Rasanya Punya Hewan Peliharaan Sejak Kecil, Mereka itu Sumber Kebahagiaan yang Tak Terkira

Perasaan pemilik hewan peliharaan

Bagaimana rasanya mempunyai hewan peliharaan? Kita baru bisa merasakannya kalau sudah mengalami sendiri. Sebelumnya, mungkin kita mengira kalau hewan peliharaan hanya merepotkan saja. Sebab mereka harus diberi makan dan dimandikan setiap harinya. Belum lagi kalau mereka buang kotoran di mana-mana, wah, tentu membuat tugas kita jadi bertambah.

Advertisement

Namun di balik sederet kerepotan itu, hewan peliharaan bisa membawa kebahagiaan yang tak terkira pada pemiliknya. Entah mereka kucing, anjing, kelinci, hamster, atau lainnya. Mereka akan membuat kita tersenyum setiap hari bahkan di saat sulit sekalipun. Berikut ini adalah hal-hal yang biasanya dirasakan pemilik hewan peliharaan.

1. Karena dirawat sejak kecil, hewan peliharaan terasa bagaikan sahabat setia atau anak kesayangan. Setiap hari disayang sepenuh hati

Dipelihara sejak kecil / Credit: Anton Darius via unsplash.com

Banyak orang yang merawat hewan sejak masih kecil. Ada yang mengadopsinya dari orang lain, ada juga yang memungutnya di jalan karena terlantar. Barangkali awalnya kita ragu harus mengurus seperti apa. Namun lama-kelamaan, muncul kasih sayang dan ikatan batin dengan mereka. Apalagi kalau sudah merawatnya bertahun-tahun sejak masih kecil, tentu terasa lebih istimewa. Mereka sudah seperti anak kita sendiri yang disayangi sepenuh hati. Layaknya orang tua, kita pun berharap agar mereka bisa tumbuh besar dengan baik.

2. Memelihara hewan kesayangan membuat kita belajar tanggung jawab. Sebab tak mudah merawatnya agar selalu sehat

Disayangi sepenuh hati / Credit: Sam Manns via unsplash.com

Begitu memelihara hewan, kita tak boleh bersikap seenaknya. Sebab nyawa mereka ada di tangan kita. Mereka bisa kelaparan kalau lupa diberi makan. Bahkan kalau tak diperhatikan kesehatannya, mereka bisa jatuh sakit dan menderita. Karena itulah kita harus berkomitmen sepenuhnya untuk merawat hewan dengan baik. Mulai dari memberi makan, memandikan, membersihkan kotoran, sampai mengantar ke dokter. Perlahan-lahan kebiasaan itu akan membuat kita menjadi orang yang lebih bertanggung jawab.

Advertisement

3. Memiliki hewan peliharaan, rasanya kita tak pernah kesepian. Sebab mereka selalu bisa diajak bermain bersama

Bersama kesayangan / Credit: Clint McKoy via unsplash.com

Hari-hari kita tak akan sepi jika mempunyai hewan peliharaan. Sebab ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan mereka. Yang paling asyik adalah saat bermain bersama. Berbeda dengan manusia, hewan peliharaan begitu mudah disenangkan. Mereka sudah gembira hanya dengan bermain lempar kayu. Begitu pula kalau diajak berjalan-jalan di sekitar rumah. Bahkan bermalas-malasan bersama saja sudah terasa menyenangkan. Kita pun tak pernah kesepian berkat mereka.

4. Saat kita sedih dan merasa tak punya siapa-siapa, hewan peliharaan akan selalu ada. Mereka adalah teman kita yang paling setia

Menemani saat sedih / Credit: Mael BALLAND via unsplash.com

Adakalanya kita sedih dan merasa tak ada orang yang bisa memahami. Saat itulah keberadaan hewan peliharaan begitu berarti. Tanpa menuntut apa pun, mereka menghampiri dan duduk tenang di sebelah kita. Seolah mereka tahu kalau kita sedang sedih dan butuh dihibur. Perasaan kita pun akan menjadi lega kalau memeluk tubuh mereka yang hangat dan empuk. Maka tak berlebihan kalau hewan peliharaan disebut teman yang paling setia, sebab selalu ada bahkan di saat paling menyedihkan dalam hidup kita.

5. Suatu saat nanti, akan tiba waktunya peliharaan kita pergi dari dunia. Jadi marilah kita nikmati momen berharga ini bersama

Advertisement

Selalu menemani / Credit: Cassiano Psomas via unsplash.com

Rasanya sangat bahagia bisa melewatkan waktu bersama hewan peliharaan setiap harinya. Namun kita tahu, umur mereka tak akan sepanjang umur kita. Bisa saja mereka akan meninggal duluan dan pergi dari dunia. Pikiran itu membuat kita sangat sedih karena takut kehilangan. Tak rela rasanya kalau hewan yang disayangi dan dirawat sejak kecil harus pergi meninggalkan kita. Namun apa boleh buat, setiap makhluk mempunyai jatah umurnya sendiri. Kita harus ikhlas jika suatu saat sang peliharaan harus pergi.

Sebelum waktu itu tiba, mari kita habiskan waktu sebanyak mungkin dengan hewan peliharaan. Penuhi kebutuhannya dan buat mereka senang dengan bermain bersama. Walaupun tak bisa bicara, sang peliharaan akan memperlihatkan rasa terima kasihnya, misalnya dengan bermanja-manja pada kita. Sungguh, kita adalah orang yang beruntung karena bisa memberi dan menerima cinta dari hewan peliharaan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE