Tahun baru bentar lagi nih. Kamu kok masih saja sendiri?

Tahun ini mungkin menjadi tahun terberat dalam hidupmu. Mulai pekerjaan yang semakin sulit dicari, tanggungjawab yang datang silih berganti sampai satu hal yang masih menjadi misteri: dari sekian banyak orang, kenapa tahun ini kamu masih sendiri?! Padahal kalau dilihat dari keseharian, kamu orangnya termasuk gampang dalam berteman. Ketika ada yang mendekati pun kamu selalu welcome. Namun ujung-ujungnya kamu masih sendiri juga, bahkan sampai tahun ini tinggal beberapa saat lagi.

Advertisement

Untukmu yang masih sendiri meski tahun segera berganti, yuk angkat kepalamu lagi dengan pahami hal-hal ini.

1. Setahun ini kamu memang harus menopang hidupmu sendiri. Mulai dari pergi kondangan sampai menuntaskan kesedihan

Tahun ini merupakan tahun terberat~ via www.pexels.com

Tahun-tahun sebelumnya kamu memang terbiasa sendiri. Memang sih kamu pernah menikmati indahnya menjalin sebuah hubungan, tapi itu udah lama sekali. Saking lamanya kamu sampai nggak ingat lagi rasanya hati berdebar saat diusap kepalamu untuk pertama kali.

Nah di tahun ini, semesta kembali memintamu untuk lebih berbesar hati. Sebab dari sekian banyak sosok yang mendekati, tak ada satupun yang buatmu nyaman dan menggenapkan. Pergi kondangan sampai melewati kesedihan, semuanya harus kamu jalani dengan seorang diri. Kalau dipikir-pikir lagi, kadang rasanya miris sekali.

2. Meski dari luar kamu terlihat baik-baik saja, tapi ada beberapa masa kamu pasti merasa hampa dan hidup ini terasa kurang geregetnya

Kadang kamu ingin juga seperti mereka via www.pexels.com

Advertisement

Kamu kok bisa sih ngapa-ngapain sendiri meski nggak ada pacar?

Ah biasa saja kok~ *padahal dalam hati ingin punya pacar juga*

Hampir setiap temanmu heran dengan kesendirianmu. Sebab dari pandangan mereka, kamu adalah sosok tegar dan bisa melakukan apapun sendirian. Sedangkan kebanyakan dari mereka harus mengandalkan pacar. Padahal kalau mau jujur, di balik ketegaran yang ada, kadang kamu merasa nggak baik-baik saja. Kamu ingin seperti mereka yang didampingi pacar setiap mau melakukan sesuatu.

3. Namun tak kunjung menemukan pengisi hati buatmu jauh lebih mandiri dibandingkan mereka yang kemana-mana ditemani

Kamu jelas lebih mandiri via www.pexels.com

Meskipun tahun ini kamu masih sendiri, jangan jadikan itu hal yang buatmu menundukkan kepala. Justru satu tahunmu ini adalah saat-saat yang paling berharga. Meski tanpa pacar, kamu bisa membuktikan kalau kamu bisa lebih mandiri. Pergi kondangan atau melewati tiap kesedihan, semua bisa kamu lewati sendiri. Level kemandirianmu pun jelas berkembang daripada saat dulu kamu punya pacar. Coba direnungi lagi, kamu lebih mandiri saat sendiri atau dulu pas ada pacar?

4. Kamu juga memberikan dirimu kesempatan lebih besar untuk banyak mencoba tanpa takut ada hati yang terluka

Banyak mencoba tanpa ada hati yang terluka via www.pexels.com

Selama masa kesendirianmu, mungkin kamu merasa hidupmu biasa aja. Namun sederet kegiatan seperti, ikut komunitas, jalan-jalan ke tempat yang selama ini kamu impikan, sampai mencoba banyak hal baru, adalah milestone yang mampu membuatmu berada di level hidup yang baru. Di momen ini kamu jelas punya kesempatan untuk mencoba tanpa takut ada hati yang terluka. Pengalam hidupmu pun lebih daripada yang sebelumnya tanpa harus bohong-bohong kecil hanya karena seseorang nggak suka.

5. Untukmu yang belum juga menemukan tambatan hati, selamat! Kamu adalah pemenang karena dedikasimu untuk diri sendiri

Meski nggak punya pasangan, kamu adalah pemenang! via www.pexels.com

Satu tahun ini, 365 hari dengan status masih sendiri akan kamu lewati. Sebelum tahun berganti, coba berikan dirimu apresiasi atas apa yang telah kamu jalani. Sebab tak punya tambatan hati bukan berarti kamu kalah dari orang lain. Sekarang, berikan dirimu selamat karena dalam satu tahun ini kamu sepenuhnya berdedikasi untuk dirimu sendiri.  Berkat kesendirian ini, kamu sudah berkembang sampai sejauh ini. Dengan pengalaman-pengalaman baru yang sudah kamu jalani.

Dear diri sendiri, selamat ya!

Selamat atas status sendiri yang masih kamu genggam selama ini. Berkatmu, diri ini jadi tahu nikmatnya jalan-jalan sendiri atau betapa bangganya pergi kondangan tanpa pasangan.

6. Tak perlu resah karena tahun ini belum bertemu dengannya yang menggenapkan. Percaya saja kalau sudah waktunya kalian pasti dipertemukan

Dia sebenarnya dekat, hanya waktunya saja yang belum tepat via www.pexels.com

Tahun ini kamu memang belum dipertemukan dengan dia yang menggenapkan. Namun kamu tak perlu khawatir atau malah meragukan masa depan. Sebab percayalah kalau dia yang memang untukmu sedang dipersiapkan Tuhan. Kamu hanya perlu sedikit lebih bersabar sembari menikmati masa-masa sendirian.

Sekarang yuk kembali angkat kepalamu lagi. Hari-hari di penghujung tahun seperti ini sayang rasanya kalau kamu habiskan dengan menyesali kenapa masih saja sendiri 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya