Yang, bagi password Instagram dong. Mau ngecek siapa aja yang DM kamu~

Setiap manusia pasti punya hal-hal yang tak ingin dibagikan kepada orang lain. Entah karena berhubungan dengan masa lalu yang kelam, kegagalan, atau memang belum saatnya diceritakan. Termasuk saat tengah menjalani hubungan dengan seseorang. Privasi kadang digadaikan hanya untuk label cinta dan kasih sayang. Bahkan ada beberapa kasus yang melanggar privasi seseorang oleh pacar sendiri karena terlalu larut dalam rasa penasaran.

Advertisement

Lalu bagaimana privasi dalam pacaran itu di mata cewek-cewek di era millenials? Hipwee berhasil mengumpulkan beberapa cewek yang tengah menjalani masa pacaran yang cukup lama. Mereka berbagi pendapatnya khusus untuk kamu semua. Siapa tahu ada yang masih kebingungan tentang bagaimana seharusnya menjaga privasi sama pacar sendiri.

1. Ibarat sandang, pangan, dan papan, privasi kita ke pacar itu kebutuhan. Apalagi dia masih berstatus pacar

Privasi itu kebutuhan via unsplash.com

Penting dong! Setiap orang punya privasi. Mau itu ke pacar, privasi itu hak dan kebutuhan. Nggak semua hal harus diceritain. Apalagi cuma ke pacar belum jadi suami.

(Dianah, usia pacaran 17 bulan)

2. Kalau ngaku sayang pacar, mestinya nggak memaksa untuk beri tahu hal yang bersifat pribadi

Katanya sayang? via unsplash.com

Menjaga privasi itu penting buat cewek. Dan aku nggak suka kalau pacar itu memaksa buat tahu sesuatu dengan alasan karena sayang. Toh kalau beneran sayang, dia nggak menghargai dan nggak melanggar privasi kan?

(Sasa, mahasiswa baru yang nggak suka dipaksa)

3.  Cewek juga manusia. Ada hal-hal yang inginnya disimpan sendiri. Kalaupun ada yang ingin dibagi, pasti ada waktunya sendiri

Akan ada waktunya sendiri via unsplash.com

Advertisement

Menurutku itu penting. Sebab setiap manusia punya privasi masing-masing. Sejak awal aku dan pasangan sepakat untuk sama-sama punya privasi dan share jika udah waktunya. Jadi kita selow aja dan nggak saling memaksa.

(Wilda, sedang menjalani hubungan yang serius)

4. Privasi itu seperti me-time buat cewek. Penting tapi nggak kaku juga. Fleksibel!

Privasi itu penting dan fleksibel via unsplash.com

Menurutku menjaga privasi sama kayak me time sih, misal duduk di cafe sendiri tanpa pasangan. Kalo soal password media sosial atau email sih nggak begitu penting menurutku. Asal pasangan mau minta, ya kasih aja. Toh itu buat bentengin kita dari hal aneh-aneh.

(Silvia, calon ibu yang ulet dan gigih)

5. Sebab nggak semua hal bisa kita bagikan sama pacar. Lebih baik dibatasi, daripada membahayakan hubungan

Nggak semuanya bisa dibagi via unsplash.com

Penting! Soalnya nggak semua kehidupan kita harus diketahui sama pacar. Pun sebaliknya. Ada privasi tertentu yang kalau saling dibeberkan malah memicu konflik dalam hubungan

(Nirad, sedang berkonsentrasi penuh untuk persiapan nikah)

6. Cewek juga butuh ruang gerak untuk berekspresi. Salah satunya lewat privasi dalam bermedia sosial

Privasi itu ruang buat kami bergerak via unsplash.com

Menurutku privasi itu penting banget. Apalagi privasi soal media sosial. Karena apa? Pertama, kita jadi punya banyak ruang gerak. Nggak dibatasi sama pacar. Mau update apapun bebas. Kedua, media sosial biasa sepenuhnya milik kita. Keputusan mau jadiin apa media sosial sepenuhnya jadi milik kita.

(Lebah, dalam proses menaikkan berat badan)

7. Berbagi sesuatu dengan pacar itu hal yang wajar. Tapi nggak semua hal harus dibagikan ke pacar

Berbagi itu wajar, asal nggak berlebihan via unsplash.com

Kalau aku pribadi, privasi itu penting ya. Soalnya ya manusia kan, ada hal-hal yang perlu disimpan sendiri. Kalau di aku, berbagi hal-hal pribadi sama pacar itu wajar tapi tentu saja dibatasi. Kebetulan untuk password media sosial, aku pernah ngasih tahu ke pacar, tapi dasarnya dia pelupa. Ya udah aman-aman aja~

(Sinatra, hobi gambar tapi belum buka jasa hadiah wisudaan)

8. Nggak suka menganggu privasi orang, sekalipun pacar. Makanya hal itu penting bagi dunia cewek yang tengah menjalani hubungan

Kalau nggak mau diganggu, ya jangan menganggu privasi orang lain via unsplash.com

Privasi itu penting. Paling nggak bagi aku sendiri. Aku nggak pernah ganggu privasi dia. Soalnya aku nggak suka kalau dia ganggu privasiku. Bahkan dia main game pun aku nggak masalah. Buka-buka HP-nya pun jarang, kecuali kalau dia yang nunjukin sesuatu ke aku.

(Anggi, suka olahraga, jalan-jalan, dan suka sama dia. Cie~)

9. Privasi akan selalu penting untuk dijaga. Apalagi kalau kamu dan dia sudah pacaran dalam waktu yang cukup lama

Privasi itu akan selamanya penting dijaga via unsplash.com

Kalo menurutku, yang namanya privasi akan selalu penting untuk dijaga meskipun sama pacar yang udah jalan lama. Tapi, seiring berjalannya waktu, privasi akan jadi nggak penting ketika kamu dan pasanganmu udah sama-sama memahami dan saling percaya. Tahap pacaranku udah yang buka-bukaan tentang apapun tapi tetap saling menghormati. Contohnya ketika mau pinjem sosmed pasangan ya tetep izin, nggak seenaknya.

(Bude Meily, doyan banget sama yoga)

10. Belum tentu pacar yang sekarang adalah jodoh di masa depan. Jadi apa yang semestinya jadi privasi, perlu dipertahankan sampai nanti

Antisipasi aja via unsplash.com

Penting banget, say~ Apalagi buat cewek di era millenials ini. Salah satunya soal media sosial yang jadi cerminan diri kita. Toh belum tentu juga pacar yang sekarang itu jodoh kita. Masih ada kemungkinan untuk bubaran. Jadi ya antisipasi aja.

(Sansan, gadis dengan foto profil berlatar bunga matahari)

Dari semua pendapat di atas, semua menyebutkan bahwa menjaga privasi itu penting dalam hubungan. Alasannya pun bermacam-macam. Ada yang memperjuangkan haknya sebagai pribadi hingga belum pastinya pacar adalah jodoh mereka nanti. Kalau menurutmu gimana? Apakah menjaga privasi selama pacaran itu penting? Yuk, tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya