Kakak Perempuan Itu Luar Biasa Tangguhnya, Kamu Akan Bersyukur Karena Ada Dia Dalam Keluarga

Sejak kecil hingga dewasa, orang tua adalah yang kamu andalkan. Ayah dan ibu jadi sebaik-baik tujuan saat kamu dilanda masalah atau kesulitan. Mereka pula yang akan siap sedia memberi bantuan tanpa pernah meminta balasan.

Advertisement

Ya, peran orang tua memang luar biasa. Tapi, tahukan kamu bahwa sebenarnya ada sosok lain dalam keluarga yang tak kalah hebat dari mereka? Dia yang sesekali akan menggantikan peran orang tua saat ayah dan ibu tak ada. Dia pula tempatmu berbagi keluh kesah saat kesulitan datang mendera.

“Karena dia terlahir untuk jadi tangguh dan luar biasa. Dia kakak perempuan yang lahir pertama ke dunia, dan mengemban tugas untuk menjaga adik-adiknya…”

Kakak perempuan akan selalu dijadikan teladan. Sejak kecil dia ditempa agar bisa bersikap baik dalam sikap maupun perbuatan.

dia yang dijadikan teladan

dia yang dijadikan teladan via estilobas.wordpress.com

Sebagai anak pertama, kakak adalah “uji coba” pertama yang dilakukan orang tua. Di masa ini, ayah dan ibu akan berusaha membesarkan dan mendidik dia dengan sebaik-baiknya. Memastikan bahwa kelak saat adik-adiknya lahir, si kakak dapat dijadikan teladan yang baik entah itu dalam prestasi maupun sikap dan perbuatan sehari-hari. Apalagi sebagai kakak perempuan, dia akan dididik agar selalu bisa diandalkan. Karena saat ayah atau ibu sedang tak ada, si kakak perempuan lah yang akan berperan menggantikan posisi mereka.

Advertisement

Meski terlahir sebagai perempuan, ketangguhannya pun diuji supaya adik-adiknya juga terlindungi.

kakak yang melindungi

kakak yang melindungi via www.inspiredbythis.com

Kak, tolong temani adik main dulu. Ibu mau masak nih.

Iya, Bu.

Jangan sampai adik main keluar, ya. Bahaya banyak kendaraan ngebut di depan rumah.

Iya, Bu.

Kakak perempuan adalah pribadi yang tanggung. Saat ayah dan ibu sedang kerepotan untuk menyelesaikan urusan rumah, si kakak lah yang selalu bisa diandalkan. Meski pekerjaan yang dilakukan terbilang sederhana seperti menjaga atau menemani adik bermain, tapi tanggung jawab yang dia emban sebenarnya tak kalah besarnya.

Menemani atau menjaga adik bermain tentu butuh kewaspadaan. Jangan sampai si adik melakukan hal-hal yang membahayakan. Dari hal-hal sederhana inilah ketangguhan si kakak mulai ditempa. Meski sebagai perempuan, dia dididik jadi sosok yang bisa melindungi adik-adiknya yang memang lebih kecil dan lebih lemah.

Advertisement

Keadaan membuatnya terbiasa mandiri. Dia bertanggung jawab pada diri sendiri, juga adik-adik yang disayangi.

kakak terbiasa mandiri

kakak terbiasa mandiri via pics-search.info

Jadi anak pertama atau jadi anak satu-satunya adalah kesenangan. Di momen ini, ayah dan ibu tak akan berbagai kasih sayang dan perhatian. Pokoknya, semua tercurah untuk satu anak saja. Tapi, apa yang terjadi setelah satu adik lahir dan disusul adik-adik yang lain? Perhatian dan kasih sayang orang tua pun akan terbagi. Di titik ini, tidak ada pilihan lain kecuali bertumbuh jadi pribadi yang mandiri.

Saat ibu sudah sibuk mengerjakan pekerjaan rumah sambil mengurus adik, kakak akan berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugasnya sendiri. Mengerjakan PR atau menyiapkan peralatan sekolah sudah jadi tanggung jawab sendiri, tanpa perlu diingatkan ayah atau ibu. Bahkan setelah semakin dewasa, kakak lah yang akan perhatian untuk memeriksa atau mengingatkan tugas-tugas sekolah adik-adiknya.

Saat masalah datang, dialah yang akan maju untuk pasang badan dan siap untuk disalahkan.

dia siap pasang badan

dia siap pasang badan via pixabay.com

Kak, adik kok belum pulang sekolah sih jam segini?

Katanya ada tambahan pelajaran, Bu.

Kok sampai sore gini belum pulang?

Duh, jangan-jangan adik bohong. Hmm…biar aku cek di sekolahnya deh, Bu.

Sebagai kakak perempuan, dia merasa punya tanggung jawab pada adik-adiknya. Saat adik melakukan hal yang salah, si kakak perempuan lah yang akan berusaha meluruskan. Bahkan di saat-saat genting ketika adik membuat kesalahan yang membuat orang tua marah, kakak lah yang tak segan untuk pasang badan. Dia yang biasanya akan siap untuk disalahkan oleh ayah atau ibu karena bagaimana pun kakak lah yang merasa bertanggung jawab pada adik-adiknya.

Kematangan dan kedewasaaan dirinya tak perlu diragukan. Sabar dan mengalah jadi hal yang biasa dia lakukan.

sabar dan suka mengalah

sabar dan suka mengalah via www.cmoney.tw

Terlahir sebagai anak pertama memang memberinya banyak kelebihan. Salah satunya adalah kedewasaan dan kematangan dalam dirinya. Ketika menghadapi masalah-masalah dalam keluarga, kakak perempuan biasanya lebih bisa sabar dan bersikap tenang. Apalagi saat adik lah yang membuat masalah besar, si kakak adalah yang akan menenangkan ayah dan ibu. Kakak pula yang akan memikirkan solusi atau jalan keluar demi kebaikan bersama. Tidak lantas berpihak pada ayah dan ibu atau adik saja. Kakak akan berusaha menemukan jalan keluar masalah yang baik bagi keduanya.

Kakak perempuan jadi tempatmu bercerita. Saat bingung menentukan pilihan, kakak lah yang tak enggan mendengar dan memberi masukan.

tempat bercerita

tempat bercerita via estestherapy.com

Ada kalanya seorang adik dihadapkan pada kebimbangan. Saat memilih jurusan kuliah atau memilih pekerjaan misalnya. Sementara setelah dewasa, bercerita pada orang tua mungkin tak lagi terasa nyaman. Dan di saat inilah, kamu akan bersyukur jika memiliki kakak perempuan. Pasalnya, kakak adalah teman paling menyenangkan yang selalu bersedia mendengarkan.

Menanggapi kebimbangan yang sedang menghampiri adiknya, kakak pun akan berusaha memberikan masukan dan membantu si adik untuk menentukan pilihan. Bukan berarti mendikte atau menggurui, kakak hanya akan memberi saran yang tentunya baik untuk si adik. Mengobrol dengan kakak perempuan pun akan terasa lebih santai, sehingga adik bisa lebih terbuka dan jujur dalam bercerita.

Bersyukur jika ada dia dalam keluarga. Kakak perempuan jadi yang paling bisa diandalkan setelah orang tua.

beruntung kamu memilikinya

beruntung kamu memilikinya via aigialeiaclub.gr

Kamu yang memiliki kakak perempuan memang pantas bersyukur. Kamu terbilang beruntung jika sosok tangguh dan luar biasa ini ada dan jadi bagian dalam keluargamu. Dialah yang paling bisa diandalkan setelah orang tua, dia pula yang jadi tujuanmu saat kelak orang tua sudah tak ada. Kakak perempuanmu adalah salah satu anugerah terbaik yang kamu punya.

“Terima kasih untuk kehadirannya dalam keluarga. Kakak perempuan yang membuat memang luar biasa hebatnya.”

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka kopi, puisi, band beraliran folk, punya hobi mikir dan pacaran di bangku taman.

83 Comments

  1. Glenn Sisto berkata:

    Thanks Mba/Mas Bro
    Artikel ini sungguh luar biasa, sederhana tapi sungguh bermakna.
    Pengalaman ini persis dialami oleh istri saya.
    Disaat dia baru rampung kuliah dan belum bekerja, tiba-tiba ibunya yang menjadi tulang punggung keluarga dipanggil Tuhan. Dengan tidak ada pengalaman dan masih belum bekerja membuatnya bingung dan apa yang harus dilakukan. Akhirnya saya memberikan modal seadahnya untuk membuka usaha kecil-kecilan, setelah beberapa bulan kami bersyukur sekarang bisa membuka warung sederhana yang menjual aneka sayuran segar dan dilengkapi dengan sedikit sembako dan seadahnya, beliau bisa memberikan uang saku untuk adik-adiknya yang masih SD dan SMA. Skali lagi terimakasih untuk artikel ini, dan akan saya tunjukan artikel ini untuk adik2 iparku.

  2. Christine Valencia berkata:

    Bosan dengan Penghasilan yang tidak bertambah? Mau penghasilan hingga ratusan juta dalam sehari? langsung saja hanya di http://bit.ly/1OAjkhI

  3. Devvi Depoik berkata:

    betul banget dan berasa banget buat saya karena saya adalah kakak perempuan tertua dalam keluarga, tapi tidak semua yang diceritakan saya alami. adik saya lebih menganggap orang lain sebagai kakaknya dan tidak penting untuk cerita sama kakak sendiri. tapi ketika dia dapat musibah saya datang untuk menghibur, tapi dia acuh saja karena malu atau mmg g mau dihibur. selamat buat para kakak yang bisa berkasih sayang sama adik2nya, khususnya adik perempuan.

  4. Rhyu berkata:

    Alhamdulillah saya masih bisa mengarahkan,memberi nasihat sm adik saya semenjak ditinggal sm ibu.bahkan sekarang bisa masuk ke universitas terkemuka,saya merasa bangga.

  5. Yuni Ningsih berkata:

    Setelah baca artikel ini say share n kasih tag kekakak saya dgn caption "I feel lucky to have you" baru sekali ini saya bisa ngungkapin rasa bersyukur saya punya kakak sprti dia,,,, ???

  6. Veronica Wijaya berkata:

    numpang promo nya bapak-bapak
    kami dari agen betting terpercaya dan sudah melayani semua bettor di seluruh indonesia.
    kami hadir di situs dari bettor setia kami untuk mempromokan http://www.7mmbet.info dan kami menyediakan berbagai permainan bola tangkas,sbobet,Ibc bet,sabung ayam dan poker.perlayanan kami 24 jam online terus,withdraw dan deposit cepat hanya butuh waktu 3mnt.
    kami beroperasi melalui bank Bca/mandiri/Bri/Bni/Danamon
    pin BB : 2B2FE38A
    YM : cs1_7mmbet@yahoo.com
    YM : cs2_7mmbet@yahoo.com
    Mohon maaf kalau ada kata-kata yang salah dari postingan ini.
    salam sejahtera selalu buat pembaca

  7. Riza Miraza berkata:

    miss you sis…

  8. Dwi Ratna Sari berkata:

    Kakakku the best,,,darahku mengalir darah nya,kakakku donorkan utkku,kakakkulah yg menanggung biaya waktu sy jatuh Dr lantai 2,klu bukan kehebatan nya merelakan uang nya utk biaya rmh sakit tak mungkin sy bisa berdiri tegak skr. Bahkan kenakalan sy waktu dikuliahkan kakak Perempuanku ini.Luar biasa hebat sabarnya,,segalanya ,,bersyukur dan bangga memiliki kakak perempuan ..Mbakku Hermin Ningsih,,smoga memaafkan segala kenakalan adikmu ini,,smoga sehat selalu sampe adikmu Isa membahagiakan dan membanggakanmu.I love u Mbakku.

  9. Ria Tobing berkata:

    Gue banget nehhh, anak pertama dari 7 bersaudara …

  10. Haha…. betul banget tuh
    Gua anak pertama
    Dari 5 bersaudara

CLOSE