10 Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di K-Drama, Mana Nih yang Paling Bikin Ngiler?

Makanan Korea apa yang membuat kamu ikutan ngences saat pemeran utama K-drama memakannya?

Populernya K-Drama di Indonesia ternyata memiliki dampak yang cukup besar bagi dunia kuliner. Sekarang, restoran-restoran Korea mulai menjamur di sejumlah perkotaan. Rasanya yang khas dan cocok di lidah masyarakat Indonesia, membuat makanan Korea mudah diterima siapa saja. Terlebih, banyak restoran yang berani menjamin 100% halal untuk semua menu yang dihidangkan.

Pertanyaannya, apa sih yang membuat kamu pertama kali jatuh cinta dengan makanan Korea?

90% orang menjawab karena pengaruh K-drama, terutama ketika pemeran utama memeragakan adegan mukbang. Pasti bikin auto ingin makan juga ya? Berikut 10 makanan khas Korea yang sering muncul di scene K-Drama.

Advertisement

1. Bibimbap

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Seperti namanya, bibimbap diartikan sebagai nasi campur ala Korea yang terbuat dari berbagai macam campuran sayuran, lauk pauk serta sambal merah khas Korea dengan bahan utama nasi putih (bap). Cara penyajiannya, nasi putih diletakkan di bagian dasar dolsot (mangkuk khas Korea yang terbuat dari batu atau tanah liat) dengan aneka sayur dan lauk pauk disusun di atasnya agar menarik saat disajikan, barulah tuang sambal merah khas Korea diaduk atau dicampur rata pada saat akan memakannya.

Pernah menonton K-drama Full House? Aktor utamanya, Song Hye Gyo (Han Ji Eun) dan Rain (Young Jae), pernah memerankan adegan mukbang Bibimbap di meja makan rumah mereka yang terletak di pinggir laut.

Advertisement

2. Tteokbokki

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Makanan Korea satu ini sangat cocok dan sesuai di lidah masyarakat Indonesia. Pedas kuahnya dan tekstur kenyal dari tteok membuat mulut tidak mau berhenti mengunyah. Tteokbokki tergolong makanan ringan khas Korea dengan kuah yang terbuat dari campuran saus merah khas Korea dan bumbu lainnya. Di Korea, tteokbokki biasanya dijual di warung-warung sederhana pinggir jalan maupun restoran terkenal. Jadi, bagi kamu yang main ke Korea dan bingung mencari jualan tteokbokki, jangan khawatir, karena setiap sudut Korea pasti ada yang jual terutama di malam hari.

3. Kimbap

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Makanan Korea selanjutnya adalah Kimbap, terbuat dari nasi putih (bap) dan rumput laut kering (Gim) khas Korea dengan variasi isian seperti sayuran, daging sapi atau ayam yang digulung lantas dipotong-potong. Setiap potongnya berukuran satu kali makan dan biasanya dalam satu gulung Kimbap terdapat sekitar 6 hingga 8 potong saja. Sayuran yang biasa digunakan untuk membuat Kimbap adalah bayam, wortel, timun, dan danmuji atau acar lobak berwarna kuning, sementara nasinya hanya diberi sedikit garam dan minyak wijen agar tidak terlalu hambar. 

Kamu bisa menonton Hello Ghost di mana pemeran utama mengingat kembali anggota keluarganya yang telah meninggal karena kecelakaan, setelah dirinya memakan Minari Kimbap.

Advertisement

4. Kimchi

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Kimchi adalah salah satu makanan korea yang turut terkenal berkat K-Drama. Makanan khas Korea satu ini terbuat dari sayur-sayuran yang dicampur berbagai jenis bumbu lalu difermentasi. Adapun sayuran yang sering digunakan untuk membuat kimchi di antaranya sawi putih, lobak, timun dan daun bawang yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti jahe, bawang putih, bawang bombai, buah pear atau apel, cabai bubuk, kecap ikan, udang.

Biasanya kimchi dibuat dalam jumlah besar sebagai cadangan makanan ketika musim dingin datang. Sekarang kimchi telah banyak diperjual-belikan dalam kemasan, sehingga masyarakat Indonesia tidak perlu bersusah payah membuatnya di rumah. Selain itu, kimchi bisa digunakan sebagai bahan dasar masakan lainnya yakni kimchi jjigae (sup kimchi), kimchi-jeon (pancake kimchi), dan kimchi bokkeumbbap (nasi goreng kimchi).

Di Korea, kimchi merupakan makanan yang sangat terkenal dan menjadi menu makanan wajib disajikan di meja saat hendak makan karena masyarakat Korea menganggap kimchi bukan hanya sebagi makanan tradisional tetapi juga sebagai bagian budaya dan warisan para leluhur. Banyak sekali K-Drama yang menampilkan pemeran utama memerankan adegan mukbang kimchi, termasuk drama Let’s Eat!

5. Japchae

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Berbahan dasar mie yang terbuat dari tepung ubi sehingga tekturnya lebih kenyal dan tidak mudah melunak saat terkena suhu panas. Mie ubi yang telah direbus kemudian dicampur beberapa macam sayuran seperti bayam, wortel dan jamur serta daging yang semuanya telah ditumis satu-satu (tidak berbarengan). Barulah, mie ubi beserta sayur dan daging dicampur lalu ditambahkan sedikit garam, gula, dan tentu saja minyak wijen. Japchae sering disuguhkan di hari-hari besar seperti Seollal maupun Chuseok, tapi di hari-hari biasapun kamu tetap bisa menikmatinya.

6. Ramyeon

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Siapa yang tidak kenal makanan Korea satu ini? 

Saat pemeran utama makan ramyeon, pasti auto cari mie instan di dapur deh. Bukan hanya orang Korea saja yang gemar makan ramyeon, orang Indonesia juga sama apalagi anak kos-kosan di bulan tua. Ramyeon di Korea ada banyak jenisnya, ada pedas, berkuah bahkan Ramyeon yang ditambahkan keju dalam kemasannya dan tekstur mie-nya kenyal serta sedikit tebal jika dibandingkan mie instan di Indonesia.

Cara penyajian ramyeon di Korea terbilang unik, sebab orang Korea lebih suka menyajikan Ramyeon bersama panci yang digunakan untuk memasak Ramyeon itu sendiri dan menggunakan tutup panci sebagai alas makan. Berbeda dengan Indonesia, yang selalu menyajikan mie instan di dalam mangkuk. Kira-kira k-drama apa yang pernah menayangkan pemeran utamanya makan Ramyeon?

7. Ganjang Gejang

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Masakan khas Korea selanjutnya berbahan dasar kepiting mentah yang difermentasi dengan kecap asin Korea. Ya, kepiting mentah alias tidak dimasak sama sekali. Dalam proses pembuatan dan fermentasinya, tidak ada bagian tubuh kepiting yang dibuang termasuk bagian cangkangnya yang besar. Kabarnya, Ganjang Gejang sudah dikenal masyarakat Korea sejak zaman dinasti Joseon bahkan ditulis di dalam buku peninggalan dinasti Joseon. Sudah lama banget, ya!

Adegan memakan ganjang gejang pernah dilakukan oleh Park Seo Joon dalam What’s Wrong With Secretary Kim.

8. Jjampong

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Korea memiliki empat musim dalam satu tahun dan salah satunya adalah musim dingin, dimana masyarakat di Korea lebih menyukai makanan yang disajikan hangat-hangat maupun pedas. Jjampong merupakan sajian mie pedas hangat yang digemari kala musim dingin tiba. Terdiri atas beberapa jenis seafood seperti kerang, udang, gurita bercampur sayur-sayuran seperti daun bawang dan wortel serta rasa kuah yang bercita rasa pedas semua menyatu sempurna. Masih ingat adegan Moon Sang Tae dan Ko Moon Young makan Jjampong pedas?

9. Bulgogi

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Masakan Korea Selatan lainnya yang berbahan dasar daging yang diiris tipis lalu dimarinasi bersama sejumlah bumbu di antaranya campuran kecap, gula, minyak wijen, bawang putih, lada dan jahe agar tektur daging terasa lembut sekaligus menambah cita rasa. Bulgogi dimasak dengan cara dipanggang adapula yang memasaknya menggunakan wajan dengan api bersuhu sedang dan dimasak sampai daging benar-benar matang. Cocok dimakan bersama nasi hangat.

10. Yangnyeom chicken

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Masyarakat Korea sangat menyukai makanan yang berbahan dasar ayam. Maka jika kamu sedang berlibur ke Korea Selatan tidak aneh bila kamu menemukan banyak sekali restoran yang menjual aneka makanan berbahan daging ayam mulai dari ayam goreng, ayam pedas, sampai sup ayam pedas. Bagi mereka pencinta daging ayam, ayam goreng original dan yangnyeom chicken atau ayam goreng pedas merupakan camilan yang cocok disantap bersama soju atau bir. Jika kamu pernah menonton Goblin pasti tidak asing dengan adegan malaikat maut yang setiap hari membeli ayam goreng.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE