Tidak benar bahwa wanita lebih mengedepankan perasaan daripada logika. Sebuah penelitian akhirnya mengungkapkan bahwa laki-laki dan wanita memiliki tingkat logika dan emosi yang serupa, perbedaan perilaku yang kemudian ditunjukkan justru lebih dipengaruhi oleh respon sosial dari orang-orang yang ada di sekeliling hingga mencapai usia dewasa.

Pemahaman bahwa cewek selalu menempatkan logika di atas perasaan membuat banyak cowok salah mengambil langkah saat menghadapi wanitanya. Salah satunya ketika dihadapkan pada cewek yang sedang ngambek. Tanpa kamu sadari, tak jarang perbuatanmu malah membuat kesedihannya semakin menjadi-jadi. Mau tahu kesalahan apa saja yang sering kamu lakukan ketika menenangkan wanita saat bersedih?

1. Jangan pernah bilang, “Udah lupain aja..” Sebab tidak ada masalah yang selesai dengan disepelekan kehadirannya

Jangan salahkan dia jika kesal denganmu

Jangan salahkan dia jika kesal denganmu via www.thestar.com

Advertisement

Semua wanita yang sedang bersedih tentu ingin melupakan masalah yang membuatnya menangis. Mengatakan hal tersebut, sama halnya memerintah mereka untuk melakukan sesuatu yang harus dilakukannya. Butuh waktu untuk melupakan sebuah permasalahan dan melupakan adalah hal yang mudah diucapkan tapi berat untuk dilaksanakan. Kamu akan terkesan menggampangkan masalahnya dan tidak menunjukkan empati kepadanya. Makanya, jangan heran jika dia akan terlihat kesal padamu.

2. “Jangan nangis lagi ya, toh, masalah ga akan selesai dengan tangisanmu.” Hey, kadang menangis bisa jadi pelepasan terbaik lho!

Jangan nangis lagi ya

Jangan nangis lagi ya via www.tumblr.com

Tiap orang yang bermaksud menenangkan hati wanita yang sedang bersedih pasti ingin agar tindakan yang kamu lakukan membuatnya lebih nyaman dan tidak lama berlarut-larut dalam kesedihan. Tapi, ketika kamu memintanya untuk tidak menangis, sama saja dengan menghambatnya untuk meluapkan perasaan sedihnya, dia juga akan merasa tidak dimengerti dan tidak bebas berekspresi. Parahnya lagi, dia akan merasa bahwa tangisannya telah mengganggu orang lain dan akan semakin menyalahkan keterpurukannya. Padahal, menangis dapat mengubah mood menjadi lebih baik.

3. “Tenang aja, temenku lebih parah kok kemarin”, membandingkan permasalahannya dengan yang lain akan melukai hatinya

jangan membuatnya semakin sedih

jangan membuatnya semakin sedih via lifeasahuman.com

Mungkin kamu menganggap masalah yang dihadainya adalah hal yang sepele dan tak perlu ditangisi. Tapi, sebaiknya simpan pemikiran itu dalam hatimu dan jangan pernah mengungkapkannya. Membandingkan masalahnya dengan masalah lain yang lebih buruk, sama halnya dengan menyepelekan masalah yang membuatnya bersedih. Hatinya akan terluka dan yang pasti, dia tidak lagi akan menjadikanmu sebagai tempat bercerita karena tersinggung dan merasa dikecilkan.

4. “Heem, aku paham kok, kamu gak usah sedih lagi ya.” Kamu bukan cenayang yang tahu segala sisi tentang dirinya

Aku paham kok

Aku paham kok via dc498.4shared.com

Advertisement

Sepaham-pahamnya kamu terhadap wanita dan segala permasalahannya, pasti ada beberapa bagian tertentu yang berbeda. Dengan berkata kamu memahaminya hanya akan membuat dirinya menunggu solusi yang keluar dari mulutmu, padahal dia hanya ingin keluh kesahnya didengar. Jika kamu benar-benar memahaminya dan ingin menunjukkan simpati, sebaiknya perlihatkan gambaran yang lebih jelas mengenai apa yang kamu pahami dari masalahnya, jangan hanya berucap kamu memahaminya.

5.  Niat baik menyuruhnya sabar bisa membuat hatinya besar. Tapi itu akan terasa klise kalau tidak dilakukan dengan benar

Menyuruhnya sabar adalah hal klise

Menyuruhnya sabar adalah hal klise via mindkandy.us

Semua orang yang sedang bersedih memang butuh diingatkan untuk bersabar dalam menghadapi masalahnya, begitu juga dengan wanita yang sedang bersedih. Tapi, bukan berarti mereka mau mendengarkan jika kata “sabar” hanya berdiri sendiri karena itu bukanlah suatu bentuk solusi. Menyuruhnya untuk bersabar adalah hal yang klise, sama abstraknya dengan solusi yang mereka butuhkan. Jika kamu pernah mengucapkannya, sama saja menganggap dirinya terlalu sentimentil dan berlebihan dalam menghadapinya.

6. Jangan bilang “Ciee..ciee” waktu dia lagi ngambek-ngambeknya. Kekesalannya bukan untuk digoda

Jangan sekali-kali menggodanya

Jangan sekali-kali menggodanya via reactiongifs.me

Hal terakhir ini adalah sebuah kesalahan yang fatal yang sering dilakukan. Ketika wanita bersedih, mereka bisa memperlihatkannya dengan jelas seperti menangis, atau dengan terselubung dan sulit dipahami oleh banyak pria, biasanya sikapnya akan berubah menjadi lebih sentimen, mudah marah, dan tak jarang akan berlaku kasar. Emosinya akan menjadi-jadi, ketika kamu bercanda dan menggoda sikapnya yang tidak seperti biasanya.

Jika kamu melakukan hal-hal diatas, bisa dijamin, dirinya bakal menjauh dari kamu. Sebaiknya kamu lebih bijak lagi dalam berucap ketika menghadapi wanita yang sedang bersedih. Dengarkan keluh kesahnya, terkadang dia hanya ingin ada orang yang mau menampung segala keluh kesahnya, berbagilah tentang hal yang kamu tahu titik cerahnya, setidaknya ini akan membantu memberikan energi positif bagi mereka agar lebih mudah dalam menghadapi masalah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya