Selain jadi bulan suci dan penuh berkah, Ramadan juga menghadirkan fenomena unik, yaitu ngabuburit. Istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, burit. Artinya merujuk pada waktu menjelang berbuka puasa, di mana orang-orang menanti bunyi azan magrib.

Waktu-waktu menanti azan magrib tentu krusial. Rasa lapar dan dahaga seperti hampir pada batasnya sehingga tubuh cenderung lemas dan tak bertenaga. Oleh karena itu, isilah waktu ngabuburit dengan kegiatan yang bisa mengalihkan rasa lapar dan dahaga.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu ngabuburit? Ada banyak sekali kegiatan positif yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah sepuluh kegiatan seru saat ngabuburit yang lebih bermanfaat daripada sekadar tidur hingga waktu berbuka tiba.

1. Memasak untuk berbuka puasa

Kegiatan memasak merupakan salah satu cara seru menghabiskan saat-saat ngabuburit. Bukan hanya kaum perempuan saja, lho, yang bisa ngabuburit dengan memasak. Tidak ada batasan gender untuk urusan dapur, kaum adam pun boleh menghabiskan waktu ngabuburitnya di sini.

Advertisement

Pasti seru kan, menyiapkan menu untuk berbuka puasa. Asal tidak dengan sengaja icip-icip makanan yang dimasak karena saking laparnya, InsyaAllah memasak juga menjadi salah satu ibadah di bulan Ramadan.

2. Berburu hidangan takjil

Berburu Takjil

Berburu Takjil via https://beritagar.id

Cara asyik ngabuburit selanjutnya adalah berburu takjil, yaitu hidangan (biasanya makanan ringan) untuk berbuka puasa. Tidak perlu jauh-jauh ke pasar atau supermarket untuk membeli takjil. Di bulan Ramadan, akan banyak pedagang takjil bermunculan di dekat rumah, di pinggir jalan, pokoknya di sudut-sudut strategis untuk berjualan, deh.

Selain membeli, ada juga cara seru untuk berburu takjil, yaitu dengan datang ke masjid beberapa saat sebelum azan magrib. Biasanya masjid-masjid tertentu menyediakan hidangan takjil untuk jamaahnya. Cara ini mungkin sering dilakukan oleh kebanyakan mahasiswa yang merantau.

3. Belanja di Ramadan sale

Advertisement

Di bulan Ramadan, apalagi saat menjelang hari raya Idul Fitri, tentu akan banyak sale atau diskon di mana-mana. Sebuah kesempatan emas bagi para kaum hawa yang suka shopping. Sambil ngabuburit, sambil berbelanja untuk mengalihkan rasa dahaga.

Jangan sampai kalap dengan tawaran diskon yang gila-gilaan, ya. Ingat, kamu sedang berpuasa, berarti harus menjaga hawa nafsu untuk berbelanja juga.

4. Hunting foto

Hunting Foto

Hunting Foto via https://pixabay.com

Jika kamu termasuk orang yang hobi dengan fotografi, momen ngabuburit sangat pas untuk hunting momen-momen unik khas Ramadan. Kamu bisa jalan-jalan mengunjungi taman atau tempat berkumpul orang-orang yang juga sedang ngabuburit.

Jadi, sambil menanti saat-saat berbuka puasa, kamu bisa asyik menyalurkan hobimu. Hasilnya bisa kamu pamerkan di mesia sosial.

5. Main game

Hal yang paling simple dan mengasyikan yang bisa dilakukan saat ngabuburit adalah main game. Bukan hanya di bulan suci Ramadan saja, main game memang menjadi aktivitas yang biasa dilakukan banyak orang untuk mengisi waktu luang.

Sambil menanti azan maghrib, kamu bisa berkutat dengan gadget atau konsol game yang kamu miliki. Kamu bisa ajak teman-temanmu bergabung dan bermain bersama. Tidak melulu game dari perangkat digital, kamu juga bisa bermain permainan tradisional seperti monopoli atau remi.

6. Menonton film

Nonton Film

Nonton Film via https://pixabay.com

Sama seperti main game, menonton film juga merupakan kegiatan ngabuburit yang simple tapi tetap mengasyikkan. Kamu bisa melakukannya di rumah, baik sendiri maupun bersama teman-teman.

Jika bosan menonton di rumah, cobalah cek apakah ada film bioskop yang menarik untuk ditonton. Ngabuburit dengan menonton film di bioskop pasti seru apalagi ditemani oleh pacar atau gebetan. Yang penting sesuaikan jam tayangnya, jangan sampai malah kelupaan waktu berbuka.

7. Membaca buku

Membaca Buku

Membaca Buku via https://www.pexels.com

Buat kamu yang hobi baca buku, siapkan beberapa buku untuk kamu baca di sepanjang bulan Ramadan ini. Bacalah buku-buku seperti novel, kumpulan cerita pendek, atau apa pun yang membuatmu tertarik untuk membacanya. Kegiatan membaca buku ini sangat ampuh buat mengisi waktu ngabuburit.

Jika kamu memiliki bujet yang terbatas sehingga tidak bisa membeli buku, pergilah ke perpustakaan di waktu menjelang berbuka. Alternatif lainnya, kamu bisa baca artikel-artikel di internet. Banyak, kan, media-media online yang menyajikan bacaan berkualitas.

8. Mengaji

Selain membaca buku-buku seperti novel dan cerpen, kamu juga bisa gunakan waktu ngabuburitmu dengan membaca Alquran atau mengaji. Kegiatan ngabuburit yang satu ini merupakan bentuk ibadah yang paling nyata.

Kamu bisa mengikuti tadarus Alquran di masjid, atau mengaji sendiri di rumah. Jika kebetulan ada acara pengajian bersama ustaz, kamu bisa menghadirinya. Dengan begitu ngabuburitmu sangat bermanfaat karena ibadah dijalankan dengan optimal.

9. Berdagang

Cara seru ngabuburit berikutnya adalah berdagang. Kegiatan berdagang di waktu menjelang berbuka puasa ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menambah uang untuk belanja baju baru saat Lebaran nanti.

Kamu bisa ajak saudara atau temanmu untuk ngabuburit dengan berdagang. Jangan bingung mau berjualan apa, banyak sekali pilihan menu takjil yang bisa kamu jual, seperti kolak, es cendol, es buah, gorengan, dan masih banyak lagi. Apa pun bisa kamu jual asal itu halal, puasa pun lancar.

10. Olahraga Sore

Olahraga Sore

Olahraga Sore via https://hellosehat.com

Apakah olahraga di saat sedang berpuasa bisa bikin tambah lemes dan haus? Tidak juga, justru olahraga bisa membantu menjaga stamina agar tetap fit menjalankan puasa selama bulan Ramadan. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak berolahraga selama bulan Ramadan.

Lakukan olahraga dengan porsi yang pas serta waktu yang tepat. Kamu bisa berolahraga seperti yoga, bersepeda, joging, maupun futsal beberapa jam menjelang waktu berbuka. Sambil ngabuburit, badan menjadi bugar, energi yang hilang pun terisi kembali saat berbuka puasa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya