A : “Sayang, kamu kenapa? Ada masalah ya? Cerita dong! Aku siap dengerin kok!”

B : “Gak papa sayang, aku lagi butuh waktu sendiri aja.”

Pernah gak sih kamu terlibat perbincangan macam ini dengan pasangan? Tanpa tahu apa sebabnya, tiba-tiba saja pasangan menarik diri karena ingin sendirian. Kebingungan yang kamu rasakan pun berganti dengan rasa cemas yang kemudian memicu pemikiran yang tidak-tidak. Padahal, pikiran aneh-aneh yang sering muncul inilah yang bisa menimbulkan masalah pada hubungan kalian.

Ingin tahu sikap yang tepat untuk menghadapi pasangan yang tiba-tiba butuh waktu sendirian? Yuk, simak penjabaran Hipwee berikut ini!

Sebelum dia menyendiri, cari tahu akar permasalahan yang membuat pasangan bersikap demikian.

menghadapi pasangan yang ingin menyendiri via dylandsara.com

Pasangan yang membutuhkan waktu sendiri pasti punya pemicu. Tak mungkin dia tiba-tiba bersikap begitu. Nah, sebelum dia mulai masuk ke dalam ‘goa’ dan memutuskan komunikasi dengan dunia luar, sebaiknya kamu memastikan terlebih dahulu apa yang menjadi sebab perubahan sikapnya yang demikian.

Advertisement

Pancing dia dengan cara halus agar mau bercerita apa masalah yang sedang dialaminya. Apabila dia enggan bercerita, jangan lantas ngambek dan marah padanya. Di situasi yang seperti ini kamu dituntut untuk mengerti dan memahami dirinya. Jika memang dia tak mau bercerita, cobalah memahami dan cari tahu sendiri dengan menanyakan ke anggota keluarga maupun sahabat-sahabatnya.

Mungkin dia memang membutuhkan waktu sendirian. Namun, katakan padanya bahwa kamu ada untuk diajak berbagi beban.

menghadapi pasangan yang ingin menyendiri via dylandsara.com

Ketika pasangan membutuhkan waktu sendirian, dia memang sedang tak ingin diganggu. Di situasi yang seperti ini kamu diwajibkan untuk bersikap dewasa dan bukan malah merajuk lantas marah kepadanya. Hargai keputusannya yang sedang membutuhkan waktu sendirian. Walau demikian, kamu masih tetap bisa menghubunginya kok. Namun pastikan kamu menghubungi dengan porsi yang secukupnya ya, supaya dia tak jengah karena tingkah lakumu yang mendadak posesif.

Khawatir tentu boleh saja namun jangan lalu  menanyakan kabar padanya tanpa henti. Ingat, kamu itu pacarnya bukan orangtuanya yang harus setiap saat menunggu laporan dari dirinya. Kirimkan pesan secukupnya saja. Dengan begini dia justru merasa diperhatikan karena artinya kamu tak pergi meninggalkan namun selalu ada dan siap sedia tiap kali dia ingin bercerita.

Jangan buru-buru berasumsi, karena hal ini justru akan membuat hubunganmu dan dia makin runyam.

menghadapi pasangan yang ingin menyendiri via dylandsara.com

Salah satu penyebab kandasnya hubungan asmara adalah kesalahpahaman. Kesalahpahaman sendiri bisa muncul akibat dipicu oleh seringnya berasumsi tanpa bukti pasti. Terkadang karena sikap pasangan yang ingin menyendiri lantas membuatmu berasumsi yang tidak-tidak. Jika kamu tak ingin hubunganmu berhenti di tengah jalan, maka jangan lakukan hal ini. Hindari untuk mempercayai hal yang belum tentu kebenarannya karena ini bisa menjadi bumerang dan penyebab runyamnya hubunganmu dan pasangan.

Manfaatkan waktu yang ada untuk menyegarkan hubungan kalian. Sibukkan saja dirimu dengan hobi sembari menunggu pasangan mulai terbuka.

menghadapi pasangan yang ingin menyendiri via dylandsara.com

Sebenarnya ketika pasangan membutuhkan waktu sendirian, hal ini tak melulu berarti buruk. Justru waktu yang tak dihabiskan berdua bersama pasangan bisa digunakan untuk menaikkan kualitas hubungan kalian. Manfaatkanlah waktu yang ada untuk menyegarkan hubungan. Mungkin saat ini pasangan sedang tidak ingin diganggu karena dia sedang fokus terhadap dirinya sendiri.

Kamu pun juga bisa memanfaatkan waktu yang tersedia ini untuk berfokus pada diri sendiri. Lakoni hal yang kamu gemari dan segarkan hubungan dengan kawan maupun keluarga. Dengan begini pikiranmu justru tak melulu terpancang pada pasangan. Nantinya ketika pasangan sudah bisa mulai terbuka, kamu pun juga sudah siap sedia menghadapinya untuk hubungan kalian ke depannya.

Menikmati kesendirian itu juga bagian dari proses tumbuh sebagai pasangan. Kalau kalian tak bisa menghargai waktu sendiri, jangan harap hubungan bisa berkembang.

menghadapi pasangan yang ingin menyendiri via dylandsara.com

Tak hanya ketika bersama dengan pasangan saja, ketika kamu dan dia sedang sendirian sebenarnya ini juga merupakan proses bertumbuh kembang sebagai seorang pasangan. Jika memang ingin hubungan yang dijalani bisa bertahan, maka kamu perlu mengerti dan menghormati keputusannya untuk menyendiri. Toh, waktu yang digunakan untuk menyendiri bisa sekaligus digunakan untuk berintrospeksi sekaligus menyegarkan hubungan kalian.

Yakinkan pada dirimu sendiri bahwa tak ada yang salah dengan dirimu. Hanya saja pasanganmu memang sedang membutuhkan waktu untuk berdamai dengan dirinya sendiri.

menghadapi pasangan yang ingin menyendiri via dylandsara.com

Tetap berpikir positif dan percayai saja bahwa pasanganmu memang sedang membutuhkan waktu sendirian. Jangan menyalahkan diri sendiri dan berasumsi bahwa kamulah alasannya dia menyendiri. Sungguh, tak ada yang salah dengan dirimu. Pasanganmu hanya sedang membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri dan ini tak melulu karena dia merasa ada yang salah dengan dirimu. Percayalah, selalu berpikir positif merupakan kunci hubungan kalian bisa tetap baik-baik saja.

Jadi, tak perlu cemas lagi kan ketika pasanganmu sedang ingin sendirian?