Setelah gagal dengan cinta lamamu, tentu kamu berharap bisa menemukan tambatan hati yang baru. Namun, sebuah hubungan tentu tak bisa dijalani dengan begitu saja. Tanpa menyamakan tujuan, harapan, dan motivasi dengan pasangan, hubungan baru yang akan kamu jalani bisa jadi berakhir sama dengan yang sebelumnya.

Tidak ada pilihan selain mempersiapkan dirimu dulu sebelum akhirnya bertemu dia yang siap memulai kisah kasih denganmu. Sudahkah kamu mantap melangkah untuk hubungan yang lebih baik? Cukup pantaskah dirimu untuk memulai perjalanan cintamu lagi? Berikut ini 8 hal yang wajib kamu persiapkan sebelum memulai hubungan baru!

1. Sebelum Memulai Hubungan Baru, Pastikan Dulu– “Sudahkah Kamu Selesai dengan Dirimu Sendiri?”

kamu sudah selesai dengan dirimu sendiri via thecarpetbaggernyc.wordpress.com

Pengalaman gagal dengan hubungan yang sebelumnya pasti bisa menempamu jadi pribadi yang lebih baik. Di level ini, kamu sudah bisa menilai dirimu sendiri – memahami kekurangan dan kelebihan yang kamu punya. Memahami sifat dan sikap yang lebih baik diubah agar kesalahan di masa lalu tidak lagi terulang.

Memulai hubungan baru berarti siap melibatkan orang yang kamu sukai atau sayangi ke dalam hidupmu. Jika hidupmu sendiri belum cukup “stabil”, punya pacar baru berarti mengacaukan dirimu sendiri dan pasanganmu tentunya.

2. Yakinilah Bahwa Hidupmu Sudah Cukup Memuaskan

Advertisement

hidupmu sudah cukup memuaskan via www.theblogfarm.com

Kamu sudah mewujudkan cita-cita untuk membangun bisnismu sendiri, berhasil traveling menikmati pantai-pantai di seluruh Indonesia, hingga menuntaskan gelar sarjana dengan nilai yang memuaskan. Yup, banyak hal yang berhasil membuat seutuhnya dirimu merasa “cukup” dan bahagia. Saat ini, kamu hanya merasa perlu berbagi kebahagiaan atau membahagiakan orang lain.

Ketika kamu merasa hidupmu terwakili dengan kata “luar biasa”, dan kamu bisa menjalani setiap harinya dengan penuh semangat berarti kamu benar-benar siap memulai hubungan yang baru. Rasa puas pada diri sendiri tidak akan membuatmu mencari kepuasaan pada pasanganmu. Dengan begitu, kamu bisa menjalani hubungan yang lebih “mengalir”.

3. Temukan dan Giati Renjanamu yang Menjadikan Hidup Lebih Bermakna

renjana yang menjadikan hidupmu bermakna via www.pinterest.com

Sebagai individu, kamu berhak punya identitas atas dirimu. Apa sih yang bisa benar-benar membuatmu merasa “hidup”? Yup, renjanalah yang menjadikan hidupmu lebih bergairah dan bersemangat. Kesukaanmu pada dunia fotografi, kegilaanmu pada buku-buku sastra, atau kecintaanmu pada bidang entrepreneurship.

Mengakrabi renjana menjadikan hidupmu lebih menarik untuk dilakoni. Selain itu, fokus pada renjana memungkinkanmu punya hubungan baru yang lebih “sehat”. Kamu akan cenderung mengabaikan perasaan tidak aman atau pikiran-pikiran negatif dalam hubungan lantaran sibuk dengan hal-hal yang jadi kegemaranmu.

4. Terima dan Maafkan Kesalahanmu di Masa Lalu. Hidup Tak Akan Berjalan Jika Kamu Masih Berkutat di Penyesalan yang Telah Lampau

kamu harus menerima masa lalumu via beyondthequotes.wordpress.com

Setiap orang pasti punya masa lalu. Sayangnya, tidak semua orang bisa menerima masa lalunya dengan lapang. Masih mengharapkan mantan kekasih atau berharap punya pacar baru yang mirip dengan mantan tentu bukan sikap yang baik. Yang pasti, setiap orang di dunia ini terlahir otentik dengan keunikan-keunikan yang dimiliki masing-masing.

Masa lalu punya tempat tersdiri dalam hatimu, tapi bukan berarti kamu boleh mengorek kisahnya. Jangan biarkan ingatan-ingatan tentang masa lalu justru menggoyahkan langkahmu. Ingat, kamu sedang berjalan maju dan bersiap menemukan dia yang punya cinta baru untukmu.

5. Mulailah Menjalani Hidup dengan Lebih Teratur

menjalani hidup yang teratur via ffffound.com

Pengalaman gagal seharusnya tidak membuatmu putus asa atau rendah diri. Justru kegagalanlah yang layak memotivasimu untuk bertumbuh jadi lebih baik dan percaya diri. Mulai memperbaiki penampilan, mengoreksi sifat dan sikap diri, hingga menerapkan gaya hidup sehat.

Yang pasti, segala yang kamu lakukan di masa sekarang harus lebih baik daripada masa yang lalu. Jadi, bukan tidak mungkin kamu akan menemukan pasangan dan menjalani hubungan baru yang lebih berkualitas daripada sebelumnya.

6. Jadilah Pribadi yang Mandiri. Kemandirian Akan Membuatmu Lebih Dihargai

kamu harus bisa mandiri via stylevoyage.blogg.se

Salah satu hal yang membuktikan bahwa dirimu siap dengan hubungan yang baru adalah ketika kamu bisa bersikap mandiri. Berusaha memenuhi segala kebutuhan pribadi berarti memaksimalkan kemampuan dirimu.

Akhirnya, ketika menyadari bahwa dirimu mampu berdiri di atas dua kakimu sendiri, kamu akan merasa lebih bahagia dan antusias melewatkan hidupmu. Karakter yang selalu bahagia dan antusias menjalani hidup inilah yang memungkinkan lebih banyak lawan jenis yang tertarik padamu.

7. Lebarkan Hati untuk Menerima Kelebihan dan Kekurangan Calon Pasangan. Tak Ada Manusia yang Terlahir Sempurna ‘Kan?

belajar menerima orang lain via figment.com

Kadang, yang menjadikan hidupmu terasa berat untuk dijalani adalah harapan-harapanmu sendiri. Kamu mungkin punya sekian kriteria untuk pacar barumu nanti. Dia yang harus pintar, punya pekerjaan mapan, perhatian, dan humoris. Padahal, bukan jaminan kamu bisa merasa nyaman sekalipun sudah mendapatkan pasangan yang memenuhi kriteria-kriteriamu.

Yang jelas, cinta tak melulu bicara untung rugi. Menemukan pasangan yang cocok dan bisa membuatmu merasa nyaman bukan diukur dari tampilan semata. Banyak hal yang memang harus dijalani dan dirasakan bersama sebelum akhirnya kamu bisa yakin pada pilihanmu.

8. Kamu Akan Menemukan Cinta Barumu setelah Tuntas Mencintai Hidupmu Sendiri

kamu bisa mencintai hidupmu sendiri via favimages.com

Sebuah hubungan yang baru harus dijalani dengan optimis. Kamu wajib punya keyakinan bahwa hubunganmu akan langgeng atau bahkan bertahan selamanya. Meskipun kemungkinan gagal selalu ada, pikiran dan energi positif menjadikan hubungan yang akan kamu jalani dengan pasangan barumu nanti bisa lebih bahagia. Sikap optimis dan kemauan untuk selalu berpikir positif adalah caramu untuk mencintai hidup dan dirimu sendiri.

Nah, itu tadi beberapa hal yang sebaiknya kamu persiapkan sebelum memulai hubungan barumu. Apakah kamu merasa sudah cukup mengusahakannya? Jika iya, berarti kamu sudah sah untuk menemukan pasangan barumu. Jadi, selamat memulai cerita cintamu lagi, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya