Memang ya jaman sekarang ini semua manusia dituntut dalam hal ekonomi, itulah sebabnya banyak orang yang memilih membuka usaha sampingan untuk memenuhi semua kebutuhan itu, bahkan seorang guru pun juga melakukan hal ini. Seperti yang akan kita bahas kali ini yakni mengenai peluang usaha untuk guru dan juga bisnis untuk guru yang cocok dikerjakan.

Guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru merupakan orang yang paling berjasa bagi dunia pendidikan dan pengetahuan. Sehingga mereka sangat layak disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Saat ini salah satu masalah yang sering dihadapi oleh seorang guru adalah peran guru yang mulia tidak sesuai imbalan. Misalnya guru honorer yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang dijalani, terlebih yang tinggal di pedesaan. Walaupun mereka sebagai guru tetap pun sebagian besar masih mengalami keadaan jauh dari kata cukup atau pantas terkait dengan gaji atau imbalan sebagai seorang guru.

Seorang guru honorer atau non PNS tetap mengabdi untuk pendidikan tanpa mempermasalahkan apakah dia sudah PNS atau belum. Meskipun kenyataannya menjadi PNS bakal mendapatkan tunjangan dan gaji yang lebih besar, tapi guru honorer yang tetap tulus mengajar itu tidak bisa digantikan nilainya dengan uang berapapun besarnya. Karena daripada terus menuntut agar diangkat menjadi PNS yang itu belum tentu waktunya, lebih baik mensyukuri apa yang telah diberikannya sekarang dan mencari solusi agar kebutuhan hidup tetap bisa terjaga. Salah satunya dengan mencari bisnis sampingan guru honorer.

Guru honorer biasanya memiliki waktu luang yang cukup banyak dibandingkan guru PNS. Untuk itu, waktu luang ini sebaiknya bisa dikonversikan untuk hal-hal positif yang syukur-syukur bisa menambah penghasilan bulanan. 

Ada beberapa usaha sampingan yang bisa dilakukan guru honorer, berikut di antaranya!

1. Jualan pulsa elektrik

Produk unggulan

Produk unggulan via https://goo.gl

Tidak dapat dipungkiri era moderen sekarang ini setiap orang tidak dapat dipisahkan dengan gadget, teruma handphone yang sudah menjadi kebutuhan pokok. Jika dulu orang menggunakan handphone sekedar untuk SMS-an ataupun telponan, sekarang banyak sekali fitur yang bisa dipergunakan melalui telepon pintar. Salah satunya adalah sosial media yang paling banyak menghabiskan kuota internet. Hal inilah yang bisa menjadi peluang bagi guru honorer untuk berbisnis pulsa elektrik, termasuk untuk internetan.

2. Usaha les privat atau bimbingan belajar

Guru privat

Guru privat via https://goo.gl

Advertisement

Kegiatan belajar mengajar bagi seorang guru sudah menjadi darah daging. Oleh karena itulah seorang guru yang berpendapatan kecil sangat cocok untuk memulai usaha sampingan les atau bimbingan belajar. Beruntung jika kamu menguasai beberapa mata pelajaran karena bisa membuka usaha ini dengan klasifikasi lebih dari satu pelajaran. Usaha ini bisa dilakukan di rumahmu sendiri dengan memanfaatkan ruang tamu ataupun halaman depan. Syukur-syukur jika di dalam rumahmu ada ruang kosong yang cukup luas untuk belajar. Jika kamu memiliki keterbatasan dalam hal tempat, kamu bisa membuka usala les privat ke rumah murid. Usaha les privat tentunya lebih besar dalam hal salary. Pekerjaan ini bisa dilakukan selama 1 sampai 2 jam, baik sore maupun malam.

3. Biki kerajinan tangan lalu dipasarkan

Kreativitas kerajinan tangan

Kreativitas kerajinan tangan via https://goo.gl

Membuat kerajinan tangan adalah sebuah pekerjaan di waktu senggang yang sedang banyak digandrungi saat ini. Pelakunya pun beragam, mulai dari mahasiswa, siswa, hingga pegawai honorer. Biasanya, membuat kerajinan tangan ini didasarkan pada hobi. Tentunya sah-sah saja jika hobi tersebut dimanfaatkan sebagai usaha sampingan. Beberapa kerajinan tangan yang sedang tren saat ini adalah tas dan dompet rajutan, bros handmade, dan masih banyak lainnya. Usaha sampingan ini sangat cocok dilakukan oleh guru honorer yang ingin menambah penghasilan yaitu dengan cara menjual ke guru-guru lain dan mempromosikannya lewat media sosial. Namun, usaha ini cocok dilakukan oleh kaum hawa saja, tapi tidak ada salahnya jika dicoba oleh kaum adam.

4. Usaha di bidang pertanian

Pembangunan pertanian

Pembangunan pertanian via https://goo.gl

Usaha dalam bidang pertanian ini merupakan jenis usaha yang sebenarnya sangat cocok untuk negara kita ini. Usaha dalam bidang petanian tidak selalu bermodal besar, namun bisa juga dijalankan dengan modal kecil tergantung tanaman apa yang ingin ditanam. Bagi guru-guru di pedesaan, sangat cocok untuk berbisnis sampingan ini karena ketersediaan lahan yang masih luas. Tanaman yang cocok untuk dijadikan bisnis pertanian adalah cabai, jagung, sayur-sayuran, dan lainnya. Mengurusnya pun bisa dilakukan sepulang sekolah.

5. Jasa pengetikan dan printing

Peluang usaha pengetikan

Peluang usaha pengetikan via https://goo.gl

Advertisement

Masih banyak masyarakat yang belum memiliki komputer di rumah sehingga kebutuhan akan pengetikan dan print masih sangat tinggi. Selain itu, kesibukan yang dimiliki banyak orang membuat peluang bisnis ini cukup menjanjikan. Terutama jika kamu tinggal di sekitar kampus, sekolah dan instansi pemerintahan. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh seorang guru honorer yang ingin menambah penghasilan terutama bagi seorang guru Bahasa Inggris, tarif jasa pengetikan dalam Bahasa Inggris lebih mahal ketimbang bahasa Indonesia karena memang tidak semua orang bisa berbahasa inggris.

6. Usaha jasa Ppenerjemah

Penerjemah bahasa

Penerjemah bahasa via https://goo.gl

Usaha jasa penerjemah merupakan usaha sampingan yang cocok dijalankan oleh guru honorer bidang bahasa baik bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Arab, dan bahasa lainnya. Usaha ini tidak membutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan dan kefasihan berbahasa asing saja. Bahkan kamu dapat memulai menawarkan jasa kepada mahasiswa ataupun guru lain yang berbeda jurusan denganmu.

7. Menjual produk secara online

Semartphones

Semartphones via https://goo.gl

Salah satu bisnis sampingan yang mulai diminati para pencari nafkah tambahan adalah menjual produk secara online atau lebih dikenal dengan istilah olshop. Guru honorer pun banyak yang sudah melakukan aktivitas ini seperti menjual pakaian, sepatu, alat-alat olahraga, alat kosmetik, hijab, kain batik, makanan, dan sebagainya. Yang dibutuhkan hanyalah sosial media untuk mempromosikan produk-produk tersebut. Supaya terlihat profesional, kamu bisa membuka toko online sendiri baik di halaman facebook atau pun di toko-toko online lainnya.

8. Menulis di blog dan menghasilkan sesuatu dari sana

About blogging

About blogging via https://goo.gl

Bagi yang gemar menulis, ngeblog atau blogging adalah salah satu cara dalam mensalurkan hobby menulis tersebut. Bagi seorang guru, sangatlah banyak materi atau cerita yang bisa ditulis. Mulai dari pengalaman di sekolah, tutorial membuat perangkat mengajar, informasi seputar pendidikan, atau hal-hal lainnya yang menjadi kegemaran sang guru, namanya juga kaum intelektual yang punya banyak ide menulis. Dengan memanfaatkan blog gratis seperti blogger atau wordpress, sangat mungkin bagi seorang guru honorer menjadikan kegiatan ngeblog sebagai ladang uang. Syaratnya adalah istiqamah dan konsisten dalam menulis. Banyak sekali artikel yang membahas cara menghasilkan uang lewat ngeblog di internet.

9. Menjadi youtuber profesional

Tips menjadi youtuber

Tips menjadi youtuber via https://goo.gl

Jika kamu membuka video di youtube dan terpampang iklan, itu artinya orang yang mengunggah video tersebut adalah youtuber profesional. Mengapa demikian? Karena video yang diupload bukan sekedar untuk bisa ditonton oleh para penonton, tapi juga untuk menghasilkan uang dari iklan tersebut. Sekarang banyak sekali youtuber yang sudah sukses, sampai dibuat film berjudul Youtubers yang mengisahkan tentang kehidupan para youtuber di Indonesia. Bagi kamu yang guru honorer juga bisa memulai bisnis online ini dengan mengupload video-video bertema pendidikan ataupun hobimu. Jangan khawatir jika kamu masih pemula, karena di youtube sangat mudah untuk diterima situs penyedia iklan.

10. Jadi penulis lepas

Tertarik menjadi penulis?

Tertarik menjadi penulis? via https://goo.gl

Cuma modal komputer atau laptop, kamu bisa menjadi penulis lepas. Cukup cari majalah atau website yang menerima tulisan dari luar dan mulailah menulis. Bererapa website yang menyediakan kesempatan bagi penulis lepas adalah Babe dan UC, tentu saja masih banyak lainnya. Jika kamu seorang guru honorer, peluang ini sangat bagus karena dalam website tersebut membebaskan untuk kita menulis tulisan sesuai kategori, termasuk pendidikan dan hobi.

Selain 10 bisnis sampingan untuk guru honorer di atas, sebenarnya banyak sekali bisnis sampingan yang bisa dilakukan guru honorer. Intinya adalah mau atau tidak melakukannya. Daripada hanya termenung lesu mengharapkan untuk segera diangkat menjadi PNS, lebih baik berkarya dengan apa yang dikuasainya untuk menghasilkan sesuatu yang bermakna.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya