Menjalin hubungan cinta selama bertahun-tahun lamanya jelas tidak mudah. Kalian harus mengalahkan rasa bosan, menyatukan banyak perbedaan, sampai mencari persamaan yang melekatkan.

Namun bukankah begitu seharusnya perasaan? Tak peduli apapun yang ada di depan mata, dia akan bertahan.

Untukmu yang sudah menjalani hubungan sekian lama dan merasa lelah atau bosan, tulisan ini ada sebagai bahan pertimbangan. Haruskah kamu bersabar dan memilih bertahan? Atau sebaliknya kamu hanya harus meninggalkan?

1. Orang ini terus mendukungmu untuk maju. Dia selalu percaya pada kemampuanmu

Mencintaimu begitu rupa. via bp.blogspot.com

Orang yang mencintaimu dengan tulus selalu ikhlas memberikan dukungan. Dia akan selalu memberikan yang terbaik agar kamu bisa terus berkembang, menjadi seorang yang lebih baik di hari mendatang. Saat kamu sedang lelah sekali, tidak percaya akan kekuatan diri โ€” dia memandangmu tepat di mata kemudian berkata:

Advertisement

โ€œKamu pasti bisa. Aku percaya.โ€

2. Bertahun-tahun lamanya dia jadi sumber semangatmu. Dia memilih bertahan saat kamu sedang jatuh atau bergerak lesu

Dia yang senantiasa berjaga untukmu. via expertbeacon.com

Bagi kamu yang jauh dari keluarga, tentu akan sangat berat untuk menghadapi masalah-masalah yang menerpa. Ketika perjuanganmu dalam menggapai cita-cita terhalang oleh sesuatu yang datangnya tidak terduga, dia dengan sabar akan menopangmu agar tetap berdiri tegar. Dia jelas tak ingin seorang yang dia cintai tersuruk lesu sebab masalah yang menghadang.

3. Di tengah bejatnya dunia senyumnya selalu ada. Hatimu yang keras jadi lembut karenanya

Senyumnya menenangkan segalanya. via www.hdwallpapers.im

Kamu tidak pernah tahu masalah apa yang sedang dia alami sebelum dia menceritakannya padamu. Tetapi dia akan merias wajahnya dengan senyuman, agar kamu merasa bahagia karena melihatnya senang. Senyumnya mencoba membuatmu selalu bahagia.

4. Sekecil apapun pencapaianmu dia selalu menghargai. Dengannya kamu tahu kamu tidak sendiri

Selalu menyanjungmu. via wide-wallpapers.net

Siapa yang tidak suka dengan pujian? Pun ketika kamu mengalami kegagalan dalam wawancara pekerjaan, dia akan memujimu dengan sudut pandang yang berlainan; mungkin belum saatnya kamu berhasil melewati ujian itu. Barangkali tahun depan.

4. Semua hal yang kalian lalui bersamanya terasa menyenangkan. Dia jadi partner tumbuh yang bisa diandalkan

Ke manapun kalian pergi, dia selalu senang. via thegbrief.com

Petualangan bersamamu ke berbagai tempat merupakan kegiatan yang paling menyenangkan. Ke manapun perginya, selama bersamamu. Meskipun kamu tidak bisa memberikan dia pelayanan mewah seperti tinggal di hotel megah, semua yang kalian lakukan bersama akan selalu menjadi kenangan indah.

5. Kamu selalu tampan atau cantik baginya. Orang ini selalu mencoba setia

Kau selalu indah di mataku. via www.huffingtonpost.com

Jika kalian benar-benar saling mencintai, tak ada alasan baginya untuk tidak saling menerima. Semua orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Maka, cinta tak bisa memilih yang baik dan membuang yang kurang baik. Di matanya, kamu selalu terlihat istimewa, entah itu tampan atau cantik. Hanya kamu yang dicinta dengan setia.

6. Kamu jelas tidak sempurna. Namun dia selalu mendukungmu lewat doa

Yang merinduimu diam-diam. via aleteia.org

Tidak semua orang akan melakukan hal ini tanpa alasan kasih sayang. Dia yang mencintaimu dan takut menyatakan rindu kalau-kalau kamu terganggu, selalu mencoba diam-diam merinduimu dari jauh. Hanya lewat doalah dia berharap,ย agar kamu tahu betapa dia merindui hadirnya dirimu.

7. Jika dihitung ulang, sudah banyak yang dia berikan. Sementara kamu sebenarnya masih banyak kekurangan

Jangan sekali-sekali meragukan kekuatan cinta. Kekuatan yang lahir dari hati paling dalam ini memiliki sesuatu yang tidak dapat kita ukur dengan rumus fisika atau bahkan logaritma! Ya, sesuatu yang tulus, sesuatu yang tidak dapat kita beli dengan uang dan jabatan.

Ketika kamu telah menemukan dia yang sungguh mencintaimu tanpa syarat, pertahankanlah. Sebab dia akan selalu mengorbankan apapun yang dia punya untuk membuatmu tetap nyaman saat bersamanya.

Karena cinta tak pernah berutang.

Apa yang kurang dari dia yang sungguh mencintaimu sehebat itu? Kenanglah kebersaman kalian yang nyaman, agar kamu tak salah langkah dalam menetapkan perasaan. Kecuali memang kamu sudah tidak mencintainya, karena pihak ketiga. Cuma kamu yang bisa menyelesaikannya.