Putus cinta memberi efek yang berbeda bagi setiap orang yang mengalaminya. Mulai dari nangis seharian, curhat ke sana ke mari, bahkan ada juga yang biasa-biasa saja seakan nggak ada apa-apa. Banyak orang bilang jika cewek yang mengalami putus cinta, mereka akan lebih ekspresif untuk melampiaskan emosinya, semenyedihkan apa pun perasaannya. Berbeda dengan cowok, mereka selalu terlihat tegar dan baik-baik saja. Padahal kenyataannya, cowok lebih rentan terhadap stres saat mengalami kegagalan dalam suatu hubungan. Alhasil, cowok jadi susah move on.

Beberapa kegalauan ini jadi bukti, bahwasanya nggak semua yang ditunjukkan melalui ekspresi cowok tegar itu sesuai dengan apa yang dirasakannya sebenarnya. Sejatinya cowok itu sulit berpaling dan move on dari kesakitannya.

1. Cowok nggak mudah mengungkapkan perasaannya, nggak seterbuka cewek yang cenderung menunjukkan emosi dengan gampangnya

nggak mudah menceritakan perasaannya via unsplash.com

Advertisement

Jika cewek selalu bisa mengumbar apa pun yang tengah ia rasakan untuk menyalurkannya demi mendapat kelegaan, maka nggak sama halnya dengan cowok. Kebanyakan cowok lebih tertutup soal perasaan, mereka hanya akan menceritakannya kepada orang lain jika benar-benar dibutuhkan. Pun gengsi cowok lebih besar soal perasaan. Mereka berusaha cuek, padahal di dalam pikirannya terjadi benang kusut dan kehampaan akibat diputus. Jangan heran jika di tahap ini, banyak cowok yang justru melampiaskan perasaan carut-marutnya dengan melakukan hal-hal negatif ketimbang menceritakannya pada orang lain.

2. Karena tak mau dianggap lemah dan nggak punya harga diri, cowok nggak bisa semudah itu menangis untuk meluapkan apa yang tengah mereka hadapi

nggak gampang menangis via unsplash.com

Cewek lebih beruntung karena bisa menangis dan membiarkan matanya bengkak berhari-hari kapan pun mereka mau. Kondisi yang berbeda terjadi pada cowok, harga diri mereka nggak mengizinkannya untuk menangis, apalagi karena cinta, hal ini akan membuat mereka dianggap lemah. Padahal, menangis sangat berguna untuk melepaskan ketegangan. Percayalah, hati cowok sama sakitnya dengan yang cewek rasakan, bahkan bebannya sulit hilang karena mereka nggak bisa melampiaskan emosinya lewat tangisan.

3. Cewek mendapat peran tersendiri di mata para cowok. Ketika hubungannya terputus, cowok bagai kehilangan tempat bersandar

kehilangan tempat bersandar via unsplash.com

Dalam hubungan, cewek memiliki peran yang sangat penting bagi cowok, yaitu sebagai tempat berbagi suka dan duka mereka. Cowok pun membutuhkan sosok yang memerhatikan mereka dalam banyak aspek. Ketika sosok ini hilang, maka sumber perhatian, tempat berbagi, dan tempat bersandar secara emosional juga ikut menghilang. Cowok nggak begitu pintar menemukan sosok pengganti untuk menstabilkan kegalauan mereka. Hal ini yang membuat cowok lebih sulit move on dan bahkan semakin terluka.

4. Cowok lebih sulit memulai hubungan baru dan menemukan kenyamanan yang sama dengan pasangan lamanya

nggak mudah menjalin hubungan baru via unsplash.com

Advertisement

Pasca putus, kemungkinan cowok akan bersemangat untuk berkencan dengan banyak cewek. Namun setelah beberapa lama, cowok ini akan menyadari bahwa mereka membutuhkan waktu yang lama untuk bisa merasakan nyaman seperti bersama sang mantan. Ya, ini hanyalah pelarian cowok untuk menutupi rasa sedihnya. Kebanyakan cowok nggak mempersiapkan kemungkinan putus saat menjalin hubungan. Terkadang setelah putus,  cowok baru menyadari bahwa dia sangat beruntung memiliki kekasih seperti mantannya, namun sudah terlambat dan hanya kecewanya saja yang tinggal.

5. Putus cinta bikin kebanyakan cowok merasa trauma, pada akhirnya mereka lebih selektif memilih pasangan

mudah trauma via unsplash.com

Putus cinta bikin sebagian besar cowok merasa trauma. Usai melewati kondisi pasca putus, mereka takut untuk menjalin hubungan baru karena malas memulai dari nol untuk memupuk hubungan jangka panjang. Sedangkan cewek terkadang lebih mudah menerima sosok baru yang datang di hidupnya. Bahkan di saat si cewek sudah punya pacar baru, si cowok masih tetap belum move on. Faktanya, lebih banyak cowok yang meminta balik ke mantan pacarnya ketimbang cewek.

Beberapa hal di atas adalah fakta-fakta yang menjadi bukti bahwa cowok susah move on pasca putus cinta. Semua ini juga tergantung bagaimana cara si cowok ini putus hubungan. Makanya ada baiknya jika hubungan percintaan diakhiri secara baik-baik agar tak ada ganjalan. Agar kamu berdua pun, tak terkecuali si cowok bisa move on dengan lebih cepat, kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya