Ada dua macam hubungan: yang setelah berakhir masih bisa dilanjutkan kembali, dan yang benar-benar tak punya harapan lagi. Kamu mesti bisa membedakan keduanya kalau tak mau salah berharap dan sakit hati.

Kamu baru saja putus? Atau punya mantan yang kadang masih membuatmu berharap?

Jangan berharap terlalu jauh sebelum menyimak 6 hal ini. Inilah 6 tanda bahwa hubunganmu yang sebenarnya sudah berakhir masih bisa dirajut kembali — kamu dan mantan masih bisa balikan lagi.

1. Kamu dan mantan berpisah tanpa drama. Tak saling menyalahkan, apalagi mendendam

Berbeda dari pasangan yang putus pada umumnya, kalian berpisah tanpa drama. Tak ada saling tuding, saling mengucapkan kata-kata kotor, apalagi berseteru di depan publik. Perpisahan kalian murni didasarkan pada kesepakatan. Kalian sepakat bahwa — saat itu — kalian lebih baik berpisah saja.

2. Tak ada dendam di hati masing-masing.  Jika  keadaan  lebih  memungkinkan,  bukan  mustahil kalian memutuskan untuk memulai lagi hubungan.

Saat baru berpisah, umumnya sepasang mantan akan sepakat untuk menjadi “teman”. Tapi, nggak begitu dengan kamu dan mantanmu. Kalian nggak pernah masing-masing berjanji untuk jadi “teman saja”. Seolah, kalian masih berharap untuk kembali sedekat dulu.

3. Statusmu  sebagai  mantan  tak  membuatnya  berhenti  bersikap  baik  dan sopan padamu

Ketika bertemu langsung, kamu masih merasakan tulusnya perhatian. Dia akan bertanya kabarmu hari itu, dan dari matanya, kamu tahu itu bukan basa-basi. Dia memang ingin tahu apa kesibukanmu akhir-akhir ini.

Kalau kamu ada di depannya dan terlihat butuh bantuan, dia juga nggak akan keberatan untuk membantu. Statusmu sebagai mantannya nggak membuat dia berhenti bersikap baik dan sopan padamu.

4. Kamu masih memiliki sifat yang dulu membuatnya jatuh hati. Dan dia pun menyadari ini.

Apa yang dulu membuat dia jatuh hati padamu? Apa juga yang mendorongnya mengejar atau menerimamu? Apakah kamu masih memiliki sifat atau hal itu?

Kalau iya dan dia menyadarinya, bukan mustahil sampai sekarang dia masih memiliki rasa.

5. Sampai sekarang dia masih juga sendiri. Kalaupun dekat dengan orang lain, dia bilang itu nggak serius sama sekali

Katanya sih dia sedang dekat sama teman kampusnya yang baru. Atau cewek seangkatannya yang satu kepanitiaan dengan dia. Kamu tahu, karena teman-temanmu  setia menyuplai kabar terbaru tentangnya. Tapi saat kamu bertanya,

“Itu siapa?”

Dia hanya menjawab, “Ah, bukan siapa-siapa kok.”

6. Tak hanya itu, dia juga sesekali ingin tahu siapa yang sekarang sedang dekat denganmu

Bukan hanya kamu yang penasaran dengan kabar terbarunya. Dia pun ingin tahu siapa yang sedang dekat denganmu setelah dia. Dan sejujurnya sih, belum ada yang menggantikan posisinya sampai saat ini. Dia masih satu-satunya yang ada di dalam hati.

6 tanda itulah yang bisa membuatmu menyadari, apa kamu masih layak mengharapkannya kembali. Apakah kamu familiar dengan 6 tanda ini? Jika iya, bisa jadi sebenarnya kamu ditakdirkan untuk bersanding dengannya lagi.