Dewasa ini, ucapan selamat ulang tahun sudah tak seistimewa dahulu. Perlakuan ini sudah digantikan oleh hampir setiap jejaring sosial yang punya kalender otomatis untuk mengucapkan hari ulang tahun bagi para penggunanya. Sekadar mengucapkan ulang tahun pun bukan lagi jadi kejutan yang berarti. Tak terkecuali bagi cewek, bukannya berharap cowoknya jadi orang pertama yang memberi ucapan, melainkan menanti dan menebak-nebak hadiah apa yang sekiranya bakal diberikan di hari istimewanya.

Sementara itu, cowok nggak selalu bisa berikan hadiah ulang tahun untuk kekasihnya. Karena beberapa hal, dia harus menomorduakan urusan memberikan kado dan lebih memprioritaskan hal lain. Sayangnya, nggak semua cewek bisa memaklumi kondisi seperti ini. Nah, biar hubungan kalian tetap adem ayem dan nggak ada perselisihan gara-gara masalah (cukup sepele) ini, kalimat-kalimat ini bisa kamu layangkan ke cewekmu saat kamu nggak bisa berikan kado di hari ulang tahunnya.

1. “Tahun ini kan kamu sudah dapat banyak kado. Bagaimana kalau jatah kado dari aku kita pakai untuk ngerayain hari jadian aja?”

Buat ngerayain jadian aja, ya? via unsplash.com

Advertisement

Kalimat ini bisa digunakan jika kebetulan cewekmu sudah dapat banyak kado, baik dari sanak saudara maupun dari sahabat terdekatnya. Kamu bisa berikan dia opsi misalnya mengganti bujet kado darimu untuk digunakan pada saat perayaan hari jadian. Meski berbeda momennya, kebanyakan cewek akan lebih senang jika kebersamaan kalian dirayakan di hari jadian. Jika pun pada kenyataannya cewekmu nggak mendapatkan kado sebanyak yang diharapkan atau bahkan nggak sama sekali, dia pasti akan mengerti jika kamu ucapkan kalimat ini dengan lembut dan penuh keseriusan.

2. “Sabar ya Sayang, semoga tahun depan ada rezeki lebih biar aku bisa kasih sesuatu buat kamu…”

Sabar ya via unsplash.com

Jika alasanmu nggak memberi kado adalah karena masalah keuangan, katakan saja terus terang. Sematre-matrenya cewekmu, kalau dia memang love sama kamu, tentu nggak akan memaksakan kehendaknya untuk bisa diberikan kado olehmu. Agar kalimatmu lebih melegakan, beri dia harapan agar semoga tahun depan kamu bisa berikan sesuatu yang berkesan untuknya. Nggak hanya itu, kalimat ini juga lah yang akan mengantarkan kalian untuk saling mendoakan untuk agar diberikan kelancaran rezeki.

3. “Mungkin aku nggak bisa beliin kamu sesuatu, tapi aku berusaha selalu ada di sisimu saat kamu butuh,”

Kalau ada apa-apa bilang aja… via greatist.com

Meski terkesan klise, kalimat ini cukup ampuh mendinginkan cewekmu yang lagi harap-harap cemas menunggu kado pemberian darimu. Alih-alih kecewa, (harapannya) dia bakal tersentuh hatinya karena mendengar pernyataan yang kamu layangkan ini. Secara, dibandingkan dengan kado berupa barang, tentu kehadiranmu saat dibutuhkan lebih menenangkan. Tapi ingat, jangan hanya terucap di bibir saja. Jadikan ucapanmu ini sebagai komitmen untuk terus ada di sampingnya kapanpun dia butuh bantuanmu.

4. “Uang kadonya ditabung dulu ya, biar aku bisa beliin kamu mahar…”

Buat modal nikah kita… via unsplash.com

Advertisement

Cewek mana yang nggak meleleh mendengar pasangannya mengucapkan kalimat kayak begini? Selain jadi alasan yang ampuh bikin cewek bungkam, kalimat ini juga jadi kode keras buatmu yang ingin segera menyeriusi hubungan. Apalah arti sebuah kado jika dibandingkan dengan komitmen dan keseriusanmu untuk menjadikannya pasangan halal? Lagipula, cewekmu sudah pasti bakal lupa tentang momen ulang tahunnya dan mendadak fokus dengan kata mahar yang kamu janjikan padanya. Nah lho, asal serius beneran, ya!

5. “Maaf banget Sayang, aku belum bisa kasih kamu sesuatu. Tapi buatku, doa yang tulus lebih bermakna daripada kado apapun”

Doakan saja via www.autostraddle.com

Agaknya ungkapan ‘tiada kata seindah doa’ harus benar-benar kamu wujud nyatakan ketika kamu mengucapkan kalimat melegakan ini buat pasangan. Cewekmu bakal mengerti kok asal kamu benar-benar tulus baik dalam penyampaian maupun aplikasinya. Sempatkan waktumu untuk dihabiskan berdua dengannya demi meredam sedikit rasa kecewanya karena nggak diberi hadiah olehmu. Makan malam berdua sudah cukup berkesan baginya kok.

Jadi, saat kamu nggak bisa memberikan kado sebagai hadiah ulang tahun untuk cewekmu, jangan hanya meminta maaf padanya, tapi juga ungkapkan dengan jelas alasannya. Cewek lebih suka pernyataan yang logis dan apa adanya daripada yang mengada-ada.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya