Bagi sebagian besar orang, melakukan persiapan matang sebelum prosesi pernikahan itu wajib. Dari mulai dekorasi, katering, busana hingga hiburan menjadi hal pokok yang harus dipikirkan demi lancarnya sebuah acara pernikahan.

Namun, tak sedikit pula pasangan yang melalaikan hal-hal kecil nan penting sebelum sah menjadi suami istri, seperti menambah rasa yakin terhadap pasangan atau melakukan cek kesehatan yang berguna pasca menikah nanti misalnya.

Nah, karena Hipwee peduli dan nggak mau kalian kewalahan dalam mempersiapkan pernikahan, inilah 8 hal penting yang harus kalian tahu sebelum melangkah ke pelaminan. Supaya kehidupan rumah tangga nantinya bahagia, 8 hal ini juga yang harus kalian lakukan segera! Here we go…

1. Jika ingin menikah, sebaiknya segera persiapkan tempat tinggal kalian. Tak perlu langsung mewah, yang penting tertata dan nyaman.

mulai memikirkan mau tinggal di mana via grandforksherald.com

“Kira-kira nanti kita mau nyicil KPR, cari kontrakan atau numpang orang tua dulu ya, Sayang?

Advertisement

Persoalan tempat tinggal itu penting untuk kalian bahas ketika pra menikah, lho. Keputusan kalian untuk tinggal di mana nantinya juga mempengaruhi kesiapan kalian setelah menjadi pasangan suami istri nanti. Mencari informasi cicilan KPR termurah atau rumah kontrakan dengan budget yang sesuai dengan pendapatan kalian berdua, tentunya menjadi langkah yang paling mudah namun tetap serius. Ingat, berpacaran sungguhan dengan main-main itu beda jauh!

2. Mencari informasi tentang vendor pernikahan terbaik jadi salah satunya. Pilihlah konsep pesta yang simple, tapi sesuai kepribadian kalian berdua.

yuk mulai cari-cari vendor via vendor.offbeatbride.com

Jika kalian sempat dan punya banyak waktu, mencari tahu tentang wedding vendor terbaik dengan konsep yang unik juga tak ada salahnya dilakukan. Berdiskusilah dengan pasanganmu tentang konsep apa saja yang akan dipakai saat berlangsungnya pernikahan nanti. Melibatkan orang tua kalian masing-masing juga lebih baik guna menemukan jalan keluar terbaik.

3. Dengan tak melupakan urusan check up kesehatan, sama halnya kalian berusaha menjaga keharmonisan kehidupan pernikahan.

check up kesehatan pra menikah via uakron.edu

Karena tak semua pasangan yang bersedia melakukan tahapan ini, bersepakatlah terlebih dahulu dengan pasanganmu. Ingat, kesehatan dan keadaan reproduksi kalian tak bisa dideteksi dengan kasat mata melainkan dengan medical check up. Periksalah kesiapan reproduksi kalian berdua demi kelangsungan rumah tangga dan pernikahan yang romantis nantinya. Toh, sehat atau tidaknya kamu juga berpengaruh pada dirimu juga ‘kan?

4. Sambil ngobrol berdua, coba deh iseng-iseng persiapkan nama dan jumlah anak yang kalian inginkan nantinya. Dibikin seru-seruan aja biar nggak stres pra nikah!

mau punya anak berapa nih? via mamaia.com.au

“Sayang, kamu mau anak berapa nanti kalau udah nikah? Terus namanya siapa aja?”

“Hmm… 6 aja cukup deh kayaknya, Sayang. Nggak terlalu banyak dan terlalu sedikit juga.”

Setelah lelah mempersiapkan pernikahan yang butuh banyak tenaga dan bujet, kamu dan pasangan bisa juga kok iseng-iseng mempersiapkan jumlah dan nama anak kalian nanti. Jangan terlalu serius supaya obrolan kalian nggak kaku dan menambah beban pikiran pra nikah.

5. Kalian tentu berasal dari lingkungan yang berbeda, ‘kan? Coba deh mulai sekarang mencicil daftar tamu yang bakal diundang.

siapa aja nih yang mau diundang? via julieblanner.com

Dalam menentukan jumlah dan siapa saja yang akan dijadikan tamu undangan, kamu dan pasangan juga perlu mempersiapkannya matang-matang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan bujet serta tempat saat berlangsungnya pernikahan nanti. Undanglah tamu seperlunya seperti, keluarga, para sahabat, dan kolega yang telah kalian kenal dengan baik.

6. Demi penampilan yang menawan nan sempurna saat hari H, lakukanlah fitting baju pengantin jauh-jauh hari sebelumnya.

demi penampilan saat menikah yang menawan via marieclaire.com

Tahap persiapan yang satu ini juga tak boleh kamu dan pasangan lewatkan. Fitting busana pengantin bukan melulu soal penampilan saat hari H yang akan mengundang perhatian, tapi juga menjajal seberapa siapkah kalian untuk persiapan sesepele fitting busana pengantin ini. Jika persiapan kecil seperti ini sudah khatam kalian lakukan, yakin deh kalau persiapan vital lainnya nggak terlewatkan.

7. Sepakat soal nasib karir dan perkara pendapatan juga harus dilakoni. Jangan sampai kalian sering berdebat soal ini setelah menikah nanti!

mulai memikirkan nasib karir masing-masing via nydailytimes.com

Untuk menghindari perdebatan soal karir dan pendapatan kalian masing-masing, membicarakannya baik-baik dengan pasangan adalah jalan terbaik. Misalnya, kamu dan pasangan sedang berada di puncak karir dan salah satu di antara kalian harus meninggalkan pekerjaan itu setelah menikah nanti.

Apakah kalian siap?

Jawaban paling baik tentunya ada pada kalian berdua selaku pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan. Tak perlu memaksakan satu sama lain, carilah jalan keluar yang sekiranya kalian mampu jalani dan tidak menimbulkan banyak perdebatan ketika sudah menjadi suami istri nanti.

8. Yakinkan hati dan kuatkan diri. Berdoalah semoga menjelang hari pernikahan, keraguan tak lagi datang menghampiri.

bermuhasabah dirilah, kalian via glamour.com

Persoalan paling umum yang ditakutkan dalam mempersiapkan pernikahan adalah ketika keraguan terhadap pasangan mulai muncul dan menghancurkan segalanya. Banyak faktor penyebab hal ini bisa terjadi seperti, latar belakang pasangan yang buruk tiba-tiba terkuak atau kehadiran orang ketiga yang tak teduga-duga.

Hindarilah hal-hal buruk terjadi dengan terus memanjatkan do’a serta memantapkan jiwa dan raga demi masa hubungan kalian yang berharga.

Buat kalian pasangan yang sudah siap ke pelaminan, semoga saran tadi bermanfaat dan melancarkan semua rencana indah kalian di masa depan. Cheers!