10 Landmark Terpopuler di Indonesia, Mana Nih Destinasi yang Pengen Kamu Kunjungi?

Ikon Daerah Indonesia

Indonesia tercinta kita adalah adalah salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki keberaggaman yang sangat banyak. Sejauh bentang luas Nusantara terdapat beberapa daerah yang memiliki berbagai bangunan dan monumen yang sangat berangam. Sebagian dari bangunan dan monumen tersebut dijadikan Ikon daerah oleh masyarakat karena nilai sejarah yang terkandung di dalamnya. Banyak pengujung domestik maupun internasional berkunjung untuk berfoto-foto sambil mempelajari sejarah daerah tersebut melalui Ikon atau landmark-nya. Penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Yuk! Jalan-jalan ke bawah dulu hehehe.

Berikut Landmark atau Ikon daerah terpopuler di Indonesia:

Advertisement

1. Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah

Photo by Nusa Daily

Photo by Nusa Daily via https://nusadaily.com

Ketenangan, kedamaian dan keindahan 3 kata yang tepat untuk menjelaskan tempat yang satu ini yaitu Candi Borobudur. Tempat yang satu ini memiliki sejarah yang sangat panjang, Candi Borobudur telah berdiri sejak abad ke-9 di masa berkuasanya Dinasti Syailendra. Di zaman sekarang, Candi Borobudur telah dinobatkan sebagai candi Buddha terbesar di dunia oleh UNESCO, hal ini membuat Candi Borobudur terkenal tak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri!

2. Patung Suro dan Boyo di Surabaya, Jawa Timur

Photo by Wow Keren

Photo by Wow Keren via https://www.wowkeren.com

Pantung ini sudah tidak asing di mata masyarakat Indonesia, patung ikan dan buaya yang sedang bertarung ini menjadi ikon kota Surabaya, banyak cerita yang menjadi latar belakang Patung Suro Dan Boyo. Masyarakat Surabaya mengangap Ikan Sura (hiu) dan Baya (buaya) merupakan simbol dari keberanian orang Surabaya yang tidak gentar menghadapi bahaya, Pantung ini juga menjadi asal usul nama kota Surabaya, Sura yang berarti jaya atau selamat sedangkan Baya berarti Bahaya. Jadi Surabaya “Selamat Menghadapi Bahaya”.

Advertisement

3. Jembatan Ampera di Palembang, Sumatra Selatan

Photo by Batiqa

Photo by Batiqa via https://www.batiqa.com

Jembatan besar yang gemerlap indah di malam hari itulah Jembatan Ampera landmark masyarakat Palembang. Jembatan yang menghubungkan kedua arah membelah Sungai Musi ini menjadi salah satu tempat favorit bagi turis domestik dan internasional untuk berfoto-foto, kita juga bisa menikmati angin sejuk di tepian sekitar Sungai Musi sambil memandangi keindahan Jembatan Ampera.

4. Jam Gadang di Bukittinggi, Sumatra Barat

Photo by Padang Tribun News

Photo by Padang Tribun News via https://padang.tribunnews.com

Untuk warga negara Indonesia sebaiknya tidak perlu jauh-jauh pergi ke London untuk melihat jam besar Big Ben, karena di Indonesia juga sudah punya yang sama, yang tentunya tidak kalah keren dari Big Ben yaitu Jam Gadang yang berasal dari Bukittinggi, Sumatra Barat. Karena Kemiripan tersebut banyak turis domestik maupun internasional datang ke Bukittinggi untuk berfoto-foto di Jam Gadang.

Bangunan ini merupakan persembahan dari Ratu Belanda untuk Rook Make pada tahun 1926, karena keindahan bangunan ini masyarakat di Bukittinggi menjadikan bangunan ini menjadi Ikon kota mereka.

Advertisement

5. Monas di Jakarta

Photo by The Jakarta Post

Photo by The Jakarta Post via https://www.thejakartapost.com

Kalau yang satu ini sepertinya hampir seluruh rakyat Indonesia tahu deh dari mana asal land mark ini, terletak di Ibu Kota Indonesia Monas adalah monumen yang melambangkan perjuangan rakyat Indonesia merabut kemerdekaan dari Belanda di masa kolonial. Dibangun pada 17 Agustus 1961 dan selesai pada 12 Juli 1975, tak hanya terkenal di Indonesia saja tetapi luar negeri juga. Sekian lama berdirinya Monas tetap menjadi mahakarya dan kebanggaan di mata rakyat Indonesia karena nilai sejarah yang terkandung dalam Monas.

6. Garuda Wisnu Kencana di Badung, Bali

Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana (GWK) via https://twitter.com

Bali, surga tersebunyi yang terletak di Indonesia karena di Bali banyak sekali tempat wisata yang memanjakan mata dan sangat cocok untuk merelaksasikan diri. Di Bali terdapat landmak pantung yang sangat megah yang terletak di Badung yaitu patung Garuda Wisnu Kencana atau akrab disebut pantung GWK. Banyak turis dari berbagai daerah datang untuk melihat patung raksasa yang berukuran 121 meter ini karena keindahanya, tempat ini sangat cocok untuk berfoto bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

7. Mesjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh, Aceh

Photo by Design Bundles

Photo by Design Bundles via https://designbundles.net

Terletak di ujung barat Indonesia, terdapat Mesjid Raya Baiturrahman yang menjadi saksi bisu peristiwa Tsunami 26 Desember 2004 yang kini menjadi salah satu mesjid termegah di Indonesia. Bagi masyarakat Aceh Mesjid Raya Baiturrahman adalah simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme, sehingga mereka membuat Mesjid Raya Baiturrahman sebagai kebanggan dan ikon daerah mereka, keindahan mesjid ini menjadi magnet turis untuk berdatangan ke Banda Aceh untuk melihat keindahanya secara langsung.

8. Monumen Yesus Memberkati di Manado, Sulawesi Utara

Photo by Amorpost

Photo by Amorpost via https://amorpost.com

Siapa bilang hanya Brazil saja yang punya patung Yesus terbesar di dunia? Di Indonesia juga ada kok. Patung Yesus Memberkati yang terletak Manado menjadi salah satu patung Yesus terbesar di dunia, memiliki tinggi 30 meter dan berwarna putih membuat patung ini terlihat indah yang tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Manado.

Patung Yesus Memberkati menjadi tujuan favorit turis domestik dan internasional untuk berfoto-foto dan bersantai disekitar patung yang kebetulan berada di daratan yang cukup tinggi sambil menikmati pemandangan Manado.

9. Tugu di Yogyakarta

Photo by Suara

Photo by Suara via https://www.suara.com

Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat wisata, namun untuk tempat yang satu ini sudah seharusnya menjadi tempat yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Yogyakarta, karena tugu ini simbol dari Yogyakarta yang mengandung banyak sekali nilai sejarah dan memiliki umur yang hampir 3 abad, Tugu Yoyakarta sendiri dibangun pada Tahun 1755 sejak itu masyarakat disana menjadikan Tugu Yogyakarta menjadi Ikon dan Kebanggan mereka.

10. Lawang Sewu di Semarang, Jawa Tengah

Photo by Rumahku

Photo by Rumahku via https://www.rumahku.com

Lawang Sewu merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda yang dahulunya merupakan kantor perusahaan kereta api Belanda ini memiliki julukan bangunan dengan seribu pintu oleh masyarakat sekitar karena pintunya yang banyak. Ketika berkunjung ke sekitar bangunan Lawang Sewu pengunjung bisa merasakan suasana masa dahulu ketika masih zaman kolonial, hal ini membuat suatu keunikan yang wajib setiap orang rasakan jika berkunjung ke Semarang.

Bangunan ini tidak hanya mengandung banyak sejarah tetapi juga mengadung banyak keindahan karena itu masyarakat Semarang menjadikan Lawang Sewu sebagai kebanggaan mereka.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sejak Muda Saya Selalu Ingin Belajar Untuk Menjadi Penulis Yang Baik & Berguna! :D

CLOSE