Udah galak, judes dan suka pinjam barang tanpa bilang lagi. Hih!

Kalau diminta menggambarkan kakak perempuan, tiga hal inilah yang menjadi template jawabanmu. Ya mau bagaimana lagi? Dari sekian banyak sifatnya, rasanya memang hal-hal negatif yang lebih menonjol. Memang sih sesekali kakak perempuanmu bisa berlaku baik sekali, tapi dalam satu tahun mungkin bisa dihitung dengan jari.

Advertisement

Meski kamu suka dibuat kesal sama kakak perempuanmu ini, tapi sebuah penelitian dari psikolog Liz Wright dan Tony Cassidy membuktikan kamu yang punya kakak perempuan berpotensi lebih bahagia. Sebelum kamu buru-buru bertanya “Lho kok bisa?” berikut Hipwee berikan penjelasan lengkapnya. Yuk disimak sama-sama.

1. Kakak perempuan jauh lebih peka dari kakak laki-laki. Hal ini membuat ia mengerti masalah adiknya meski tak diceritakan secara rinci

Dia tahu tanpa kamu ceritakan via www.instagram.com

Meski ceweretnya kadang nggak bisa ditahan, cewek punya satu kelebihan daripada cowok kebanyakan. Apalagai kalau bukan punya tingkat kepekaan yang di atas rata-rata! Karena punya rasa peka yang tinggi, cewek (termasuk kakak perempuanmu) akan selalu jeli terhadap perubahaan situasi di sekitarnya. Salah satunya ya perubahan mood yang tengah dialami adik-adiknya. Bahkan saking pekanya, kakak perempuanmu mampu menebak apa yang sedang kamu alami. Meski kamu sendiri belum menceritakan masalahmu secara rinci.

Bukan, bukan bermaksud bilang kalau kakakmu ini cenayang. Tapi sisi sensitif dari perasaannyalah yang lebih banyak bekerja.

2. Curhat dengan kakak perempuan itu lebih nyaman dan melegakan. Mau cerita tentang personal atau pekerjaan, semua pasti dia dengarkan

Duh lega~ via www.instagram.com

Advertisement

Kak mau cerita nih…

Menurut penelitian, curhat dengan kakak perempuan itu jauh lebih nyaman dan melegakan. Sebab kebanyakan orang hanya bisa lebih terbuka ketika menceritakan masalah atau apapun itu dengan kakak perempuannya. Mau masalah personal atau sesuatu yang serius seperti pekerjaan, semua itu akan dengan senang hati kakak perempuanmu dengarkan. Kenyamanan dan kelegaan setelah curhat dengan kakak ini juga bisa terjadi karena ia menempatkan posisinya sebagai teman. Bukan orang yang lebih tua yang menggurui.

3. Nggak sekadar pukpuk dan pelukan, tapi kakak perempuan juga sering memberikanmu saran atau teguran sekalian

Dia bisa memberi pelukan bahkan teguran via www.pexels.com

Selain lega dan nyaman, bonus yang sering kakak perempuanmu berikan saat kamu ada masalah adalah pukpuk dan pelukan. Pukpuk dan pelukan yang kakak perempuanmu berikan ini merupakan salah satu pendekatan agar kamu merasa nyaman saat curhat dengannya. Namun di sisi lain, cara pendekatan kakakmu ini tak selalu tentang pelukan dan pukpuk doang. Saran dan teguran pedas kadang juga ia berikan demi membuatmu jadi sosok yang tangguh dan tak mudah dipatahkan.

“Sekarang kamu tinggal pilih, mau diterusin atau pindah jurusan lain. Kamu udah dewasa. Kamu harusnya udah bisa ngambil keputusan dengan segala risikonya!”

4. Setiap ada masalah datang, dia nggak pernah ragu untuk pasang badan. Dia benar-benar sosok yang paling bisa diandalkan

Dia tanpa ragu pasang badan untukmu via www.unsplash.com

Meski sering rebutan sesuatu, tanpa sadar kakak perempuanmu selalu menyediakan diri untuk membelamu. Apalagi ketika kamu tengah menghadapi masalah besar. Tanpa ragu, dia akan segera pasang badan. Hal ini ia lakukan sebagai bentuk tanggungjawabnya sebagai sosok yang paling tua. Pun karena rasa sayangnya kepadamu yang tak akan pernah ada habisnya.

“Tenang aja sih, biar besok kakak yang temenin kamu ke bank. Nggak perlu panik karena kartu ATM ketelen doang~”

5. Kehadiran kakak perempuan itu layaknya seorang ibu. Dia mampu memberikanmu contoh sekaligus membimbingmu

Layaknya seorang ibu via www.unsplash.com

Di balik sifatnya yang menyebalkan dan suka pinjam barang-barangmu tanpa izin, ada jiwa keibuan dalam diri kakak perempuanmu ini. Jiwa keibuan ini nggak hanya ditunjukkan dalam pukpuk dan pelukan yang secara cuma-cuma ia berikan, tapi juga dalam bentuk bimbingan dan contoh yang benar. Apalagi ketika sedang ada masalah besar dalam keluarga. Meski hati kakakmu juga hancur berantakan, sebisa mungkin ia berusaha untuk tegar dan menguatkan. Semua agar kamu yang tumbuh menjadi sosok yang bisa diandalkan.

6. Pun dari sisi psikologis, kakak perempuan lebih membantumu dalam meningkatkan kemampuan mengekspresikan perasaan

Bersamanya kemampuan psikologismu bisa lebih berkembang via www.unsplash.com

Jangan mengeluh dulu kalau kakakmu cerewetnya kebangetan. Sebab dari sana, sisi psikologismu akan jauh lebih berkembang. Berkat cerewet dan cara kakak perempuan berbicara, kemampuan mengekspresikan perasaanmu sedikit demi sedikit akan meningkat. Hal ini juga turut dibenarkan dengan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang punya kakak perempuan (terlebih yang suka berbicara) akan lebih mudah mengungkapkan perasaannya.

Mulai dari perasaannya yang lebih peka, nyaman dan lega setelah curhat dengannya, bisa diandalkan dalam segala hal, sampai menuntunmu untuk bisa mengungkapkan perasaan, tidak salah rasanya jika kamu yang punya kakak perempuan berpotensi lebih besar untuk lebih bahagia. Kalau selama ini yang dirasakan cenderung kesal saja, mungkin kamu hanya belum menyadarinya.

Karena pada dasarnya kakak perempuan itu berharga. Beruntunglah kamu yang punya dia dalam keluarga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya