Ketika merasa stres dengan segala urusan hidup, kamu pasti langsung ingin merencanakan liburan untuk menghilangkan segala rasa stres itu. Baik itu liburan sendiri, dengan sahabat, atau bahkan keluargamu.

Kamu mungkin bahkan sudah merencanakan jauh-jauh hari sebelum musim liburan tiba. Ingin berlibur kemana, berapa hari, dan objek wisata mana saja yang akan kamu kunjungi.

Namun terkadang, saat liburan itu tiba, malah ada beberapa hal yang membuatmu semakin stres. Untuk menyiasati hal itu, dibawah ini ada 10 tips yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi stres yang bisa saja muncul ketika sedang berlibur.

1. Pesan Tiket Lebih Awal

Pesan Tiket Lebih Awal

Pesan Tiket Lebih Awal via https://www.pikniek.com

Kalau sudah mempersiapkan liburanmu jauh-jauh hari, akan lebih baik kalau kamu sekalian memesan tiket yang akan kamu beli. Untuk tiket pesawat, bahkan ada kemungkinan kamu akan mendapatkan promo harga yang lebih murah.

Advertisement

Untuk tiket kereta, kamu bahkan tidak perlu datang ke stasiun secara langsung. Kamu bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access atau web resmi KAI.

Setidaknya h-90 dari rencana perjalananmu, kamu sudah bisa memesan tiket kereta yang ingin kamu beli. Seandainya tidak memiliki rekening sekalipun, kamu bisa melakukan pembayarannya melalui gerai mart terdekat.

2. Menyiapkan Gadget

Menyiapkan Gadget

Menyiapkan Gadget via https://www.ginibro.com

Tidak bisa dipungkiri, perjalanan yang panjang dan jauh terkadang bisa membuat seseorang merasa bosan. Apalagi jika kamu berlibur dengan anak-anakmu yang masih kecil. Rasa bosan yang mereka alami pasti akan membuat anak-anak lebih mudah rewel. Kalau sudah begitu, jadi kamu sendiri yang stres.

Advertisement

Untuk mengatasinya, sebelum berangkat akan lebih baik kalau kamu sudah menyiapkan gadget-mu. Unduh segala macam aplikasi, video, atau bahkan game untuk menghilangkan kebosanan. Jangan lupa menyiapkan earphones, baterai cadangan, dan chargers untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Bersiap Lebih Awal

Bersiap Lebih Awal

Bersiap Lebih Awal via https://www.pikniek.com

Sudah sepatutnya tidak perlu dijabarkan lagi apa pentingnya bersiap lebih awal. Mulai dari mempersiapkan seluruh barang bawaan kita setidaknya satu hari sebelum hari H, hingga keluar rumah beberapa jam sebelum pesawat atau kereta berangkat.

Selain tidak perlu terburu-buru ketika di perjalanan, kamu tidak akan mendapatkan stres tambahan karena macet di jalan. Lagipula coba bayangkan, mana yang lebih kamu pilih, berjalan santai sambil melihat-lihat deretan toko di kanan kiri, atau berlari menyusuri bandara atau stasiun dengan barang bawaanmu supaya tidak tertinggal.

Belum lagi kalau kamu datang lebih awal, kamu akan lebih mempunyai waktu lebih untuk makan terlebih dulu atau membeli camilan untuk bekal di perjalananmu nanti.

4. Mengurangi Barang Bawaan

Mengurangi Barang Bawaan

Mengurangi Barang Bawaan via https://www.pikniek.com

Jangan mau dibuat ribet dengan barang bawaan yang banyak. Cukup bawa pakaian secukupnya, lipat dengan teknik yang sepraktis mungkin, dan selalu berusaha mix and match setiap pakaian yang kamu bawa. Sehingga kamu tidak perlu membawa pakaian terlalu banyak, yang nantinya justru hanya akan membebani liburanmu.

Jika ingin membeli oleh-oleh, kamu bahkan bisa menggunakan jasa pengiriman untuk memperingkas bawaan. Atau kamu bahkan bisa membeli oleh-olehnya secara online, sehingga kamu tidak perlu lagi menyediakan waktu tersendiri untuk membeli oleh-oleh. Kamu bisa menggunakan waktu itu untuk mengunjungi tempat wisata lainnya.

5. Persiapan Keamanan

Persiapan Keamanan

Persiapan Keamanan via https://id.pinterest.com

Ketika kamu melakukan perjalanan menggunakan pesawat, pastikan kamu sudah meletakkan semua barang-barang penting dalam tas jinjing.

Benda-benda seperti uang koin, kunci, sabuk, handphone, dan perhiasan-perhiasan yang kamu kenakan. Sehingga kamu tidak perlu berlama-lama ketika berada di area security.

Jika bepergian bersama anak-anak, usahakan untuk menggunakan family lane jika ada. Karena pada dasarnya family lane memang disediakan untuk keluarga yang biasanya membutuhkan waktu lebih banyak.

Jangan lupa memberitahu anak-anak bahwa boneka yang mereka bawa juga perlu diperiksa, sehingga tidak perlu menambahkan drama tambahan di area security.

6. Rencana Kalau Delay, Karena Tidak Ada yang Tahu Berapa Lama Delay Itu Berlangsung

Rencana Kalau Delay

Rencana Kalau Delay via https://www.pikniek.com

Jika segala persiapan sudah terasa sempurna, biasanya tetap saja ada hal-hal tidak terduga. Contohnya adalah penerbangan delay atau reroute.

Selalu siaplah dengan segala kemungkinan yang terjadi itu, kalau perlu persiapkan plan B. Persiapkan camilan, pakaian ekstra, dan mainan untuk anak-anak jika perlu. Karena tidak ada yang tahu berapa lama delay itu berlangsung.

7. Jangan Menunggu Lapar

Jangan Menunggu Lapar

Jangan Menunggu Lapar via https://www.cantikbijak.com

Perut yang lapar sudah pasti akan membuat siapapun langsung mudah cranky. Apalagi kalau kamu melakukan perjalanan dengan anak-anak. Jika mereka rewel, sudah bisa dipastikan liburanmu akan penuh dengan kestresan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menyiapkan camilan dari rumah. Terutama jika kamu pergi dengan anak-anak, akan lebih baik jika sudah mempersiapkan camilan yang sehat.

Pilih jenis makanan yang berprotein dan serat tinggi seperti kacang-kacangan, buah-buahan kering, keju, ataupun telur rebus supaya bisa merasa kenyang lebih lama. Atau, kamu bisa saja makan dahulu satu jam sebelum berangkat.

8. Ingat: Yang Lainnya Juga Stres

Ingat: Yang Lainnya Juga Stres

Ingat: Yang Lainnya Juga Stres via https://www.cantikbijak.com

Perjalanan liburan, terutama yang jarak jauh, memang sangat melelahkan. Terutama jika kamu melakukan perjalanan dengan keluarga atau rombongan. Tidak hanya kamu yang merasakan lelah, anggota keluargamu yang lain mungkin juga merasakan hal yang sama.

Ketika ada hal kecil tidak terduga yang nyaris membuatmu stres atau bahkan emosimu mendadak tersulut, jangan langsung terbawa emosi.

Ambil napas panjang, tenangkan diri, dan jangan lupa kembali memasang senyum di wajahmu. Tetaplah berpikiran positif dan ingat bahwa menyalurkan emosi ke petugas bandara ataupun stasiun tidak akan membantu apapun.

9. Selalu Menjaga Kesehatan

Selalu Menjaga Kesehatan

Selalu Menjaga Kesehatan via https://www.cantikbijak.com

Tidak ada orang yang mau jatuh sakit ketika sedang berlibur. Apalagi ketika waktu berliburmu bertepatan dengan musim penghujan. Kalau kamu pergi dengan keluarga dan kamu yang jatuh sakit mungkin masih tidak terlalu buruk. Tapi kalau anak-anak yang sakit, mungkin kamu jadi terpikir untuk lebih baik pulang saja.

Untuk mengatasinya, jauh-jauh hari sebelum berlibur usahakan untuk mendapatkan suntik vitamin C dan vaksin influenza intranasal.

Jangan lupa ingatkan seluruh anggota keluarga untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah makan dan/atau melakukan sesuatu selama berlibur. Bawa selalu gel anti kuman untuk membantu menangkal kuman.

10. Menguasai Jalanan

Menguasai Jalanan

Menguasai Jalanan via https://pxhere.com

Jika melakukan perjalan dengan mobil, ada beberapa hal yang perlu kamu catat juga. Untuk menyiasati kemungkinan jalan yang macet, usahakan untuk selalu berangkat lebih awal. Jangan lupa untuk mencoba membuat perjalanan yang menyenangkan untuk si kecil.

Ajak anak-anak untuk bernyanyi dan bermain bersama-sama sepanjang perjalanan agar tidak mudah bosan. Bawa makanan dan minuman secukupnya. Istirahatlah beberapa kali untuk meluruskan kaki dan mengembalikan fokus di jalan.

Sebelum berangkat, jangan lupa untuk mengecek kesiapan mobil seperti rem, baterai, aki, roda, dan lain-lain. Bawa juga kotak p3k dan segala peralatan yang diperlukan. Sehingga perjalananmu menjadi lebih menyenangkan dan tidak menambah stres.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya