10 Trik Mudah Menabung Buat Kaum Milenial, Nggak Ada Lagi Kata Susah!

Ada pepatah mengatakan hemat pangkal kaya

Menabung mungkin sudah kamu pelajari dari kecil. Hampir semua orang tua pasti mengajarkan untuk menghemat uang saku dan jangan boros. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa hemat pangkal kaya. Namun pada aplikasinya tidak semudah pepatah tersebut. Karena banyak sekali godaan dan keperluan yang menyebabkan kamu susah untuk menabung.

Apalagi di era digital ini yang kamu harus hadapi sebagai generasi milenial, dengan berbagai banyak kemudahan teknologi dan akses informasi yang mengharuskan kamu untuk tetap relevan dengan zaman. Lantas mengapa ada teman kamu yang bisa menabung?

Artikel ini akan membantu kamu untuk menyikapi uang agar uang yang kamu terima tidak cepat habis dan dapat segera menabung, yuk simak tipsnya!

Advertisement

1. Pertama, kamu harus membuat list prioritas

Image by DarkWorkX from Pixabay

Image by DarkWorkX from Pixabay via https://pixabay.com

Saat berhemat bukan berarti kamu harus pelit tidak mengeluarkan uang untuk apapun. Kamu harus membuat daftar prioritas apa yang benar benar kamu butuhkan. Mengeluarkan biaya untuk ikut dalam seminar untuk meningkatkan value kamu itu merupakan hal yang baik.

Prioritas setiap orang berbeda. Yang paling penting bagi kamu mungkin tidak penting sama sekali bagi orang lain, dan sebaliknya. Kuncinya adalah mengetahui bagaimana kamu ingin memprioritaskan uang kamu dan tidak mengeluarkan uang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan

Advertisement

2. Membuat anggaran bulanan merupakan trik yang kamu bisa gunakan agar keuangan kamu terukur

Photo by William Iven on Unsplash

Photo by William Iven on Unsplash via https://unsplash.com

Jika kamu ingin berhemat dan menabung penting untuk kamu membuat sebuah anggaran. Anggaran memiliki peranan penting dalam manajemen keuangan kamu. Kamu bisa memulainya dengan membuat kategori kategori pengeluaran yang sudah kamu tentukan, anggaran operasional tentu memiliki porsi yang paling besar. Untuk menabung buatlah persentase dari total pendapatan kamu dalam sebulan dan lakukan pada awal kamu menerimanya.

3. Cermat belanja bulanan agar kamu gak jajan mulu

Photo by Jacques Bopp on Unsplash

Photo by Jacques Bopp on Unsplash via https://unsplash.com

Beberapa orang enggan melakukan belanja bulanan karena merasa lebih boros. Namun apabila kamu cermat melakukanya maka belanja bulanan akan lebih hemat dan terkontrol pengeluaran kamu. Salah satunya dengan membeli bahan makanan untuk membawa bekal dan makan di rumah dalam sebulan.

Kamu bisa menghemat banyak uang karena membatasi beli makan di luar dan membawa bekal ketika bekerja. Bayangkan saja berapa uang yang kamu harus keluarkan apabila setiap harinya kamu membeli makan di luar. Belum lagi ketika kebutuhan rumah tangga habis kamu harus membeli ke minimarket atau warung terdekat. Menggunakan pencatatan dan perencanaan sebelum belanja bulanan adalah hal bijak untuk menghindarkan pembelian barang yang tidak dibutuhkan.

Advertisement

4. Menggunakan transportasi umum selain irit, kamu juga membantu mengurangi polusi udara

Photo by Triantoro Sulistio on Unsplash

Photo by Triantoro Sulistio on Unsplash via https://unsplash.com

Saat ini transportasi umum bisa salah satu alternatif kamu dalam berhemat karena tarif yang ada masih cukup terjangkau, misalnya saja transjakarta cukup bayar 3.500 kamu bisa bebas transit kemana saja. Untuk naik KRL pun tarifnya tidak jauh berbeda, kamu mungkin menghabiskan 3.500 sampai dengan 7.000 sesuai dengan jarak tujuan kamu.

Kamu bisa bandingkan apabila menggunakan kendaraan sendiri biaya yang kamu keluarkan seperti bensin, tol, parkir dan yang sering lupa adalah biaya pemeliharaan kendaraan yang harus lebih rutin kamu service tentunya dengan menggunakan transportasi umum jauh lebih murah

5. Lebih hemat dengan memilih layanan bundling

Photo by Leon Seibert on Unsplash

Photo by Leon Seibert on Unsplash via https://unsplash.com

Kamu pasti membutuhkan layanan internet dan telepon sebagai penunjang kerja kamu. Selain itu mungkin kamu hobi menonton tv kabel. Pilihan yang bijak untuk kamu memilih layanan bundling yang mencakup seluruh layanan yang kamu butuhkan seperti telepon, internet dan tv kabel menjadi satu.

Gunakan sebaik baiknya dengan mengetahui seberapa penting layanan yang kamu butuhkan. Apabila merasa tv kabel jarang kamu tonton, cukup gunakan layanan internet dan telpon saja

6. Pertimbangkan baik baik sebelum hangout

Photo by Toa Heftiba on Unsplash

Photo by Toa Heftiba on Unsplash via https://unsplash.com

Hangout di luar sebenarnya tidak salah namun kamu harus bijak dalam menentukan pengeluaran uang kamu saat hangout tersebut. Kamu bisa lakukan budgeting terlebih dahulu, berapa persen budget untuk kamu hangout setiap minggunya. Tentu dengan membuat budgeting terlebih dahulu maka pengeluaran kamu akan lebih terkonsep.

7. Batasi penggunaan peralatan elektronik agar biaya listrik tidak bengkak

Photo by Zulki Jrzt on Unsplash

Photo by Zulki Jrzt on Unsplash via https://unsplash.com

Penggunaan elektronik di rumah mungkin tidak bisa kamu hindari namun paling tidak kamu bisa kurangi. Biasakan untuk menggunakan peralatan elektronik dengan efisien yaitu dengan melakukan hal hal kecil seperti mematikan tv, mematikan lampu apabila tidak digunakan dan menggunakan AC seperlunya. Selain berhemat kamu juga membantu menjaga lingkungan dengan menghemat pemakaian listrik.

8. Simpan uang receh yang kamu dapat, yaa dikit dikit bisa jadi bukit kan?

Photo by Michael Longmire on Unsplash

Photo by Michael Longmire on Unsplash via https://unsplash.com

Sebagian besar orang akan mengabaikan recehan yang dipunya. Salah satu tips yang bisa kamu coba adalah menabung uang receh. Kamu bisa sediakan toples atau celengan plastik sebagai wadah kamu untuk menabung. Peraturannya adalah kamu akan memasukan uang receh atau koin yang kamu temui pada kantong kamu tak terkecuali. Memang tidak signifikan jumlahnya namun dengan membiasakan hal tersebut tanpa kamu sadari kamu mulai terbiasa untuk berhemat.

9. Batasi beli kopi dan boba

Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Photo by Nathan Dumlao on Unsplash via https://unsplash.com

Nah ini juga merupakan hal yang bisa menyebabkan bocor alus pada rekening kamu. Apalagi saat ini beragam dompet digital yang ada akan memudahkan kamu melakukan pembayaran kepada merchant. Ditambah lagi gimmick dengan banyaknya promo dan cashback menimbulkan hasrat impulsif kamu untuk jajan.

10. Stop layanan langganan yang tidak kamu gunakan

Photo by Jens Kreuter on Unsplash

Photo by Jens Kreuter on Unsplash via https://unsplash.com

Apabila kamu sudah terlanjur melakukan langganan ke beberapa layanan kamu bisa pertimbangkan kembali layanan yang mana kamu harus stop dan lanjut. Pergunakan layanan semaksimal mungkin dan benar kamu butuhkan agar dapat bermanfaat dan juga hemat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE