Belajar Menjaga Hubungan dari Pasangan yang Menikah Selama 86 Tahun, Ternyata Rahasianya Sederhana

Pasangan menikah terlama

Apakah cinta sejati itu ada? Barangkali kamu pernah bertanya-tanya dalam hati. Jatuh cinta pada seseorang memang mudah. Rasanya bahagia saat menjalin hubungan dengan orang yang kita sayang. Namun, tak semua pasangan bisa bertahan lama. Banyak yang berpisah di tengah jalan karena berbagai alasan.

Advertisement

Lantas bagaimana cara menjaga cinta agar bisa bertahan selamanya? Mari kita belajar dari Herbert dan Zelmyra Fisher, pasangan suami istri yang sudah menikah selama 86 tahun ini disebut-sebut sebagai pasangan dengan pernikahan terlama di dunia. Apa rahasianya ya? Menurut mereka, ternyata tips-tipsnya cukup sederhana dan sebenarnya bisa diterapkan siapa saja.

Herbert dan Zelmyra Fisher menikah selama 86 tahun. Mereka telah melalui berbagai masa sulit bersama, termasuk Perang Dunia II

Herbert dan Zelmyra Fisher via mymodernmet.com

Herbert lahir pada 1905, sedangkan Zelmyra lahir pada 1907. Mereka tumbuh besar bersama di Amerika dan menjadi teman akrab. Perlahan-lahan tumbuh benih cinta di antara keduanya. Herbert dan Zelmyra pun memutuskan untuk menikah pada 1924. Dalam usia yang sangat muda, mereka mengalami masa-masa sulit sepanjang tahun 1920-an. Namun Zelmyra berkata kalau Herbert adalah suami yang baik karena selalu bekerja keras demi keluarganya.

Satu demi satu masa sulit pun mereka lalui bersama. Herbert dan Zelmyra menjadi saksi sejarah selama delapan dekade. Mulai dari Perang Dunia II, Perang Korea, Perang Vietnam, hingga 15 kali pemilihan umum. Seiring berjalannya waktu, hubungan mereka pun menguat. Tak terasa keduanya telah menikah selama puluhan tahun.

Advertisement

Sepanjang pernikahan, mereka berusaha memberi kejutan-kejutan kecil pada pasangannya. Inilah yang membuat cinta bertahan lama

Menikmati waktu berdua via mymodernmet.com

Herbert adalah orang yang sangat romantis. Saat Valentine, dia membuat kejutan untuk sang istri. Herbert sengaja memasak makan malam untuk dinikmati berdua. Sebetulnya kejutan ini sederhana, tetapi terasa sangat berharga bagi Zelmyra. Mereka pun bergantian membuat kejutan semacam itu. Keduanya berusaha saling membahagiakan pasangan.

Ada kalanya Herbert dan Zelmyra berbeda pendapat, tetapi berusaha menyelesaikannya dengan sehat. Mereka sangat menghindari pertengkaran fisik

Herbert dan Zelmyra tetap mesra via www.hipwee.com

Berbeda pendapat adalah hal yang biasa. Pasangan ini justru berkata bahwa perdebatan dibutuhkan supaya tak terjadi salah paham. Namun mereka selalu berusaha menyelesaikannya dengan sehat. Herbert dan Zelmyra sangat menghindari pertengkaran fisik, sebab hal tersebut hal tersebut bisa menyakiti pasangan dari luar dan dalam.

Pasangan suami istri ini tak sekalipun berpikir untuk bercerai. Mereka berusaha selalu mendampingi sampai maut memisahkan

Advertisement

Pasangan yang sudah menikah 86 tahun via onedio.com

Bagi Herbert dan Zelmyra, perceraian sama sekali bukan pilihan. Mereka berusaha menyelesaikan masalah tanpa tergesa-gesa mengucap perpisahan. Itulah yang membuat pernikahan keduanya bertahan begitu lama. Pasangan ini pun mempunyai 5 anak, 10 cucu, dan 9 cicit. Setelah anak-anaknya dewasa, Herbert dan Zelmyra lebih sering menghabiskan waktu berdua sembari bercakap-cakap.

Hubungan kedua insan ini seolah tak akan pernah berakhir. Namun akhirnya, maut memisahkan mereka tatkala Herbert meninggal pada 2011 dalam usia 105 tahun. Saat itu keduanya telah menikah selama 86 tahun dan 290 hari. Dua tahun kemudian, Zelmyra menyusul kepergiannya pada 2013 dalam usia 105 tahun juga. Walau keduanya telah tiada, kisah cinta mereka akan selalu dikenang dunia. Apalagi Herbert dan Zelmyra pernah mencetak rekor Guiness World Record sebagai pasangan dengan pernikahan terlama pada 2011.

Dari Herbert dan Zelmyra, kita tahu kalau cinta sejati itu ada. Yang penting adalah saling percaya dan selalu setia

Herbert dan Zelmyra berpegangan tangan via mymodernmet.com

Tak perlu berusaha muluk-muluk untuk menjadi seperti Herbert dan Zelmyra. Sebab rahasianya terletak pada hal sederhana. Untuk menjaga hubungan agar tetap langgeng, yang paling penting adalah saling percaya dan selalu setia. Usahakan untuk mempunyai komunikasi yang baik dengan pasangan. Kalau dijalani dengan sabar, tentu hubungan akan awet sampai kapanpun.

Tak perlu mencari pasangan yang sempurna. Sebab yang penting adalah upaya kita untuk selalu menjalin cinta bersama. Semoga kisah cintamu pun bisa seindah Herbert dan Zelmyra, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE