Tips Ngekost Buat Kamu Mahasiswa Baru. Biar Cepat Beradaptasi!

Kehidupan kost akan mengawali penobatan dirimu sebagai anak rantau

Menjadi mahasiswa baru tentu akan terasa mengasyikkan. Pasalnya, sudah banyak daftar kegiatan seru yang akan menemani masa-masa indah di bangku perkuliahan, salah satunya adalah ngekost. Ketika mendengar kata ‘ngekost’ pasti yang terbayang di pikiranmu adalah ‘bebas’. Nggak ada lagi nih, yang nyuruh kamu buat bersih-bersih rumah, menyapu halaman, menjemur pakaian, dan pekerjaan rumah lainnya.

Advertisement

Namun, terkadang hidup sebagai anak kost dan anak rantau pemula itu cukup berat sehingga kamu perlu beradaptasi terlebih dahulu agar kehidupan kostmu berjalan dengan indah. Yuk, simak tips adaptasi dengan dunia kost bagi kamu anak kost pemula.

1. Pilih tempat kost yang nyaman sesuai dengan budget dan keinginanmu

Pertama kali yang harus dilakukan ketika akan menyanding gelar mahasiswa baru yang tinggal di perantauan adalah memilih tempat kost yang sesuai dengan budget serta keinginanmu. Kamu bisa meminta rekomendasi ke kakak tingkat untuk mendapatkan kost yang nyaman, kondusif serta terjangkau dari kampus dan dekat dengan fasilitas umum.

Nah sebelum itu, kamu juga perlu melakukan survey terlebih dahulu sehingga kamu dapat melihat secara langsung bagaimana kondisi lingkungan serta fasilitas yang disediakan. Pastikan juga harga sewa kost sesuai dengan budget-mu, ya!

Advertisement

2. Belajar untuk hidup mandiri

Wanita yang sedang mencuci baju dengan mesin cuci

Wanita yang sedang mencuci baju dengan mesin cuci | Foto oleh Sarah Chai dari Pexels

Menjadi mahasiswa baru yang pertama kali ngekost, mungkin akan terasa berat. Banyak hal yang harus kamu lakukan sendirian, mulai dari mencuci baju hingga membersihkan kamar. Tapi, kamu nggak perlu sedih, justru fase tersebut mengajarkan kamu untuk hidup mandiri.

Lama-lama kamu akan terlatih kok untuk melakukan banyak hal sendirian. Kamu juga akan bangga ketika kamu berhasil mengerjakan sesuatu dengan tanganmu sendiri. Hidupmu akan dipenuhi dengan perubahan-perubahan kecil yang baik. Ini mengasyikkan bukan?

3. Mulai ngekost berarti kamu perlu mulai berpikir tentang prioritas

Selain dituntut untuk hidup mandiri, ketika kamu mulai ngekost berarti kamu harus mulai berpikir secara rasional dalam memprioritaskan sesuatu. Salah satunya adalah berpikir mengenai keuangan. Mau tidak mau ketika menjadi anak kost kamu harus bisa mengatur keuanganmu dengan baik. Kamu juga harus membuat skala prioritas untuk menentuka mana sesuatu yang penting dan mana yang kurang penting.

Advertisement

4. Paksa diri untuk berbaur dengan teman kostmu

Dua wanita yang sedang mengobrol di atas sofa

Dua wanita yang sedang mengobrol di atas sofa | Creadit: Pixabay

Mungkin akan canggung, tapi tidak ada salahnya kalau kamu mencoba untuk membaur dengan teman kostmu. Cobalah untuk bersikap ramah dan menyapa terlebih dahulu. Lambat laun, kamu akan akrab dengan teman kostmu sebab teman kostmu merupakan sosok yang paling dekat dengan kita ketika tinggal di perantauan.

Tidak hanya membaur dengan teman kost saja, kamu juga harus mencoba untuk mengenali lingkungan tempat kostmu beradaa, mulai dari tempat makan yang harganya terjangkau, tempat laundry, hingga tempat nongkrong yang asyik untuk nugas tentu akan membantumu dalam menjalankan kehidupan sebagai mahasiswa rantau.

5. Tanyakan tentang peraturan dan kebiasaan yang ada di kost

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika menjadi penghuni baru di kost adalah bertanya seputar peraturan dan kebiasaan yang ada di kost itu. Kamu bisa bertanya kepada penghuni kost lama. Selain dapat mengetahui tentang aturan dan kebiasaan, dengan kamu bertanya kepada teman kost atau penghuni kost lama akan menambah akrab hubungan pertemanan kalian.

Hal yang paling penting dan harus kamu lakukan adalah kamu wajib mengukiti semua kebiasaan dan peraturan yang ada di kost tersebut termasuk dalam menjaga dan merawat fasilitas bersama, seperti dapur dan tempat parkir. Biasakan untuk mencuci panci dan wajan yang digunakan setelah kamu selesai memasak serta biasakan pula untuk tertib dalam memarkir kendaraan pribadimu.

6. Gabung dengan komunitas yang sesuai dengan minatmu

Sekelompok orang yang sedang melukis di atas meja

Sekelompok orang yang sedang melukis di atas meja | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Agar kamu semakin betah tinggal di ‘tempat baru’, cobalah untuk bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan minatmu. Misalnya, kamu suka melukis maka bergabunglah dengan komunitas melukis. Cara ini akan membantumu untuk menghilangkan rasa ‘sepi’ di dirimu. Justru kamu akan mendapat banyak teman baru serta ilmu dan pengalaman yang dapat mengasah skillmu. Good luck, SoHip!

Beberapa tips di atas bisa kamu lakukan ketika memulai kehidupan baru sebagai anak kost. Kamu diharuskan untuk mandiri dan membaur serta bersikap ramah dengan seluruh penghuni kost. Selain itu, kesiapan mental  juga harus kamu persiapkan ya biar tidak mudah homesick.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE