10 Skills yang Bisa Kamu Masukkan ke CV

Ini dia skill yang paling dicari oleh HRD!

Ketika kamu membuat CV, salah satu bagian yang perlu kamu masukkan adalah skills atau keterampilan yang kamu miliki. Skills ini akan menjadi penilaian penting bagi HRD untuk menentukan apakah kemampuanmu sesuai dengan yang dicari atau tidak. Skills yang dilihat dari HRD bukan hanya hard skill saja, seperti pemahaman mengenai software atau tools tertentu, namun juga soft skill.

Hard skill merupakan kemampuan teknis yang didapatkan melalui pendidikan atau pelatihan dan mudah untuk diajarkan, sedangkan soft skill merupakan keterampilan interpersonal, mencerminkan kepribadian dan atribut pribadi seseorang. Contoh dari soft skill adalah bagaimana kamu mengatasi sebuah permasalahan atau bagaimana kamu dapat beradaptasi dengan lingkungan.

Beberapa skills juga sangat diperhitungkan oleh HRD, lho! Meskipun mungkin pengalaman bekerjamu belum seberapa. Karena dari itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai top skills apa saja yang bisa kamu masukkan ke dalam CV-mu dan juga tentunya dapat menarik perhatian HRD.

Advertisement

1. Komunikasi

Berdiskusi/Photo by Antenna

Berdiskusi/Photo by Antenna via https://unsplash.com

Keterampilan komunikasi sangat dibutuhkan pada jabatan apapun dan di perusahaan manapun. Kemampuan seperti ini termasuk ke dalam soft skill dan keterampilan ini sangat penting ketika kamu berkoordinasi dengan atasan ataupun kolega lainnya.

Karena dalam dunia kerja, kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan untuk dapat berinteraksi dan berkoordinasi secara jelas. Jika kamu memiliki keterampilan komunikasi yang baik secara lisan dan tulisan, maka itu akan menjadi suatu pertimbangan penting untuk HRD meloloskanmu ke tahap selanjutnya.

Advertisement

2. Adaptasi

Dua keping puzzle bersatu/ Photo by Vardan Papikyan

Dua keping puzzle bersatu/ Photo by Vardan Papikyan via https://unsplash.com

Ketika memasuki dunia kerja, kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan baru dan cara kerja baru merupakan salah satu yang sangat dicari oleh HRD perusahaan. Bukan hanya untuk pekerja baru, namun pekerja lama juga dituntut untuk dapat beradaptasi dengan cepat.

Kemampuan beradaptasi ini bukan hanya dalam lingkungan kerja yang baru saja, namun juga kamu perlu beradaptasi dengan budaya kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut.

3. Problem solving

Advertisement
Rapat/Photo by Parabol

Rapat/Photo by Parabol via https://unsplash.com

Salah satu skill yang penting untuk ditulis dalam CV-mu adalah keterampilan dalam memecahkan masalah. Hal ini tentunya sangat penting karena dalam segala bisnis, hambatan dan rintangan akan dihadapi.

Ketika kamu menuliskan skill ini pada CV-mu, cobalah untuk menjelaskan solusi yang kamu berikan pada perusahaan sebelumnya ketika kamu menghadapi rintangan pada bagian work experience.

4. Kerjasama tim

Teamwork/Photo by Jason Goodman

Teamwork/Photo by Jason Goodman via https://unsplash.com

Dalam dunia kerja, tentunya kamu tidak akan bekerja sendiri secara terus-menerus. Meskipun mungkin kamu memiliki posisi yang diharuskan bekerja secara individual.

Karena ada saatnya kamu juga perlu bekerja sama dengan divisi lain ataupun harus dapat berkoordinasi secara tim dengan divisi lain agar pekerjaan yang dihasilkan dapat maksimal.

5. Kreatifitas

Melukis/Photo by Alice Dietrich

Melukis/Photo by Alice Dietrich via https://unsplash.com

Seiring dengan perkembangan zaman, inovasi bisnis terus berkembang. Bahkan bisnis kecilpun dapat menjadi besar di masa sekarang ini berkat adanya kemajuan teknologi dan juga keunikan dari bisnis itu sendiri.

Oleh karena itu, memiliki kreatifitas sangat penting dan berguna untuk sebuah perusahaan. HRD akan sangat memperhatikan seseoarang yang memiliki keterampilan ini. Berpikir secara kreatif ataupun memberikan solusi kreatif/ out of the box akan sangat dicari oleh HRD.

6. Manajemen waktu

Wktu/Photo by Mitchell Hollander

Wktu/Photo by Mitchell Hollander via https://unsplash.com

Waktu merupakan hal yang esensial ketika bekerja. HRD akan melihat apakah kamu dapat bekerja sesuai dengan deadline yang diberikan dan juga dapat fokus dan disiplin ketika bekerja. Manajemen waktu pada masa pandemic juga sangat berguna, karena dengan waktu kerja yang fleksibel, kita dituntut untuk tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

7. Berpikir kritis

Meeting/Photo by bruce mars

Meeting/Photo by bruce mars via https://unsplash.com

Berpikir secara kritis adalah salah satu keterampilan yang banyak dicari oleh perusaaan manapun.  Ketika kamu memiliki keterampilan ini, maka kamu akan dapat membuat pilihan dan penyesuaian yang masuk akal, sesuai dengan kondisi dan situasinya.

Kamu dapat menunjukkan keterampilanmu berpikir kritis dengan memberikan contoh, ketika kamu harus menggunakan penilaian yang baik untuk menyelesaikan sebuah proyek, meningkatkan proses, atau mencapai hasil yang diinginkan.

8. SEO

SEO/Photo by Merakist

SEO/Photo by Merakist via https://unsplash.com

Teknik pemasaran digital yang semakin canggih, membuat banyak posisi baru ataupun kemampuan yang perlu kita pelajari agar tidak tertinggal dari yang lain. Salah satu hard skill yang banyak dicari oleh berbagai perusahaan adalah SEO. Jika kamu adalah seorang yang tertarik dalam bidang digital marketing, maka memahami dasar SEO akan sangat penting bagi karirmu.

9. Software

Bekerja/Photo by ThisisEngineering RAEng

Bekerja/Photo by ThisisEngineering RAEng via https://unsplash.com

Hard skill dalam mengoperasikan software juga tidak kalah penting bagi HRD. Setidaknya, kamu tidak asing lagi dengan penggunaan Microsoft Office untuk bekerja.

Hal ini sangat penting dan mendasar karena beberapa perusahaan biasanya akan memberitahu mengenai kemampuan teknis apa yang mereka butuhkan. Dikarenakan zaman semakin berkembang, banyak software baru bermunculan dan karena itu kamu harus terus update dengan perkembangan tersebut.

10. Bahasa Asing

Kamus/Photo by Waldemar Brandt

Kamus/Photo by Waldemar Brandt via https://unsplash.com

Kemampuan lain yang perlu kamu masukkan pada CV-mu adalah kemampuan berbahasa asing. Dapat memahami bahasa asing seperti bahasa inggris, mandarin, dan lainnya akan menjadi salah satu nilai plus.

Sebab pada saat ini, klien perusahaan ataupun partner kita dalam bekerja bisa saja berasal dari negara lain dan dengan adanya seseorang yang dapat menjembatani komunikasi tersebut, maka tidak menutup kemungkinan kalau perusahaan dapat lebih berkembang lagi.

Nah, itu dia 10 top skills yang dapat kamu masukan ke dalam CV-mu agar HRD lebih tertarik untuk mengenal dirimu lebih jauh lagi pada tahapan interview. Perlu diingat kalau kamu harus memasukkan skill yang memang kamu miliki dan jangan lupa untuk memberikan contoh kasus untuk membuktikan kemampuanmu itu. Semoga bermanfaat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kinzaa adalah sebuah situs online untuk membuat CV dan Resume Online dengan mudah dan cepat.

CLOSE