Influenza atau flu adalah penyakit akibat virus yang banyak menyerang di musim hujan. Penyakit ini juga muncul saat seseorang sedang stres, misalnya kecapean atau banyak pikiran. Kabar baiknya, flu dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari kalau kita mau mengatasi gejala-gejalanya, seperti demam, sakit kepala, bersin, batuk, dan pilek.

Flu juga akan mereda kalau kita menghindari faktor pencetusnya, yaitu stres. Jangan sampai kecapean atau banyak pikiran. Kalau aktivitas sedang tinggi, ibarat mau perang, persiapkan bekal amunisi yang cukup. Setelah itu istirahat yang baik untuk melepas lelah jiwa dan raga.

Nah, kabar buruknya adalah bahwa ternyata flu belum ada obatnya. Flu adalah salah satu penyakit tertua di dunia yang hingga kini masih sering nyamperin manusia, menjadi “musuh bebuyutan”. Obat-obatan yang ada hanya untuk mengatasi gejala flu saja.

Beberapa obat mengandung zat yang membuat kita mengantuk, tujuannya supaya tubuh dan pikiran kita bisa istirahat sejenak sembari memberi waktu kepada sistem imun kita untuk bekerja melawan virus flu.

Meskipun bisa sembuh sendiri, flu bisa tambah parah dan berakibat fatal kalau tidak ada upaya mengatasi gejalanya alias mendiamkan saja. Terutama pada orang-orang yang punya riwayat penyakit saluran pernapasan, misalnya asma, bronkitis, radang tenggorokan, radang paru, dll. karena bisa terjadi komplikasi. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan flu.

Berikut ini 10 tindakan yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi penularan flu secara bijaksana. Mengapa bijaksana? Karena selain untuk kebaikan diri sendiri, tindakan ini juga untuk mencegah orang lain supaya ngga ikut ketularan. Selain dapat sehat, kita juga bisa beroleh pahala kebaikan juga kan? Amin.

1. Cuci tangan sebelum makan dan minum

Cuci tangan pakai sabun

Cuci tangan pakai sabun via https://news.leavitt.com

Biasakan mencuci tangan sebelum makan dan minum karena virus flu masuk ke dalam tubuh kita lewat saluran pencernaan.

Advertisement

Selain itu, cuci tangan setelah memegang benda-benda yang ada di area umum, misalnya handle pintu, pegangan tangga (handrail), bolpoin di meja resepsionis atau customer service, komputer publik, dll.

Cuci tangannyanya juga jangan nanggung cuman pakai air aja, atau malah cuman dilap, pakai sabun atau hand sanitizer sehingga virus flu dan kuman-kuman lainnya mati.

2. Kenakan masker saat bepergian atau bertemu banyak orang

Pakai masker secara benar

Pakai masker secara benar via https://uihc.org

Maskernya yang seperti di gambar lho ya, bukan masker bengkoang atau semacamnya yang untuk perawatan kulit hehe. Masker tidak hanya melindungi atau mencegah kita ketularan flu dari orang-orang di sekitar. Tetapi juga wajib dikenakan saat kita kena flu supaya ngga menulari orang-orang di sekitar.

Advertisement

Masker harus rapat menutupi hidung, mulut, pipi, dan dagu. Rajin-rajinlah mengganti masker apalagi kalau kita yang kena flu. Masker yang dekil bikin virus flu makin kerasan di tubuhmu, malah ngajak teman-temannya yang lain sehingga flu tambah parah.

3. Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin

Bersin di kendaraan umum

Bersin di kendaraan umum via https://img.gleauty.com

Selain dianggap ngga sopan, cairan yang keluar dari mulut dan hidung pada saat kita batuk atau bersin membawa virus flu, dan ini merupakan cara penularan flu yang paling ampuh.

Cara menutup mulut dan hidung yang benar bukanlah menggunakan telapak tangan tetapi menggunakan lipatan siku bagian dalam. Kenapa? Karena tanpa sadar kita menggunakan telapak tangan untuk memegang makanan, berjabat tangan, atau menyentuh benda-benda lain.

Nah, virusnya pindah dari tangan kita nempel di mana-mana. Bawa kertas tisu atau sapu tangan biar aman.

4. Jangan meludah, buang dahak atau ingus sembarangan

Meludah sembarangan (disensor untuk etika)

Meludah sembarangan (disensor untuk etika) via http://static1.squarespace.com

Pada saat kita bersin atau batuk dan tidak ditutupi, kan ngga sengaja tuh ludah muncrat. Nah kalau yang ini lebih parah karena dengan sengaja meludah, buang dahak, atau ingus sembarangan.

Masalahnya sama, virus flu dalam cairan tersebut akan nyebar ke mana-mana. Buang ludah, dahak, dan ingus di kamar mandi, lalu guyur dengan air yang banyak sampai masuk lubang pembuangan.

Jangan belepotan ya, ga sopan menjijikkan. Kalau ngga ketemu kamar mandi bungkus dulu dengan kertas tisu atau sapu tangan lalu buang ke tempat sampah yang tertutup. Jangan ditinggal begitu saja apalagi dilempar ke jalan.

5. Bila terlanjur kena flu, yang terbaik adalah istirahat di rumah/kos

Istirahat adalah penyembuhan flu terbaik

Istirahat adalah penyembuhan flu terbaik via https://news.images.itv.com

Cara yang paling baik untuk menyembuhkan flu adalah dengan banyak beristirahat. Dengan mengurangi aktivitas, sistem imun tubuh kita akan bekerja dengan optimal dalam melawan virus flu.

Selain itu, dengan mengisolasi diri di rumah atau di kos, kita juga mencegah orang lain ketularan. Jadi, jangan egois ya tetep ngampus atau masuk kerja biar ngga bolong presensinya, tapi kita mempertaruhkan kesehatan orang lain.

6. Makan makanan yang bergizi, bila perlu konsumsi multivitamin

Buah-buahan dapat membantu menjaga kesehatan

Buah-buahan dapat membantu menjaga kesehatan via https://www.famifi.com

Perhatikan pola makan: jangan asal makan dan asal kenyang. Apalagi kalau kesehatan sedang menurun, makanlah makanan bergizi, sayuran hijau, dan buah-buahan yang mengandung vitamin C, serta minum banyak air putih.

Bila perlu konsumsilah multivitamin yang tersedia di apotek atau toko obat, karena mengandung sejumlah vitamin dan mineral dengan komposisi yang sudah diracik sedemikian rupa sehingga ampuh membantu menjaga dan memulihkan kesehatan kita.

7. Seimbangkan antara aktivitas dan istirahat, jangan begadang

Stres bikin gampang sakit

Stres bikin gampang sakit via https://media.gettyimages.com

Selain karena faktor musim, flu menyerang saat kita banyak aktivitas dan kurang istirahat. Saat sedang sibuk kita ngga leluasa memilih makanan yang baik, kadang malah sampe lupa makan.

Selain itu masih harus begadang mengerjakan tugas-tugas. Komplit deh stresnya. Situasi seperti ini paling disukai oleh virus flu karena berarti pertahanan tubuh sedang menurun. Dengan leluasa virus akan memasuki tubuh kita dan beranak pinak.

8. Jangan hujan-hujanan

Hujan-hujanan ala Bollywood

Hujan-hujanan ala Bollywood via https://secure-media.hotstar.com

Bermain air di tengah hujan memang menyenangkan, apalagi kalau tubuh sedang fit dan hati ceria karena banyak teman yang ikut kehujanan. Berasa kayak lagi syuting sinetron atau film India ya hehe. Kondisi basah dan dingin rentan terkena flu.

Oleh karena itu, setelah kehujanan segeralah mandi dengan air hangat dan kenakan baju yang kering untuk menjaga kehangatan tubuh. Bila perlu konsumsi makanan atau minuman hangat, biar hangat di luar juga hangat di dalam.

9. Minum obat bila gejala flu terasa sangat mengganggu

Minum obat untuk meredakan gejala flu

Minum obat untuk meredakan gejala flu via http://elissarnews.org

Bila gejala flu sudah sangat mengganggu jangan bersikeras menolak obat. Kasihanilah tubuhnmu karena mulai kewalahan melawan virus flu. Obatnya juga jangan sembarangan.

Konsultasikan dengan apoteker yang berjaga di apotek atau toko obat sehingga sesuai dengan kondisi tubuh kita. Sekarang banyak apotek yang sudah punya aplikasi online, juga ada Mas Gojol yang siap melayani kita.

Kalau masih enggan minum obat, cobalah mengkonsumsi madu, minum air jeruk, wedang jahe, atau makan sup bawang. Bahan-bahan tersebut mengandung berbagai zat yang dapat meredakan gejala flu. Tapi sabar ya karena efeknya ngga bisa secepat obat.

10. Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang flu

Ngobrol dengan orang yang sedang flu

Ngobrol dengan orang yang sedang flu via https://cdn.hellosehat.com

Yang dimaksud kontak langsung termasuk bicara jarak dekat, kontak fisik seperti bersalaman atau berpelukan. Ini gampang-gampang susah karena orang bisa tersinggung ketika kita menolak atau menghindarinya. Kalau masih jauh jaraknya kita kan bisa langsung kabur aja hihi.

Tapi kalau sudah dekat bagaimana? Kalau orangnya easy going, atau sudah akrab, kita bisa langsung menyampaikan apa adanya. Contoh:

“Kamu flu ya? Istirahat di rumah aja nanti nulari yang lain lho”

Nah, kalau kita belum kenal bagaimana? Bisa dikira ngga sopan kalau langsung celoteh. Mungkin bisa dengan contoh berikut ini:

“Maaf Bapak/Ibu sedang flu ya? Kalau begitu lain waktu saya datang lagi. Semoga lekas sehat.”

Ada yang punya tips lain? Atau pengalaman menarik yang berkaitan dengan flu? Yuk ngobrol di sini, kita saling berbagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya