Pelukan adalah salah satu gestur paling gampang dan familier yang dilakukan seseorang untuk mengekspresikan kasih sayang. Namun, pelukan bukan sekadar kontak antar fisik saja lo. Ada banyak makna serta kebaikan dari sebuah pelukan, dalam sebuah hubungan. Terutama dalam sebuah hubungan.

Jadi, jangan buru-buru mesum dulu karena kontak fisik ini. Bahkan pelukan juga dinilai membawa manfaat kesehatan lo, misalnya melepaskan stres yang berlebihan. Nah, khususnya dalam sebuah hubungan, pelukan bisa membawa manfaat-manfaat positif di bawah ini.

1. Sebuah pelukan bisa menunjukkan kepedulian dan dukunganmu terhadapnya, tanpa perlu berkata-kata

kamu mendukungnya via unsplash.com

Advertisement

Memeluk seseorang yang disayangi sebenarnya lebih dari sekadar hal fisik. Karena pelukan juga menunjukkan dukungan emosional darimu. Jika dia sedang stres atau merasa rendah diri, pelukan sangat dibutuhkan pada saat itu. Tanpa disadari sebuah pelukan adalah cara fisik untuk mengatakan β€˜hei, kamu baik-baik saja?’ lantaran nggak semua orang mudah mengungkapkan perasaan mereka.

Pelukan bisa menjadi cara non-verbal untuk memberi tahu dirinya kalau kamu memahami kondisinya yang sedang murung atau kesal, dan kamu selalu ada di sana untuknya.

2. Percaya atau tidak, pelukan bisa membuat kamu dan dia lebih sehat

jadi lebih bahagia ~ via unsplash.com

Berpelukan akan membuatmu jadi lebih bahagia. Hal ini terjadi karena pelukan memberikan kenyamanan dan rasa aman, sehingga kamu dan pasangan jadi lebih bahagia. Selain itu, pelukan juga dipercaya bikin tubuh jadi lebih sehat. Nggak percaya? Sebab, otak kita melepaskan feel-good hormones ketika kita memeluk seseorang dan menghadirkan suasana begitu santai saat itu. Meskipun berlangsung sebentar, hal ini dipercaya dapat berpengaruh terhadap pada sistem kekebalan tubuh, sehingga menjadi kalian jadi lebih sehat.

3. Hubungan kalian jadi lebih harmonis lantaran pelukan memunculkan kenyamanan satu sama lain

lebih harmonis via www.pexels.com

Advertisement

Dari beragam kegiatan yang dilakukan bareng pasangan, percayalah pelukan akan menimbulkan rasa nyaman yang begitu besar. Rasa capek seharian kerja, mumet dengan berbagai tekanan dan masalah yang dihadapi, semua akan terasa lebih baik dan nyaman hanya dengan pelukan dari pasangan halal. Dijamin keletihanmu akan berkurang sedikit di sini. Omong-omong, kamu sering langsung peluk si dia ketika pulang kerja, nggak? πŸ˜€

4. Siapa sangka kalau setelah dipeluk, kamu bakal tambah kuat dan percaya diri? Jadi nggak ada keraguan menjalani hidup bersamanya

jadi tambah percaya diri via www.kpopmap.com

Rasa bahagia dan pembawaan yang ceria dari pelukan ternyata bisa berpengaruh pada dirimu yang makin percaya diri. Hal-hal seperti itu juga membuat karaktermu yang menguat dan yakin untuk memutuskan suatu hal. Nggak cuma itu, kamu pun nggak ragu lagi dalam menjalani hidup bersamanya. Karena pelukan yang diberikannya selalu sukses membuatmu lebih kuat dan yakin menempuh berbagai hal dengannya.

5. Pelukan ternyata juga bisa hilangkan rasa takut atau khawatir berlebihan yang kalian hadapi saat ini

bantu hilangkan rasa takut dan khawatir via unsplash.com

Ada alasan kenapa bayi menangis dan ketika kamu memeluknya, maka tangis itu akan berhenti. Memeluk bukan hanya alat untuk menenangkan, tapi juga meyakinkan. Dan pada saat itu juga, segala rasa takut dan khawatir berlebihan akan berkurang atau bahkan menghilang.

6. Pelukan juga bisa menenangkan suasana. Sehingga pertengkaran yang tak perlu pun bisa dihindari sebisanya

menenangkan hari dan pikiran via pixabay.com

Dalam menjalani hubungan, tentu terdapat berbagai hal yang terjadi di luar ekspektasi. Tanpa disangka, bisa saja muncul pertengkaran yang sebenarnya tak perlu terjadi. Hal-hal itu bisa membuat hubungan kalian renggang, hati pun jadi gundah. Nah dengan pelukan, pertengkaran seperti itu bisa dihindari.

Membuat satu sama lain sadar kalau cinta dan kasih sayang lebih berharga dibanding pertengkaran yang nggak penting.

Pelukan bukanlah kontak fisik semata. Karena di baliknya, terdapat makna emosional yang memengaruhi diri tiap orang yang melakukannya. Dengan pelukan, terlebih disertai cinta dan kasih sayang, maka hubungan kalian akan semakin harmonis dan tambah mesra. Oh ya, manfaat baik pelukan ini bukan hanya dalam konteks hubungan dengan pasangan lo ya. Melainkan bisa juga dengan keluarga, saudara, dan teman. Jadi buat kamu yang masih jomblo, bisa sering-sering memeluk orangtua, saudara, ataupun teman dekatmu πŸ™‚

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya