Umur segini, pendapatanmu mungkin masih belum seberapa. Kalau tidak hati-hati, uangmu bisa ludes tanpa terasa. Boro-boro nabung, buat bertahan hidup di akhir bulan saja susah. Waduh.

Nah, karena itulah kamu butuh strategi tertentu untuk menghemat uangmu. Gak cuma memperhatikan apa yang kamu makan saja, kamu juga harus hati-hati soal “printilan” lainnya: termasuk soal paket data.

Advertisement

Kemudahan yang ditawarkan internet memang membuat kita tergantung padanya. Mau buat update Path, Facebook, sampai ngerjain tugas, kamu pasti kesusahan tanpa paket data. Tapi jangan sampai urusan ini bikin kantongmu kering! Ikuti yuk 7 tips berikut ini, supaya internetmu jalan terus, tapi keuanganmu tetap aman!

1. Jangan mengaktifkan semua aplikasi media sosial yang ada di HP, karena itu menyedot paket data. Aktifkan yang saat itu kamu pakai saja!

Pilih-pilih app via tumblr.com

Kamu pasti punya banyak aplikasi media sosial. Ada Facebook, Path, Tinder, LINE dan mungkin juga Twitter. Yang bisa kamu lakukan untuk menghemat paket data adalah tidak mengaktifkan semua aplikasi media sosial ini pada saat bersamaan. Cukup yang saat itu kamu pakai saja. Sehingga saat tidak dipakai, aplikasi ini tidak akan menyedot data.

Matikan push notification dari aplikasi yang sebenarnya jarang kamu pakai. Kalau mau tahu aktivitas teman-teman di aplikasi itu, cukup cek sekali-sekali. Identifikasi juga aplikasi yang banyak menyedot data, agar kamu tahu mana yang boleh terus aktif dan mana yang harus dinyala-matikan sewaktu-waktu.

2. Jangan pernah update aplikasi atau mengunduh file tanpa WiFi. Dan setiap kamu pergi ke kafe, restoran, kampus dan area perkantoran, tanya password WiFi-nya.

Password WiFi-nya apa ya?

Advertisement

Gunakan kesempatan sebaik-baiknya! Kalau kamu main ke kafe, restoran, kampus, atau area perkantoran, manfaatkan habis-habisan WiFi yang mereka punya. Jangan pernah main ke tempat-tempat ini kalau gak memanfaatkan WiFi. Ngapain? Udah bayar mahal-mahal, rajin-rajin ke luar rumah… kalau gak WiFi-an, mending di kamar aja deh.

Ini gak cuma soal update aplikasi dan mengunduh file aja.  Menggunakan WiFi hanya untuk browsing atau main Instagram juga boleeeh! Karena dengan menjadi fakir wifi total, kamu bisa lebih mengencangkan ikat pinggang paket data internetmu. Udah, kamu masih fakir. Ingatkan dirimu bahwa kamu belum layak untuk melepaskan status sebagai fakir WiFi 🙂

3. Pilih tipe paket data sesuai kebiasaan. Siapa tahu, kamu gak butuh sebanyak yang kamu pikirkan!

Hemat data! via tumblr.com

Jadilah pengguna internet yang sadar dengan kebiasaan sendiri. Setidaknya, itu membantu kamu untuk menentukan tipe paket mana yang cocok buatmu. Kalau ternyata kebutuhanmu cuma 2G per bulan, misalnya, gak masuk akal ‘kan berlangganan paket data 4G per bulannya?

Kalau kamu benar-benar nggak bisa lepas dari internet — misalnya pekerjaanmu berkaitan dengan media sosial, atau kamu lagi mengerjakan skripsi yang benar-benar butuh internet 24 jam — paket data unlimited mungkin kamu butuhkan. Sedangkan kamu yang menggunakan paket data pribadi di saat-saat tertentu saja, dan ada WiFi gratis yang lebih banyak kamu gunakan, kuota 500MB-2G saja sudah cukup, kok!

Mau tahu secara lebih akurat berapa banyak data yang kamu butuhkan? Coba aja kalkulator data ini!

4. Pakai aplikasi peramban yang tepat. Misalnya, ada peramban (browser) yang bisa otomatis mengeblok iklan ;p

Hemat data~ via www.xtradroids.com

Untuk kamu yang gemar browsing, sudah seharusnya kamu tahu aplikasi browser yang tepat untuk digunakan. Kenapa harus pakai aplikasi browser yang tepat? Karena ada beberapa browser yang secara otomatis bisa memblok iklan di laman yang kamu tuju. Tapi jangan dipakai kalau kamu browsing Hipwee ya ;p Kamu juga bisa pakai Google Chrome, yang bisa mengompres data hingga 50 persen. Terlebih lagi ada juga beberapa browser yang justru cepat menguras kuota internetmu.

5. Sebelum internetan, perhatikan dulu kondisi jaringan. Lebih baik gak usah pakai data kalau sinyalmu EDGE

Sinyal EDGE? Gak usah internetan aja deh via huffpost.com

Kalau labilnya seperti ABG, kondisi internet bisa menguras isi dompetmu. Ketika kondisi jaringan internetnya sedang ada di status EDGE, misalnya, lebih baik batalkan niatmu. Sebaliknya, jika kondisi jaringan operatormu sedang oke di HSDPA/3G, inilah saat paling tepat untuk internetan.

6. Matikan paket data saat kamu ingin istirahat. Gak cuma baik buat kantong, ini juga oke buat tubuhmu

Kalau mau istirahat, matiin aja paket data

Karena kamu manusia, pasti kamu butuh yang namanya istirahat ‘kan? Dan karena waktu istirahat kamu pun sudah pasti tidak membutuhkan keberadaan ponsel, setidaknya saat-saat seperti itu kamu bisa mematikan sejenak paket data internetmu. Selain dalam rangka menghemat kuota, sebenarnya kamu juga memberikan kesempatan tubuhmu untuk benar-benar istirahat. Tanpa gangguan dari sinyal internet yang tak kasat mata.

7. Atur batas penggunaan paket data. Kamu gak akan khilaf karena selalu tahu berapa banyak data yang sudah kamu konsumsi

Check In dulu dong via www.windowscentral.com

Kalau kamu masih setia menggunakan paket data kuota tetapi juga kadang khilaf saat memakai internet. Cara satu-satunya untuk berhemat adalah mengatur batas penggunaan paket data dengan menyetel batas paket data per hari. Dengan begini, ponselmu akan mengirimkan notifikasi otomatis ketika penggunaan paket data melewati batas.

Jadi, setelah menentukan sendiri cara yang oke untuk diterapkan, nggak akan ada lagi dong cerita kantongmu kering karena dikuras pulsa internet? Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya