Ada yang bilang LDR itu bisa membuat kalian lebih hemat. Alasannya, kalian tidak akan sering bertemu dan keluar bareng. Nggak ada deh yang namanya date night ke bioskop, makan di restoran hits, dan agenda jalan-jalan berdua. Padahal, justru pejuang LDR seringkali butuh lebih banyak modal dibanding para pasangan yang berada di satu kota.

Pulsa untuk telepon, paket data buat komunikasi rutin, dana tambahan demi mengirim kejutan, modal tiket perjalanan untuk meet up beberapa bulan sekali, dan hal-hal lain yang memang cuma kalian pejuang LDR yang paham. Sesungguhnya modal pejuang LDR itu bisa sangat besar jika tidak dicermati. Bisa membobol tabunganmu jika kamu tak hati-hati.

Karena itu, kali ini Hipwee memberikan beberapa tips yang semoga saja bisa membantu kamu, pasangan LDR, untuk menghemat pengeluaran. Semoga membantu, ya!

1. Supaya hubungan nggak membobol tabunganmu, anggaran untuk menelepon tak boleh lebih dari Rp100.000

*tut… tut… tut…*

*Masuk mailbox*

*Pulsa kepotong*

*Nggak diangkat*

Waktu nyoba telepon lagi, yang terdengar adalah…

Operator (dengan suara ceria): “Maaf, sisa pulsa Anda tidak cukup melakukan panggilan ini.”

Drama LDR pun terjadi, dan galau menyerang. Tapi, sebenarnya ini bisa dicegah andai kamu dan dia punya jadwal kapan harus berkabar. Misalnya, dalam seminggu itu kamu hanya akan telepon tidak lebih dari 2 kali. Dalam 2 kesempatan itu, masing-masing dari kalian harus berkomitmen untuk mengosongkan jadwal demi “phone date”. Di luar sesi phone date ini, kalian harus bisa merasa cukup dan puas berbincang melalui sms atau chat service.

Advertisement

Pastikan juga, kamu dan dia sama-sama menggunakan operator telepon yang menawarkan harga miring. Jadi, dalam sebulan jangan sampai pengeluaran untuk urusan telepon tidak lebih dari Rp100.000.

2. Memang tak mudah menahan rindu, tapi jangan juga memaksa setiap bulan ketemu.

Ya nggak setiap bulan begini juga sih via tumblr.com

Terkadang kamu berkhayal andaikan pintu kemana saja itu benar-benar ada. Pasti kamu nggak akan berjuang dengan susah payah untuk menahan rindu. Namun sayang, kenyataan harga tiket perjalanan untuk bertemu dia yang justru nyata ada di hadapanmu.

Supaya tabungan kalian gak bobol, cobalah untuk lagi-lagi menjadwalkan kapan harus bertemu. Angka berikut ini bisa menjadi panduan buatmu:

Beda kota, biaya tiket bertemu PP

Beda kota, biaya tiket PP

Beda negara: 1-2 kali setahun udah syukur. Please guys, doa yang banyak aja mah ini.

Penting! Kamu ataupun dia harus rajin mencari tiket promo kereta juga pesawat. Pilih yang benar-benar efisien secara waktu dan materi.

3. Daripada boros di tiket perjalanan, obatilah rindu dengan video call. Nah, biar nggak harus boros paket data, kalian harus setia jadi fakir WiFi

Di era kemudahan komunikasi seperti saat ini, salah satu obat rindu yang sementara bisa ambil oleh kalian adalah fasilitas video call. Kalian bukan hanya butuh kuota yang cukup besar, melainkan juga jaringan yang mulus. Daripada uang kalian habis terpakai untuk beli pulsa internet, lebih baik ingatkan diri untuk tetap setia menjadi fakir WiFi. Gak apa-apa stay up sampai malam di kantor atau kampus buat numpang WiFi. Jangan malu ke kafe, terus cuma beli es teh, kalau kamu bisa stay 2 jam untuk video call pacar. Ingat: kamu gak boleh boros banyak uang.

Oh iya, Hipwee juga pernah membahas lengkap cara-cara kamu bisa hemat pulsa internet, lho. Kamu bisa menyimak artikelnya di tautan ini.

4. Biar spark di antara kalian tetap ada, kamu patut mengirimkan sesuatu untuk dia. Supaya hemat ongkos kirim, kamu bisa menitip ke teman-temannya

Siapa yang nggak ingin dapat kejutan dari pasangannya. Setelah seharian beraktivitas, tiba-tiba di kamar sudah duduk manis sebuah kartu pos, atau sebungkus kado yang dikirim dari tempat nun jauh di sana. Bukan hanya kamu yang merasa gembira menerimanya, dia di sana pun merasakan kegembiraan yang sama.

Tapi kalian tetap harus mawas diri, kalau untuk mengirim sesuatu pun diperlukan dana tambahan atau ongkos kirim. Jadi kalau mau ngasih kejutan, jangan sering-sering. Dua bulan satu kali udah cukup, lah. Itupun, sebisa mungkin kamu titip temannya supaya kamu hemat ongkir. Ehehehe.

Bukannya pelit, tapi ingat kalian juga butuh modal untuk membawa hubungan kalian ke jenjang yang lebih sakral.

5. Rasa kesepian sering membuat kamu berpikir untuk sering pergi sama teman-teman. Batasi kegiatan ini maksimal sekali seminggu. Kalau lebih dari itu, mau pakai apa nanti nikah sama dia?

Karena tak ingin larut dalam perasaan sepi tanpa kehadiran dia, kamu jadi sering menghabiskan waktu bersama teman-temanmu. Bahkan bisa sampai setiap hari kamu mengajak teman-temanmu keluar, entah untuk sekedar ngopi, nonton, atau jalan-jalan.

Bayangkan kalau sekali nongkrong kalian harus merogoh kocek paling tidak 50 ribu, coba hitung kalau itu setiap hari. Wah bisa-bisa modal bertemu dia malah tak terkumpul-kumpul!

Jadi please, batasi nongkrong bareng teman maksimal sekali seminggu. Pas akhir minggu aja, deh.

6. Kalau kamu sama dia sama-sama masih kuliah, kalian bisa sama-sama kerja paruh waktu. Demi mengumpulkan modal untuk liburan bareng yang bagaimanapun perlu

Daripada pasangan kamu marah karena bisa saja dia cemburu dengan teman-teman yang justru sering sekali bertemu denganmu. Ada baiknya waktu luang digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat seperti mengambil kerja part time, untuk kalian yang masih sama-sama kuliah. Selain mencari pengalaman, kalian juga bisa punya tambahan modal untuk merencanakan sebuah liburan bersama. Pertemuan kalian bisa lebih seru!

7. Nggak usah boros-boros karena yang terpenting bukan modal materi. Percuma ‘kan mengeluarkan banyak uang kalau kalian gak punya kepercayaan dan kesabaran?

Memang tidak ada yang murah di zaman sekarang ini, bahkan untuk modal menjaga hubungan kamu dan dia tetap hangat. Tetapi, bukankah modal utama dari hubungan jarak jauh itu terletak pada pengertian, kepercayaan dan kesabaran?

Jadi, jangan sampai hubungan ini menghabiskan 1/3 dari pendapatanmu setiap bulan. Jagalah supaya pengeluaranmu tetap efisien dengan menjadwalkan sesi menelepon, jadi fakir WiFi, meminta bantuan teman-temannya, dan bekerja paruh waktu atau freelance.

Kesabaran adalah kekuatan keduamu. Itu yang menjaga mimpi dan tujuanmu agar tetap menyala.

Sabar ya, biar mimpi dan tujuan kalian untuk melanggengkan hubungan tetap terus menyala menerangi jarak yang terulur 🙂 Eh, kamu ada tips lain nggak supaya LDR-mu nggak membobol tabungan? Share yuk di kolom komentar!