Ibarat jalan yang nggak selalu lurus, hubunganmu dengannya pun tak akan selalu mulus. Ada kalanya hubunganmu sedang sayang-sayangan, sehingga kamu berpikir bahwa kamu beruntung memilikinya. Ada pula saatnya hubungan kalian dirundung masalah yang membuatmu berpikir ingin menyudahinya saja.

Perselisihan atau pertengkaran yang muncul dalam hubungan itu hal yang sangat wajar. Rasanya tak ada hubungan yang tak ada permasalahan di dalamnya. Yang berbeda hanyalah cara masing-masing pasangan menyikapinya. Dan percayalah, nggak ada pertengkaran yang nggak bisa diselesaikan, apabila hal-hal ini kamu lakukan.

1. Membiarkan dia menebak-nebak pikiranmu bukanlah hal yang benar, jadi utarakan apa maksudmu

Utarakan apa yang kamu pikirkan via www.pexels.com

Advertisement

Kebanyakan cewek kalau lagi bertengkar dengan pasangan akan membiarkan sang pacar untuk menerka-nerka apa yang sedang ada dipikirannya. Berharap, sang kekasih bisa mengerti dan paham apa yang sebenarnya diinginkan. Tapi kenyataannya, pasanganmu bukanlah seseorang yang bisa membaca pikiran. Jawaban “nggak tahu” atau “pikir aja sendiri” bukanlah solusi atas pertengkaran yang sedang kalian hadapi.

Jadi, jika ingin pertengkaranmu bisa selesai, maka ungkapkanlah apa yang ada dipikiranmu. Jangan pernah membohongi diri sendiri apalagi membohonginya. Jika dia benar-benar ingin mempertahankan hubungan kalian, maka dia pasti akan mencoba mencerna apa yang kamu ungkapkan padanya.

2. Mendengarkan sudut pandang pasanganmu juga penting, bisa jadi apa yang dia katakan ada benarnya

Dengarkan sudut pandang dari pasangan via www.pexels.com

Menyelesaikan masalah tentu harus atas usaha kedua belah pihak. Kamu nggak bisa menyelesaikan masalah dalam hubungan sendiri tanpa usaha yang sama darinya, begitupun sebaliknya. Ketika pertengkaran terjadi, bukan kamu saja yang harus menyelesaikannya, tapi dia pun harus terlibat.

Advertisement

Saling mengungkapkan dan mendengarkan. Dan ada baiknya kamu memposisikan diri jika menjadi dirinya. Cobalah sesekali untuk berpikir berdasarkan sudut pandangnya. Karena bisa jadi apa yang dia katakan ada benarnya. Kamu nggak bisa memaksakan pemikiranmu sendiri jika ingin menyudahi pertengkaran.

3. Kamu tentu tahu bagaimana tipikal pasanganmu, Jadi ya dirimu yang memutuskan harus diam sejenak dan mengalah, atau berusaha menenangkan

Diamkan sejenak atau beri pengertian via unsplash.com

Biasanya, pertengkaran-pertengkaran akan muncul ketika sebuah hubungan telah cukup lama dijalani. Hal ini muncul karena perbedaan pendapat atau mungkin kalian sedang jenuh. Selama hubungan berjalan, tentu kamu semakin mengenal karakternya. Kamu tahu tipikal dia seperti apa ketika berbeda pendapat. Kamu pasti tahu apa yang akan kamu perbuat ketika pertengkaran tak dapat lagi dihindarkan.

Mendiamkannya sejenak sehingga emosi dan amarahnya mereda. Ingat, mengalah bukan berarti kamu menyerah menerima semua apa yang dia lakukan. Hanya saja kamu mencoba untuk lebih dewasa sehingga pertengkaran nggak terus berlanjut.

4. Mengingat kembali kenangan bahagia yang telah dilewati dan harapan masa depan yang menanti mungkin bisa redakan  pertengkaran yang terjadi

Mengingat kembali kenangan indah via www.pexels.com

Satu hal yang mungkin bisa membantumu untuk meredakan dan menyudahi pertengkaranmu dengan pasangan adalah mengingat kembali kenangan-kenangan indah kalian sebelumnya. Apa yang pernah kalian lalui bersama, baik suka maupun duka. Mengingat kembali seperti apa usaha dan perjuanganmu dan dia hingga hubungan kalian bisa sampai di titik ini. Atau mengingat kembali apa saja yang telah kalian rencanakan di masa depan. Percayalah, hal ini perlahan akan membuat emosi dan amarahmu mereda.

5. Menyelesaikan masalah di saat sama-sama emosi akan sangat sulit, saling memberi waktu untuk berpikir masing-masing akan lebih baik

Beri ruang dan waktu untuk masing-masing via www.pexels.com

Pertengkaran bisa dipicu oleh hal apapun. Bahkan hanya karena masalah sepele. Mungkin pertengkaran muncul karena hubunganmu terasa datar dan mulai membosankan. Atau karena kamu akhirnya tahu bagaimana sifat aslinya selama ini. Di sinilah waktu dan ruang untuk menyendiri dibutuhkan.

Kamu dan dia menjaga jarak sebentar saja, agar masing-masing bisa berpikir lebih jernih. Apakah hubungan ini layak dilanjutkan? Atau sebenarnya memang tak ada lagi yang bisa dipertahankan. Tapi biasanya, jika kalian memang benar-benar saling menyayangi, maka waktu menyendiri sejenak itu membuat kalian sadar dengan kesalahan masing-masing.

6. Nggak mengungkit hal lama yang memicu pertengkaran semakin menjadi-jadi

Jangan mengungkit masa lalu via unsplash.com

Baik cewek maupun cowok, pasti ada yang suka mengungkit masalah di masa lalu ketika sedang bertengkar dengan pasangan. Mengulang kembali hal-hal yang seharusnya telah dimaafkan dan dilupakan hanya akan membuat pertengkaran semakin rumit. Hal ini juga menandakan kalau kamu ataupun dia adalah tipe orang yang pendendam dan tak bisa memaafkan.

Bukankah di pertengkaran-pertengkaran kalian telah saling memaafkan dan menyelesaikan masalahnya? Kenapa harus diungkit lagi di pertengkaran yang sekarang? Jangan sampai hal-hal lama yang diungkit kembali ini membuat hubungan kalian nggak berkembang dan hanya berputar di situ-situ saja.

7. Memahami bahwa usai pertengkaran, hubungan kalian bukan semakin berjarak tapi justru semakin mengerti satu sama lain

Pertengkaran untuk saling memahami via www.pexels.com

Paling penting untuk menyelesaikan pertengkaranmu dengan pasangan adalah kalian sebaiknya memahami kalau ada hikmah yang bisa diambil dari pertengkaran ini. Pertama, kalian semakin memahami sifat masing-masing. Kedua, apapun permasalahan yang ada bisa diselesaikan berdua. Belajar dari kesalahan yang telah diperbuat seharusnya membuat hubungan lebih tangguh dari sebelumnya. Membuat kalian merasa lebih dekat, bukan malah menjadikan pertengkaran tersebut untuk mengurai jarak yang membentang semakin panjang.

Semua hubungan itu akan worth it untuk dipertahankan. Jika masing-masing kalian juga berusaha untuk mempertahankannya. Sesulit apapun permasalahannya, serumit apapun pertengkarannya, jika kamu dan dia juga bersikeras untuk memperbaiki dan menjalani hubungan yang lebih baik lagi, maka nggak ada yang nggak mungkin.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya