, tapi bagaimana kita bisa saling mendukung dan melengkapi satu sama lain. Kekurangan yang ada di aku adalah tugasnya buat menerima dan mengisinya, begitu juga sebaliknya. (Nisa, 28 tahun, habis dilamar)

7. Cewek tahu batasan kebebasan dan cowok yang baik pasti mengerti cewek nggak bisa selamanya menurut

Cewek tahu mana batas wajarnya. via unsplash.com

Enggak, karena cowok yg baik pasti bakalan membebaskan dan nggak akan mengekang cewenya dalm segala hal. Kami tahu batasannya jadi cowok jangan suka ngelarang deh, jangan khawatir. (Nadia, 20 tahun, tas-nya kebuka). Ctt: iya sengaja, Mas … biar kamu masuk.

8. Setiap cewek maupun cowok pernah salah langkah. Saat itu terjadi, cewek boleh menurut untuk menerima saran dan masukan

Ya di saat tertentu kadang cewek butuh arahan. Tapi nggak selamanya harus menurut, cewek punya keputusan sendiri. via unsplash.com

Ya aku harus nurut ke pacar, mungkin sejauh ini baik buat hubungan kami. Karena aku ngerasa selama ini aku sering keliru ambil langkah. Tapi kalau dia nyuruh macem-macem aku tetep pikir dua kali lah (Ita, 21 tahun, Mahasiswi)

9. Pasangan juga diibaratkan tempat untuk berteduh dari derasnya masalah, nggak mesti harus menuruti tapi paling tidak cewek bisa mengeluarkan beban

Buat sejenak meringankan beban, setelahnya semua bisa diambil dengan langkah sendiri. via unsplash.com

Aku nggak biasa nurut cowok sih selama ini, nggak tau kalau nikah nanti. Sekarang aku lebih anggap pacar jadi tempat aku curhat, tempat aku kalau lagi bingung nentuin sikap. (Eka, 25 tahun, anak pertama)

10. Cewek boleh menurut sama cowok, tapi di lain sisi juga cowok harus menurut sama cewek kalau memang hal yang diminta itu baik

Saling menurut? via unsplash.com

Aku bisa dibilang aku penurut sama pacar, tapi cowokku juga nggak jauh beda sama aku, dia kadang malah lebih nurut. Kata dia aku manja, padahal biasa aja.  (Ayu, 24 tahun, model)

Pedoman apakah itu? Sepertinya dalam hubungan, kita tak bisa menghindar dari komitmen, jadikan itu sebagai komitmen. Usahakan semua komitmen yang dibangun tersusun atas semangat demokratis, jadi nggak ada yang dirugikan. Rugi nggak boleh tapi namanya pengorbanan memang harus dijalani, toh kamu berjuang berdua, nurut atau nggaknya bisa kalian tentukan dari seberapa jauh kalian patuh dalam komitmen. Semoga nggak ada masalah yang menghampirimu terkait masalah ini, semoga kalian langgeng deh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya