Walau sudah mengusahakan segala cara, cinta memang terkadang nggak ditakdirkan untuk bisa bertahan selamanya. Dua sejoli yang saling mengasihi bisa putus begitu saja. Tentu rasanya menyakitkan. Apalagi kalau penyebab putus adalah munculnya orang ketiga.

Dibandingkan putus karena alasan yang lain, putus karena diselingkuhi mungkin termasuk yang paling berat untuk dihadapi.

Advertisement

Namun bagaimanakah cara move on setelah hatimu tercabik-cabik luar biasa? Setiap orang pasti punya cara yang paling tepat untuk dirinya. Kalau kamu cewek, barangkali lebih suka curhat pada orang-orang terdekat. Sedangkan kalau kamu cowok, mungkin memilih menyelesaikan masalah sendiri. Ah, cewek dan cowok memang dua makhluk yang berbeda tapi sama-sama istimewa.

1. Setelah diselingkuhi, cewek biasanya malah sering menyalahkan diri sendiri. Rasanya diri ini kurang cantik, kurang pintar, atau kurang lainnya sampai sang kekasih berpaling hati

Sedih rasanya via unsplash.com

Diselingkuhi bisa membuat hatimu hancur karena merasa kurang pantas untuk sang kekasih. Padahal mungkin kamu sudah berusaha keras untuk menyenangkan dirinya. Apakah jangan-jangan itu belum cukup? Seketika kamu pun merasa kurang cantik, kurang pintar, dan kurang segalanya. Sebagai cewek, kamu memang lebih mudah tenggelam dalam emosi tak berujung. Namun sebaiknya jangan terperdaya oleh emosimu sendiri. Yakinlah kalau dirimu juga berharga.

2. Sementara cowok cenderung sering marah besar kalau diselingkuhi. Harga diri mereka seakan-akan terluka hebat karena “kalah” dari cowok lain secara nggak terhormat

Marah banget! via unsplash.com

Walau enggan mengakui, sebenarnya cowok mungkin malu ketika diselingkuhi karena merasa kalah hebat dibanding cowok lain. Seringkali juga sampai berkelahi atau baku hantam untuk meluapkan amarah tersebut. Untuk menghadapi fase ini, lebih baik banyak-banyaklah bersabar. Jangan sampai amarah sesaat membuatmu melakukan kesalahan yang fatal.

3. Untuk mengusir rasa sedih, cewek biasanya curhat panjang lebar ke orang terdekat. Sebab mereka butuh dikuatkan dan dibela oleh orang terdekat

Meluapkan perasaan via unsplash.com

Advertisement

Kesedihan yang tiada akhir membuat dirimu tak sanggup menahannya lagi. Untuk melampiaskan perasaan, kamu yang cewek biasanya suka curhat pada orang-orang terdekat. Pasti lega rasanya setelah menuangkan segala pikiran dan kecemasan. Sebagai cewek, kamu pun nggak malu buat melakukan itu, karena nggak ada tuntutan untuk selalu terlihat kuat seperti cowok.

4. Berbeda dengan cewek, cowok justru menyimpan rapat-rapat pengalaman diselingkuhi. Karena merasa malu, mereka memilih mengobati luka sendiri

Cukup sendirian aja via unsplash.com

Sebagai cowok, barangkali kamu menganggap pengalaman diselingkuhi sebagai aib yang memalukan. Tak heran kalau kamu memilih untuk menutup mulut rapat-rapat. Enggan rasanya menceritakan hal itu ke orang lain, sebab takut dirimu kelihatan lemah. Kamu pun berusaha menyembuhkan lukamu sendiri setelah diselingkuhi. Menangis dan galau sendirian di rumah adalah kegiatan sehari-hari. Namun bisa juga menyibukkan diri dengan berbagai kesibukan agar lupa hal buruk yang terjadi.

5. Setelah diselingkuhi, cewek merasa ragu untuk membangun hubungan baru. Takut jangan-jangan bakal diduakan lagi di masa depan

Hati ini masih ragu via unsplash.com

Kepercayaan yang dirusak tentu sulit untuk pulih begitu saja. Barangkali itulah yang dirasakan olehmu setelah diselingkuhi. Sebagai cewek, kamu trauma untuk memulai hubungan yang baru. Sungguh sayang, padahal mungkin kebahagiaan menanti di masa depan. Namun biasanya cewek memang buat waktu lebih lama untuk memulihkan dirinya paska diselingkuhi. Kamu tak perlu asal-asalan pacaran hanya supaya tak kesepian. Lebih baik menunggu hingga saatnya tepat.

6. Namun cowok biasanya justru lebih berani berkencan lagi. Bahkan lebih cepat mencari pasangan baru untuk melupakan kekasih yang selingkuh di masa lalu

Mesra bersama orang baru via unsplash.com

Barangkali kamu yang cowok justru gencar mencari pelampiasan. Sebab kamu membutuhkan orang baru untuk mengalihkan pikiran dari yang lama. Memang ada rasa takut bakal diselingkuhi lagi, tetapi itu tak membuat dirimu gentar. Karena itulah biasanya para cowok membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk move on. Walaupun begitu, tentu kamu tak akan melupakan hal buruk begitu saja. Pengalaman diselingkuhi bisa membuatmu lebih waspada pada pasangan.

Itulah perbedaaan proses move on cewek dan cowok setelah diselingkuhi. Ternyata masing-masing mempunyai cara sendiri untuk menyembuhkan diri. Apakah sesuai denganmu? Kalau masih merasa sulit, biarkanlah waktu yang menyembuhkan. Pada akhirnya setiap orang pasti bisa move on dan mendapat pasangan yang lebih baik. Jadi diselingkuhi bukanlah akhir dari hidupmu!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya