Walau kamu sedang terikat sebuah hubungan pacaran, bukan berarti kamu tak boleh sama sekali untuk melihat lawan jenis, ‘kan? Tapi terdapat perbedaan yang mencolok antara melihat sekilas dengan benar-benar melirik orang lain. Melihat sekilas bisa jadi hanya karena orang tersebut kebetulan lewat didepannya, tapi jika melirik atau bahkan menatap bisa jadi kamu curiga ada perasaan yang terlibat di dalamnya. Akibat yang bisa ditimbulkan dari sikap seperti itu tentu saja adalah sakit hati dari pasangan.

Punya pasangan kekasih yang bermata liar atau biasa disebut jelalatan memang bukan hal yang menyenangkan. Bagaimana cara mengatasi dan berdamai dengan sikap dia yang satu ini? Simak penjabaran dari Hipwee kali ini.

1. Tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu serius dalam hubungan ini? Jika iya, cobalah rundingkan masalah ini dengannya

Pikirkan baik baik

Pikirkan baik baik via www.upsocl.com

Advertisement

Keputusan untuk bertindak atau tidak atas perilakunya sepenuhnya ada di tanganmu. Kembali tanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu ingin serius dengannya. Jika kamu merasa hubunganmu dengannya belum terlalu dalam melibatkan perasaan, nikmati saja semua momen baik maupun buruk yang terjadi selama bersamanya. Lain halnya jika kamu merasa hubungan yang kamu jalani saat ini adalah hubungan yang serius, maka kamu pun perlu untuk coba membicarakan hal ini dengannya. Katakan bahwa kamu merasa tidak nyaman dengan sikapnya yang sangat tidak menghargai kamu.

2. Coba perhatikan tatapan yang dia berikan pada orang lain yang lewat. Bedakan apakah itu tatapan biasa saja atau memang ia sedang tebar pesona

Tingkah mata liar

Tingkah mata liar via www.apodytiriakias.gr

Jika kamu memperhatikan, kamu akan melihat bagaimana cara dia menatap lawan jenisnya. Apakah hanya tatapan sambil lalu atau terlihat dia memang sedang menebar pesona pada seseorang. Apalagi jika pasanganmu sampai membalikan badan saat menatap orang lain. Itu tandanya kamu sudah harus pasang tanda waspada pada pasanganmu ini.

3. Tenangkan dirimu, mungkin saja ini hanya perasaan buruk sangka padanya. Hindari reaksi yang berlebihan. Apalagi kalau belum tentu dia jelalatan

Santai saja

Santai saja via www.healthworks.my

Bisa jadi pikiranmu tentang dia yang suka melirik lawan jenis itu hanya prasangka burukmu saja. Apalagi jika kamu memang tipe pacar yang pencemburu. Pastikan kamu tidak menilai dia terlalu cepat dan menganggapnya melihat orang lain itu merupakan suatu masalah yang besar. Ada baiknya terlebih dahulu kamu tanyakan pada seorang teman yang dekat denganmu untuk memberi penilaian apakah pasanganmu memang suka melirik lawan jenis dan menunjukan sikap yang tidak menghargai kamu sebagai kekasihnya. Jika temanmu melihat ini, maka kamu bisa segera menghapus namanya dari hatimu.

4. Sebaliknya, jangan mudah percaya pada alasannya jika itu tidak masuk akal

Jangan cepat percaya

Jangan cepat percaya via ogaalnews.net

Advertisement

Saat kamu sudah mantap untuk membicarakan hal ini dengannya, coba lihat reaksinya saat kamu mengatakan bahwa kamu tak nyaman dengan sikapnya. Jika dia mengatakan bahwa dia hanya bertujuan untuk meyakinkan diri bahwa kamu adalah orang yang tepat untuknya dan tak ada yang bisa menyaingi kamu, maka kamu bisa beranggapan bahwa dia hanya membuat-buat alasan. Untuk apa meyakinkan diri setiap saat dengan membandingkanmu dengan orang lain? Toh kalau memang sudah cinta, tak perlu lagi pembuktian apapun. Dan jika memang hal seperti itu sudah jadi kebiasaannya, kamu pertimbangkan saja apakah ingin tetap bersama orang yang seperti itu atau tidak.

5. Setelah kamu berbicara dengannya tapi dia tidak menunjukan perubahan sikap, mungkin membalasnya bisa jadi ide bagus untuk menyadarkannya

Nggak enak kan?

Nggak enak kan? via www.sayidaty.net

Saat tak sedikitpun perubahan yang dilakukan kekasihmu setelah pembicaraanmu tentang sikapnya, tak ada salahnya membuat dia merasakan apa yang kamu tengah rasakan. Bukan untuk hal yang buruk, kok. Tujuannya hanya ingin membuat dia sadar bahwa tak enak rasanya jika tak dihargai seperti itu. Caranya dengan meniru apa yang biasanya dia lakukan. Bisa saja kamu menggoda teman-temannya, atau bercanda lebih dengan mereka, bisa juga dengan melakukan tatapan-tatapan yang juga biasa dia lakukan saat kalian sedang bersama. Lihat bagaimana dia bereaksi dengan perubahan sikapmu. Mungkin saja dia akan menyadari bahwa dia telah berbuat salah terhadapmu.

Tak usah hiraukan kebiasaannya jika kamu memang sudah cinta dan bisa menerima kebiasaannya yang satu ini. Toh terbukti dia hanya mencintaimu saja hingga saat ini. Lain halnya jika kamu menginginkan untuk lebih dihargai pasangan, kamu pun perlu melakukan beberapa kompromi dengannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya