Pacaran satu kota saja memerlukan pengorbanan supaya bisa terus berjalan dengan baik. Apalagi kalian yang berbeda kota, yang dipisahkan oleh ratusan bahkan ribuan kilometer. Kalau ingin bertemu saja harus menunggu berbulan-bulan. Komunikasi sebatas percakapan lewat telepon, bertatap muka pun hanya lewat layar ponsel atau laptop. Soal rindu pun tak perlu ditanyakan lagi bagaimana rasa menahannya.

Sementara kamu sebagai cewek terkadang bertanya dalam hati, dia di sana serius atau tidak denganmu. Kalaupun dia serius, apakah ada pengorbanannya untuk terus melanggengkan hubungan kalian? Kira-kira seperti apa juga bentuk pengorbanannya?

1. Saat akhir pekan tiba, dia lebih sering meneleponmu berjam-jam lamanya

Meski jauh kalian tetap punya 'quality time'

Meski jauh kalian tetap punya ‘quality time’ via unsplash.com

Advertisement

Pacaran jarak jauh memang memberi kesempatan ke kamu atau dia untuk punya waktu lebih banyak ke keluarga dan teman. Sebab jarak membuat kalian tak bisa menggunakan waktu untuk jalan berdua dengan pasangan. Tapi, alih-alih lebih sering menghabiskan waktu dengan teman-temannya, ternyata cowokmu punya cara sendiri menyikapi hal ini. Cowokmu tetap mementingkan quality time bersamamu, tak masalah jika itu hanya sebatas telepon biasa atau dengan video juga. Terkadang saat bersama teman-temannya pun dia masih menyempatkan diri untuk menghubungimu.

Atau biasanya dia menggunakan waktu kalian untuk menikmati kebersamaan dengan dirinya sendiri alias ‘me time’. Entah hanya di kamar seharian menikmati buku, musik, film atau tidur sepanjang hari. Entah pergi ke suatu tempat sendiri. Sebab bisa saja baginya, rindu itu seperti sepi yang rasanya sangat mencekam, tapi juga buatmu penasaran.

2. Setiap kali kamu marah, setiap itu pula dia akan lebih bersabar dan mengemongmu

sabar menghadapimu yang marah-marah lewat Chat

sabar menghadapimu yang marah-marah lewat chat via www.nessakphotography.com

Miss komunikasi untuk pejuang jarak jauh itu bukan lagi hal yang tabu. Karena memang itu yang seringnya jadi penyebab kamu dan dia salah paham. Tapi cowokmu ini selalu paham bagaimana menghadapi kamu yang lebih sensitif untuk urusan semacam ini. Dia tahu saat-saat kamu sedang merajuk bahkan marah hanya lewat pesan atau chat.

Advertisement

Dia paham bagaimana menghadapinya selain mengajakmu berbicara baik-baik saat itu juga, dirinya pun harus lebih bersabar. Perlahan tapi pasti dia pula yang membuatmu perlahan-lahan mengubah sifat burukmu, seperti pemarah atau keras kepala ini. Dia seperti halnya sahabat sekaligus kakak untukmu.

3. Mengirim kejutan dari jauh untukmu, sebab jarak bukan alasan untuk tak bisa membahagiakanmu

kejutan darinya

kejutan darinya via unsplash.com

Cewek mana yang menolak jika diberi sebuah kejutan. Apalagi jika kejutannya itu datang dari pasangannya yang berada di ribuan kilometer sana. Membuat kamu benar-benar merasa dipedulikan sekalipun kalian berjauhan. Membuat kamu mengerti tentang usahannya untuk membahagiakanmu yang bukan cuma di ucapan saja.

4. Menjaga sikap dengan teman-teman perempuannya. Tak hanya cegah cemburu, tapi demi menguatkan kepercayaan

Menjaga sikap

Menjaga sikap via www.nessakphotography.com

Kata orang pacaran jarak jauh itu rawan perselingkuhan. Entah cewek atau cowok sebenarnya punya kemungkinan untuk melakukan itu. Tapi berbeda dengan dia yang paham dengan kepercayaan yang diberikan. Tanpa perlu kamu minta dan tahu, ternyata dia diam-diam menjaga sikap serta ucapan kepada teman-temannya yang perempuan. Dia meladeni teman-temannya jika memang ada suatu keperluan.

Cara bicaranya pun biasa saja, tidak terlalu ramah sehingga bisa menimbulkan kesalahpahaman. Tapi yang pasti usahanya ini salah satu pengorbanan dia untuk mencegahmu cemburu buta, dan pada akhirnya berpengaruh pula terhadap kepercayaan kamu.

5. Mau semahal apa tiket yang harus dibayar, cowokmu tetap dengan senang hati datang menghampirimu

datang menghampirimu

datang menghampirimu via www.nessakphotography.com

Kok mau sih pacaran jarak jauh? Udah jarang ketemu, modal untuk ketemuan, atau komunikasinya saja mahal.

Sudah banyak yang mengatakan hal itu baik ke kamu atau ke dia. Berbeda kota saja harga tiket yang harus dikeluarkan bisa lebih dari seratus ribu untuk sekali perjalanan. Apalagi yang LDR beda negara, tiketnya sudah pasti jauh lebih mahal.

Beruntungnya, cowokmu ini bukan tipe orang yang hitung-hitungan soal materi. Dia tak pernah keberatan jika harus membayar tiket pulang dengan harga cukup mahal. Sebab yang paling penting itu perasaan puas saat rindu tuntas oleh pertemuan dan kebersamaan. Jadi memang dia dengan sangat senang hati datang menghampirimu.

6. Dan saat bersama dia, segala maumu tak pernah ragu dia turuti

menuruti apapun maumu

menuruti apapun maumu via www.nessakphotography.com

Yang, minggu depan jalan-jalan ke Bandung ya? Mumpung kamu masih di Jakarta.

Oke. Tapi besok ini jadi ‘kan aku temani ke Batavia Cafe?

Jadi. Eh iya kamu udah pesanin aku CD lagunya ERK?

Itu juga sudah

Pertemuan memang saat-saat paling menyenangkan untuk kamu ataupun dia. Kalian tak hanya bisa berbagi cerita. Tapi senangnya, cowokmu ini mendadak seperti peri yang baiknya tak ketulungan. Karena dia selalu saja menuruti apapun yang dirimu mau, seperti menemani kapan pun kamu mau, sampai membelikan barang-barang yang sedang kamu ingini sekali.

Setidaknya sikap-sikap cowokmu yang Hipwee Hubungan jabarkan di atas murni tanda jika dia serius dengan kamu dan hubungan jarak jauh ini. Sebab belum tentu juga cowok lain di luar sana bisa memberi pengorbanan seperti yang dilakukan cowokmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya