Alasan cowok ingin sendiri dulu

Banyak ungkapan klise dalam jalinan hubungan percintaan yang sering kamu dengar. Mulai dari ‘kamu terlalu baik untukku’, ‘kamu berubah’, ‘kamu egois’, sampai ‘aku mau sendiri dulu‘. Khusus yang terakhir mungkin kalimat tersebut agak kurang familiar, namun ketika kekasihmu yang melafalkan, dada seakan terasa ada yang menghujam.

Ungkapan ‘aku mau sendiri dulu‘ barangkali lebih sering diucapkan oleh cewek ke cowoknya. Kalimat ini seakan menjadi senjata pamungkas cewek ketika sedang dalam suatu perselisihan yang menyudutkannya. Tapi jangan salah, ungkapan ini sangat mungkin juga diucapkan oleh cowok kepada ceweknya. Dan ketika cowokmu mengatakannya, ketahui beberapa alasannya ini, biar kamu pun tak khawatir berlebihan.

1. Barangkali ia risih dengan kebiasaanmu melarang-larang aktivitas yang disukainya

Risih via unsplash.com

Advertisement

Untuk kamu yang sering ikut campur atau membatasi gerak pasanganmu, sebelum cowok mengatakan hal ini kepadamu baiknya kamu mengubah kebiasaanmu itu. Cowok nggak suka gerak-geriknya dibatasi dan hidupnya diatur-atur, karena pada dasarnya cowok butuh kebebasan.

2. Bisa jadi itu kode agar kamu mau menyediakan waktu untuk mendengarkan uneg-unegnya

Dengarkanlah keluh kesahnya via unsplash.com

Ketika cowokmu mengatakan kalimat ini kepadamu tandanya ada sesuatu yang nggak beres padanya. Bisa jadi itu karena sikapmu sendiri, tapi besar kemungkinan pula terjadi karena ia mendapat masalah di luar hubungan kalian. Dalam posisi seperti ini baiknya kamu menawarkan diri untuk jadi pendengar keluh kesahnya. Ingat cowokmu juga butuh diperhatikan.

3. Ada kalanya ia ingin lebih diperhatikan, dan kamu harus paham bentuk perhatian yang diinginkan oleh cowokmu ini

Ia butuh diperhatikan via unsplash.com

Meski cuek, tapi adakalanya cowok butuh diperhatikan. Dan yang mesti kamu cermati itu, bagaimana cara memberi perhatian kepadanya. Jangan samakan bentuk perhatian yang diinginkan cowok seperti layaknya yang diinginkan cewek. Terang, jelas berbeda. Cowok lebih suka perhatian dalam bentuk dukungan atas apa yang sedang ia kerjakan daripada hanya sekedar ucaan selamat pagi atau ditanyakan udah makan apa belum.

4. Atau saat itu ia memang sedang butuh sendiri untuk berkonsentrasi meraih targetnya, entah pendidikan ataupun kariernya

Sedang konsentrasi via www.pexels.com

Advertisement

Boleh jadi saat itu cowokmu memang benar-benar ingin sendiri dahulu. Ia ingin fokus mengerjakan sesuatu yang menjadi ambisinya – entah itu urusan pekerjaan, hobi, karir dan lain sebagainya. Kehadiranmu mungkin membuat konsentrasinya sedikit terpecah. Maka dari itu berikan saja waktu untuk dia sendiri. Yakinlah kalau benar cinta ia akan kembali lagi pada waktunya nanti.

5. Jangan buru ia dengan pertanyaan ini itu. Mending kamu cari tahu sendiri, atau bersabar dulu dan biarkan dirinya bebas sejenak

Jangan malah diburu dengan pertanyaan via unsplash.com

Yang kerap menjadi kesalahan adalah ketika cowok sudah terlanjur mengatakan begitu biasanya cewek justru terus memburunya dengan pertanyaan-pertanyaan. Mungkin memang wajr sih bertanya apa alasannya ingin sendiri dulu, namun ketika dia nggak ingin menjawabnya berarti ia ingin kamu mencari sendiri akar permasalahannya – jangan malah menanyakannya terus menerus.

Ketika kamu memburunya dengan pertanyaan terus-menerus ia akan risih bahkan marah kepadamu. Langkah yang paling masuk akal adalah beri jeda untuknya, biarkan dia sendiri sejenak. Barulah saat waktunya terasa sudah tepat tanyakan apa alasannya.

6. Tak perlu drama, hubungan kalian tak akan putus begitu saja, ia pasti kembali seperti sedia kala kalau memang benar cinta

No drama via www.pexels.com

Ketika mendapati cowoknya mengucapkan kalimat ‘aku mau sendiri dulu’, respon yang paling sering dilakukan cewek adalah bingung dan sedih. Bingung karena itu diucapkan tiba-tiba, sedih karena ia masih cinta. Yap! respon semacam itu wajar terjadi. Namun ketika kamu yang mengalaminya, baiknya kamu nggak perlu khawatir apalagi drama bersedu sedan berlebihan. Pakai logika dan kepala dingin dalam bertindak – nggak perlu yang macam-macam.

Seperti yang telah diutarakan di atas, boleh jadi ia memang sedang butuh waktu sendiri bukan untuk meninggalkanmu. Kalau memang ia benar sayang kepadamu pasti akan kembali pada saatnya nanti.

Buatmu yang masih sering bingung menghadapi kalimat semacam itu, semoga uraian di atas bisa sedikit tercerahkan. Sejatinya yang perlu kamu persiapkan sebelum atau saat menghadapi situasi di mana cowokmu mengatakannya adalah kesabaran dan waktu. Sebab biasanya, cowok juga ingin diperhatikan dengan diberi ruang untuk sendiri. Intinya sih jangan terlalu mengekang cowokmu kalau mau menghindar dari kalimat yang bisa menghujam jantungmu ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya