Cemburu memang kerap hadir dalam sebuah hubungan. Bahkan, banyak orang yang beranggapan bahwa cemburu ibarat bumbu pemanis dalam sebuah hubungan karena menjadi bentuk ungkapan perasaan cinta yang begitu besar. Walaupun pernyataan itu tidak sepenuhnya benar, keberadaan rasa cemburu jelas tidak bisa dipisahkan dari sebuah hubungan.

Selama ini banyak anggapan yang menyebutkan bahwa cewek lah yang pencemburu. Dibanding cowok, cewek dianggap lebih mudah merasa cemburu dan ekspresif menunjukkan perasaannya itu pada pasangan. Tapi, bukan berarti kami para cowok tidak bisa merasakan hal yang sama. Meski terlihat lebih cuek dan tenang, kami pun akan terbakar api cemburu jika pasangan kami melakukan hal-hal ini!

1. Kami diam bukan berarti tak perhatian. Ketika ada cowok lain tertarik dengan kecantikan kalian, kami pun akan kelimpungan

Menggoda dengan pakaian seksimu

Menggoda dengan pakaian seksimu via imgur.com

Advertisement

Umumnya, cowok lebih sering terlihat diam dan bersikap tenang. Sudah sifat bawaan jika kebanyakan cowok memang lebih suka bersikap cuek dengan pasangan atau lingkungan sekitar. Tapi, diamnya kami bukan berarti tak peduli. Justru dalam diam sebenarnya kami tetap memperhatikan kalian yang kami pilih sebagai pasangan.

Kami senang melihat wajah kalian yang tak lagi pucat karena dipulas make-up. Kami suka melihat rambut kalian yang tergerai indah dengan setelah baju yang juga serasi dikenakan. Tapi tahukah kalian bahwa hati kami pun sebenarnya was-was? Dengan tampilan yang hampir sempurna, kami khawatir akan banyak lawan jenis yang tergoda. Kami tak rela jika kecantikan yang kalian punya juga dinikmati pria selainnya.

2. Tertawa adalah tanda rasa bahagia. Tapi saat kamu melempar tawa dengan selainnya, cowok sebenarnya meremang tak terima

Tertawa dengan lelucon orang lain

Tertawa dengan lelucon orang lain via www.pinterest.com

Tertawa memang hal yang wajar. Bahkan, tertawa adalah tanda bahwa seseorang sedang merasa bahagia. Tapi melihat pasangan kami tertawa dengan cowok lain tidakkah itu menyakitkan?

Advertisement

Cewek mungkin tidak sadar atau melakukannya secara spontan saja tanpa rencana. Tapi justru perbuatan spontan itulah yang mampu memicu emosi. Tertawa menandakan bahwa kamu bisa akrab dan nyaman dengan cowok lain. Sebagai pasangan, wajar jika kami merasa posisi kami sedang terancam. Kami takut jika kamu lebih nyaman dengan orang lain, maka kamu pun tak segan meninggalkan.

3. Kami akui, Zayn Malik atau Channing Tatum membuat kami benci. Muncul rasa kesal jika ada pria lain yang kalian idolai

“Duh, Si Zayn keren banget. Jambang, tato, model rambut, dan badannya emang keren!”

Kalian boleh menertawakan atau menganggap kami kekanak-kanakan lantaran cemburu pada artis yang kalian idolai. Bukan berarti tak bisa berpikir logis dan hanya mengandalkan perasaan saja. Kami tahu ada jarak dan perbedaan status yang seharusnya bisa meredam rasa cemburu ini. Tapi sekali lagi, ini perkara gengsi karena kami dan artis yang kalian idolai sama-sama laki-laki. Mendengar kalian yang tak habis-habis memuji penampilan, suara, hingga perilaku artis saja bisa membuat hati kami sakit luar biasa.

4. Kalian mungkin tak sadar, tapi mendengar kalian memuji cowok lain membuat hati kami terbakar

1.4 jealous

Ini ekspresi yang akan kamu dapat via www.xclusivetouch.co.uk

Kamu: “Eh, kamu tahu Doni tetanggaku ‘kan? Dia hebat lho, dapat beasiswa S2 ke Amerika tahun ini.”

Cowokmu: “Oh, gitu.” (muka datar tanpa ekspresi)

Kami tahu, kalian mungkin tak punya maksud apa-apa atau memang tulus bercerita. Tapi coba pikirkan efek macam apa yang harus kami rasakan saat mendengar cerita yang kalian sampaikan. Ketika kalian justru sibuk menceritakan bahkan memuji cowok lain, apakah kecemburuan kami bisa dibilang berlebihan?

Sebagai pasangan, kami merasa butuh dihargai. Pujian-pujian yang kalian lontarkan untuk cowok lain membuat kami tersiksa. Di titik itu kami akan merasa rendah diri; merasa tak sehebat cowok lain yang sedang kalian puji-puji.

5. Istilah ‘hanya teman biasa’ kadang terlalu sulit dicerna, apalagi ketika kalian berkawan dengan seorang pria

Sahabat dekatmu juga berpotensi membuatnya cemburu

Sahabat dekatmu juga berpotensi membuatnya cemburu via elitedaily.com

Tak peduli seberapa kuat atau sebagaimana dekat hubungan yang kalian beri istilah ‘hanya teman biasa’ itu. Yang pasti, nalar kami tak bisa menerima ketika kalian bersahabat dengan seorang pria. Bagi kami, cowok tetaplah cowok yang mustahil menjalin hubungan persahabatan yang tulus dengan seorang cewek. Hubungan pertemanan antara cowok dan cewek justru besar kemungkinan memunculkan rasa suka atau jatuh cinta diantara keduanya. Dan kami, tidak siap jika harus kehilangan perempuan yang kami cintai begitu saja.

6. Bagi cowok, mengetahui pasangannya masih berhubungan dengan mantan adalah yang paling menyakitkan

Hati-hati jika masih berhubungan sama mantan

Hati-hati jika masih berhubungan sama mantan via www.romanceways.com

Tak ada mahluk di dunia ini yang tidak akan cemburu jika melihat pasangannya masih berhubungan dengan masa lalunya. Tidak hanya cewek, cowok pun juga akan merasakan hal yang sama. Saat seorang cewek masih berhubungan baik dengan mantan, maka berbagai pertanyaan akan muncul dalam kepala pasangan.

“Apakah dia masih mencintainya? Atau, si mantan memang begitu sempurna hingga dia sulit lepas dari bayangan masa lalunya? Apa mungkin dia masih ingin balikan?”

7. Ingatan tentang mantan sebaiknya dikubur dalam-dalam. Sedikit yang kalian ceritakan bisa membuat perasaan kami berantakan

Kenanganmu dengan mantan

Kenanganmu dengan mantan via theleadershipprogram.com

Di suatu senja di pinggiran Pantai Kuta,

Kamu: “Wah, setelah 2 tahun baru bisa ketemu Pantai Kuta lagi.”

Pacar: “Oh iya? Emang dulu liburan ke sini sama siapa?”

Kamu: “Sama masa lalu. Hehehe.”

Pacar: (mendadak manyun) “Cari makan yuk, bosen di sini!”

Meskipun kamu hanya sekadar menjawab pertanyaan dengan wajar, mendengar tentang mantan membuat kami tak nyaman. Apalagi saat kami berada di tempat yang membuatmu teringat tentang kenangan bersama mantan pasangan. Ingatan yang masih kami simpan itulah yang membuat hati dan perasaan kami terbakar api cemburu.

8. Rasa cemburu bisa membuat kami buta. Keinginan tampil sempurna saat berangkat kerja malah membuat kami curiga

Dandan sih, tapi...

Dandan sih, tapi… via weheartit.com

Sudah sepatutnya jika cewek berusaha menjaga penampilan. Apalagi jika kaitannya dengan pekerjaan, tampil sempurna kadang menjadi sebuah keharusan. Sayangnya, kami seringkali menanggapi hal ini dengan berbeda. Saat kalian terlalu lama berdandan sebelum berangkat kerja, tak jarang kami berpikir yang macam-macam. Mungkinkah ada hal lain yang membuat kalian begitu memperhatikan penampilan, lantaran ada rekan kerja yang disukai misalnya?

9. Gadget yang kalian akrabi seringkali membuat kami cemburu setengah mati

Gadgetmu lebih penting dari dirinya

Gadgetmu lebih penting dari dirinya via www.dokonalazena.cz

Gadget misalnya telepon genggam atau smartphone adalah benda yang sifatnya pribadi. Lewat teknologi, kalian bisa terhubung dengan banyak orang di luar sana. Lewat telepon, SMS, aplikasi chatting, hingga menggunakan media sosial – banyak cara untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Saat kamu terlalu asyik dengan perangkatmu, kami merasa kehadiran kami tak lagi berharga. Kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengamati lini masa atau berbalas pesan dengan teman-teman virtualmu. Kami bukannya cemburu pada benda mati, tapi rasa cemburu ini muncul karena sikap kalian yang mengabaikan kami.

10. Kami berharap jadi yang utama. Kami cemburu jika pekerjaan membuat perhatian kalian terbagi dua

Lebih mementingakan pekerjaan

Lebih mementingakan pekerjaan via liputanislam.com

Pekerjaan dan kesibukan padat yang kamu miliki tak jarang akan mampu mematik api cemburu kami. Mungkin, kamu benar-benar menghabiskan waktu hanya untuk menyelesaikan pekerjaanmu yang menumpuk. Tapi, tak jarang, cowok akan merasa kesal lantaran dirinya seperti diabaikan. Sebagai pasangan, cowok pun ingin menjadi prioritas utama dalam hidupmu. Cowok tak rela jika pekerjaan dan kesibukan di tempat kerja membuatmu melupakan dirinya.

Nah, itulah beberapa sikap atau perilaku yang mungkin secara tidak sadar dilakukan para cewek dan membuat pasangannya cemburu. Demi menjaga hubungan, sebaiknya hindari melakukan hal-hal di atas dan tingkatkan kualitas komunikasi dengan pasanganmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya