Kok aku jadi aku yang salah, ‘kan kamu yang dandannya salah.

Tapi ‘kan kalau tadi kamu nunggu dandannya di sini, pasti kita nggak ketinggalan ijabnya Dinda.

Rasanya sudah jadi rahasia umum kalau cewek pihak yang selalu benar, sementara cowoknya ya pasti salah. Egois memang kesannya. Tapi kalau dipikir-pikir lagi konsep seperti ini ada bukan tanpa sebab. Kenyataannya cewek memang selalu berhasil menemukan kesalahan sekecil apapun yang diperbuat oleh cowok. Membuat si cewek sendiri selalu bisa mengelak saat sudah jelas-jelas dirinya pun menyumbang kesalahan. Contohnya, ya seperti percakapan pembuka tadi.

Atau kadang saat masa-masa genting seperti PMS, perubahan suasana hati yang naik turun seperti histeria pasti akan membuat cowok serba salah. Tapi kira-kira apa lagi ya alasan munculnya konsep seperti ini? Khusus buat cowok bacanya yang sabar ya.

1. Kepekaan yang dipunya cewek buat mereka selalu percaya diri dalam segala hal termasuk saat ada masalah

jujur salah bohong pun salah via unsplash.com

Kamu kok nggak cerita kalau ikut isi acara gigs kemarin.

Iya aku khawatir kamu cemburu, soalnya yang isi acara ada teman-temanku yang cewek juga.

Tapi ‘kan mending kamu bilang langsung, daripada aku tahu sendiri kayak gini.

Tuh ‘kan aku salah lagi.

Advertisement

Sekalipun bilangnya tak akan marah kalau saja cowoknya jujur. Tapi nyatanya drama-drama sedikit tetap saja ada. Kadang alasan berbohong demi menjaga perasaanmu sebagai ceweknya pun rasanya sia-sia. Jadi intinya sih jujur atau bohong tetap saja salah di mata kamu kalau memang cowokmu ini melakukan sesuatu yang tak dirimu sukai.

2. Karena urusan bertutur kata cewek memang lebih jago, dibanding cowok yang seringnya serba salah

karena kamu bilang dia gendut, meski tak sengaja via www.logancoleblog.com

Tapi kalau pakai yang abu-abu, aku kelihatan gemuk nggak sih?

Ya udah kalau gitu yang cokelat tua aja.

Jadi menurut kamu aku gendut?

Lho aku ‘kan nggak bilang gitu….

Berbicara dengan cewek memang harus hati-hati. Setidaknya cowok harus tegas, dalam arti kalau sudah bilang A ya A, dan kalaupun ingin mengubah pendapat seharusnya punya alasan yang pas atau lebih masuk akal. Biar ujung-ujunganya nggak disalahin lagi sama kamu. Mengingat dalam urusan berbicara cewek lebih jago, karena perbendaharaan katanya pun lebih banyak daripada cowok.

3. Karena cowok harus lebih sabar dari cewek, mengingat kalian kelak akan jadi kepala rumah tangga

Masnya harus sabar via unsplash.com

Sebenarnya cowok ataupun cewek harus selalu belajar sabar. Tapi mengingat kelak saat jadi kepala rumah tangga cowok akan punya tanggung jawab yang lebih besar. Mungkin dengan sendirinya tuntutan untuk bersabar pun jadi lebih besar. Bisa jadi kesabaran ini yang akan membuat sosok cowokmu lebih bijaksana juga.

4. Kadang cowok sendiri tak sadar kalau dirinya berbuat salah, jadi wajar kalau akhirnya cewek marah dan merasa paling benar

Marah via www.pexels.com

Kok diam aja, Yang? Marah? Aku salah apa?

Pakai tanya lagi. Pikir aja sendiri!

Ya, kelalaian dan ketidaksadaran itu manusiawi. Tapi namanya juga cewek, yang kalau sudah marah rasanya enggan pengertian dengan kedua hal itu. Sampai akhirnya merasa paling benar sendiri saat cowoknya mulai mengakui dan meminta maaf. Maklum cewek juga punya ego dan gengsi yang tinggi juga lho.

5. Ya karena inginnya cewek nggak cuma dimengerti, tapi juga dimaklumi termasuk persoalan salah dan benar ini

Dimaklumi Mas via www.nessakphotography.com

Sepertinya lagu Ada Band yang Karena Wanita Ingin Dimengerti ini harus direvisi kembali. Karena biarpun kamu bilangnya cuma ingin cowokmu mengerti sedikit lagi. Nyatanya kamu ingin cowokmu mengerti sekali apapun yang dirimu inginkan. Dan diam-diam kamu pun ingin dia memaklumi semua hal yang berkaitan dengan dirimu, termasuk persoalan salah atau benar.

Kemarin ‘kan aku udah bilang jangan lupa dibawa kamera yang satunya.

Ya udah sih, orang tadi lupa. Tadi kamu juga telat jemputnya, bikin aku tambah buru-buru!

‘Kan bisa disiapin dari semalam.

Pake kamera ipad aja ‘kan bisa, repot banget.

Pokoknya dalam kondisi atau situasi seperti apapun yang salah tetap bukan cewek.

6. Karena pada dasarnya cewek selalu benar dan cowok selalu salah itu bagian dari hukum alam yang cukup dipercaya dan tak perlu penjelasan apa-apa

cewek benar, cowok salah via www.pexels.com

Mau dibahas berkali-kali sampai bosan pun, konsep cewek selalu benar dan cowok selalu salah ini nggak akan bisa diubah. Dibilang egois pun rasanya justru agak berlebihan. Sebab konsep ini seperti halnya hukum alam, yang harusnya memang dipercaya dan tak perlu penjelasan apa-apa. Cewek memang akan selalu benar. Sementara cowok, ya sabar aja ya…..

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya