Banyak gambar satire bertebaran di penjuru lini masa apapun yang menyindir mirisnya nasib jomblo, yang pada akhirnya menggiring opini anak muda kalau nggak punya pacar itu cukup menyedihkan. Padahal punya pacar bukan perihal hanya sekedar ‘yang penting punya’, tapi bagaimana kehadiran seorang pacar juga bisa berdampak positif untuk kehidupan kita dalam menjalani hari-hari. Seperti, jadi lebih semangat belajar, atau yang tadinya urakan jadi lebih rapih dalam berpakaian karena kehadiran seseorang yang kita sayangi.

Apalagi saat semua teman-temanmu punya pasangannya dan cuma kamu yang sampai saat ini masih betah menjomblo, bahkan nggak jarang saat kamu butuh mereka tapi mereka lebih punya waktu untuk pacarnya. Tenanglah, itu bukan sebuah ironi. Itu menandakan kamu harus lebih mandiri dan nggak selalu bergantung dengan orang lain. Toh status sendirimu juga punya banyak manfaat untuk dirimu sendiri. Saat belum juga punya, hal-hal ini yang seharusnya nggak meracuni pikiranmu.

1. Beranggapan bahwa kamu nggak menarik, ini hanya akan membuat kamu semakin nggak percaya diri

You are good enough via Www.pexels.com

Advertisement

Jangan hanya karena kamu masih single saat ini, malah membuatmu berfikir kalau kamu nggak cukup menarik untuk dimiliki siapapun. Pikiran seperti ini hanya akan menjadi sugesti buruk untuk kamu. Seharusnya kamulah yang menanam pikiran positif itu, bukan malah semakin merendahkan diri.

Kalau sudah begitu, wajar deh kalau kepercayadirianmu pun nihil. Padahal sejatinya, setiap orang punya karakteristik masing-masing yang membuat kamu terlihat berbeda dari yang lain dan seluruh hal yang ada pada dirimu saat ini lah yang akan jadi pelengkap seseorang nanti. Jadi, nggak perlulah kamu merasa nggak pantas dimiliki siapapun.

2. Berpikir bahwa punya pacar itu harus, agar nggak kesepian dan keliatan laku

Jangan cari pacar karena kesepian via Www.pexels.com

Sebelum bertujuan mencari pacar untuk menemani kesepianmu dan membuatmu keliatan laku, kamu harus tau dulu bahwa punya pacar pun nggak jamin bisa membuatmu merasa tak kesepian. Nggak sedikit kok pasangan di luar sana, masih merasa kosong karena hubungan yang dipaksakan padahal nggak bahagia.

Advertisement

Buat apa kamu takut merasa kesepian kalau teman-temanmu dan keluargamu saja selalu ada untukmu. Ya memang sih, punya pacar akan membuat hari-harimu lebih hidup tapi dengan syarat adanya ketulusan bukan hanya untuk status semata dan alat untuk membunuh sepi.

3. Trauma akan masa lalu dan sulit menemukan cinta yang baru

Sulit menemukan cinta yang baru via Www.pexels.com

Mungkin nggak mudah bagimu melupakan masa lalu yang masih saja membekas, padahal kamu juga sering berusaha membuka hati untuk orang lain tapi ingatan masa lalu terlalu jelas terbentuk dan membuatmu kesulitan menemukan cinta yang baru. Itu tandanya kamu perlu intropeksi diri dan harus selesai dengan dirimu sendiri, dan jangan terlalu berasumsi bahwa kamu masih trauma disakiti.

Bukan tugas orang lain untuk menjaga hatimu, tapi itu tugasmu untuk menjaga hati dengan baik agar nggak lagi jatuh pada seseorang yang salah. Jangan biarkan ingatan masa lalu merampas kebahagiaanmu, kamu nggak hidup untuk masa lalu.

4. Merasa ada yang salah dari dirimu, padahal jomblo itu nggak aneh kok

Sendiri nggak aneh kok via Www.pexels.com

Jomblo itu nggak aneh dan nggak ada hal yang salah dari dirimu. Nggak perlu menyalahkan dirimu sendiri karena statusmu yang sampai kini masih sendiri. Setiap orang punya cara masing-masing untuk jatuh cinta, jadi nggak perlu memaksakan diri untuk berubah agar bisa dicintai.

Nanti kalau saatnya sudah tepat, kamu juga akan menemukan seseorang yang pas untuk kamu. Lagipula jomblo itu wajar, nggak semua orang harus punya pasangan secepat mungkin. Nikmati saja keadaannya, dengan kejombloan itu kamu masih bisa bersenang-senang sepuasnya tanpa harus menjaga hati siapapun.

5. Pacaran bukan prestasi, jadi nggak perlulah berlomba-lomba mencari kekasih

Punya pacar bukan prestasi via Www.pexels.com

Melihat teman-temanmu yang lain sudah punya gandengan, sementara kamu masih asyik dengan kesendirian. Jangan jadi ikut-ikutan ingin punya pacar juga hanya karena melihat romansa cinta teman-temanmu, percayalah apa yang kamu lihat hanya bentuk luarnya saja.

Dibalik itu semua pasti mereka juga punya permasalahan masing-masing. Punya pacar bukan jalan keluar yang mutlak untuk kesendirianmu, nggak perlu buru-buru kalau memang masih nyaman dengan status sendiri. Lagipula punya pacar juga bukan sebuah prestasi kok, itu hanya sebuah cara menjalani hidup.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya