Solo Traveling? Yakin? Sendirian? Why Not?!

Terdengarannya memang menakutkan,guys. Terlebih untuk seorang wanita. Namun terkadang teman perjalanan yang terbaik yang bisa kita dapatkan adalah diri kita sendiri. Kebanyakan dari kalian berpikir bahwa Travelling seorang diri adalah hal yang menakutkan dan sangat tidak menyenangkan. Opini tersebut sangatlah wajar, karena sebagian besar dari kalian belum pernah mencobanya. Travelling sendirian atau yang lebih kita kenal sebagai Solo Travelling sebenarnya jauh lebih mudah dari yang kita bayangkan. Kita mendapatkan kebebasan, bahkan pengalaman yang luar biasa. Dan travelling untuk wanita adalah obat yang mujarab bagi mereja untuk menyeimbangkan kehidupan normalnya.

Dengan Solo Travelling kamu akan menemukan ‘dirimu sendiri’ yang mungkin selama ini tertutupi oleh kesibukan-kesibukan yang kamu lakukan. Solo Travelling akan membuat kamu sibuk dengan dirimu sendiri, it’s a perfect me time. Dengan Solo Travelling kamu, kamu akan berusaha mendalami dirimu sendiri di suatu tempat yang tidak pernah kamu lihat sebelumnya, di tempat asing yang sama sekali tidak kamu ketahui betul, dan disitulah justru kamu akan menemukan dirimu sendiri. Dan menurut survey dari HostelBookers, alasan utama melakukan solo travelling adalah (1) mendapatkan kebebasan, (2) memperoleh sense of adventure , dan (3) menemukan diri sendiri (self dicovery). Berikut ini 11 Alasan kenapa wanita harus mempertimbangkan untuk mencoba berpergian sendiri atau Solo Travelling :

1. Kamu Akan Merasakan Kebebasan

Solo travelling

Solo travelling via https://www.google.com

Yes! This is it. Freedom is the first thing you get! Bagi wanita yang sebagian besar menghabiskan waktunya untuk urusan kantor,yang notabene berada dibawah komando bos, solo travelling akan mengenyahkan segala perintah dan komando yang ada, dan it's time to set your own rules!

Advertisement

Solo travelling akan membuatmu merasa bebas untuk menentukan apa yang akan kamu lakukan di hari itu. Dimulai dari destinasi mana dulu yang akan kamu kunjungi, makan apa, bahkan ingin naik apa semuanya betul – betul kamu sendiri yang mentukan. Mungkin terdengar sepele, tapi percayalah ada kepuasan tersendiri ketika kamu dapat melakukannya. You can decide for everything you want! Bahkan kamu bisa menikmati waktu untuk sekedar berleyeh leyeh di kamar hotel atau homestay.

2. Semua Bisa Dilakukan Sendiri

female solo travelling

female solo travelling via https://www.google.com

Di Indonesia, seringkali aktivitas wanita diidentikan dengan hal hal yang bersifat komunal. Atau bisa diartikan bahwa apapun yang dilakukan haruslah secara bersama – sama. Makan bersama, sampai dengan ke toilet pun harus bersama. Dan karena hal itulah, sering kali wanita merasa ketakutan untuk melakukan hal tersebut sendirian.

Dengan solo travelling, kamu akan menyadari bahwa semuanya bisa dilakukan sendiri. Mulai dari booking penginapa, pesan tiket keberangkatan, pergi ke stasiun ataupun bandara, pergi ke toilet, cari tempat makan atau nongkrong, makan sendiri, sampai dengan pergi sendiri ke tempat-tempat yang menjadi destinasi pilihanmu. Dan tidak ada yang aneh dengan kamu melakukan hal-hal tersebut sendirian. Sewaktu penulis memutuskan untuk pergi ke Dieng seorang diri dengan menaiki transportasi warga yang melewati jalanan naik turun dengan menggunakan rem angin, penulis sempat mikir would it be okay if i go there alone? And it's all just okay.

3. Falling In Love More With What You See

solo backpaker

solo backpaker via https://www.google.com

Advertisement

Solo travelling membuat kita lebih fokus pada apa yang ada disekitar kita. Hal tersebut dikarenakan waktu kita tidak akan habis untuk mengobrol bersama dengan partner travel kita. Namanya juga solo travelling, jadi jelas gak akan ada travel partner. Selain membuat kita lebih fokus, solo travelling juga akan membuat kita jatuh cinta lebih dalam dengan apa yang kita lihat, pemandangan alam, bangunan kuno, lukisan, sungai sampai dengan daun-daun yang berguguran semuanya akan kamu nikmati. We appreciate more on the things we see. Dengan solo travelling kita memiliki waktu lebih banyak untuk berkontemplasi. Dan itu akan tetap membekas di memori kita pasca travelling.

4. Kamu Akan Bertemu Orang Asing

travelling partner

travelling partner via https://www.google.com

Bertemu dengan orang baru, teman baru, dan pengalaman baru. Dengan menjadi solo traveller kamu bisa mendapatkan kesempatan bertemu dan mendapatkan banyak relasi di tempat – tempat yang belum pernah kamu duga sebelumnya. Selain itu, kamu belajar menjadi lebih sabar dan pengertian. Kamu juga akan medidik dirimu sendiri, melalui bahasa, budaya, tradisi ataupun makanan khas daerah. Kamu juga akan belajar untuk hidup di dunia yang sama sekali berbeda dengan yang kamu ketahui sebelumnya.

Saat solo travelling di Yogyakarta, penulis bertemu dengan dengan beberapa orang asing yang begitu baik dan membuka pikiran penulis, dimana sebagian besar pun adalah pria. Bahkan penulis sempat menginap di sebuah hostel dengan jenis kamar 4 bed mix dormitory, yang artinya penulis akan tidur sekamar dengan tiga orang asing entah wanita atau laki-laki. dan pada saat itu, penulis mendapatkan teman sekamarnya adalah tiga orang pria asing. Dua berasal dari Australia, dan satu berasal dari Jerman. Sementara penulis adalah wanita satu-satunya dikamar itu. Bahkan di hari terakhir penulis di Yogyakarta, kami sepakat untuk berpergian seharian bersama, hingga akhirnya kami pun kini menjadi teman. Dan sampai sekarang kami masih berkomunikasi.

5. Kamu Keluar Dari Zona Nyaman

Lupakan zona nyaman. Sebagai wanita solo traveller tidak lagi peduli untuk tampil dengan make-up dan bisa bersiap – siap untuk tampilan fisik sempurna. Jadi wanita solo traveller tidak bergantung pada orang lain untuk bisa mendapatkan kenyamanan ya, ladies. Karena cantiknya wanita adalah ketika dia mampu tersenyum lepas.

6. Solo Travelling Adalah Proses Penyembuhan

Happy Girl Backpaker

Happy Girl Backpaker via https://www.google.com

Apakah kamu baru saja mengalami putus cinta, kehilangan orang terpenting dalam hidupmu, atau kamu tengah galau menentukan langkah dalam hidupmu? Guys, gak sedikit dari sekian banyak wanita yang patah hati akhirnya melakukan solo traveller, termasuk penulis pada awalnya. Perjalanan ini bakal membantumu untuk menyembuhkan lukamu. Yah, kalau beruntung bisa jadi kalian akan menemukan partner traveller sekaligus partner hidup.

7. Menghargai Hal-Hal Kecil

female solo travelling

female solo travelling via https://www.google.com

Saat menjadi solo traveller, semua hal akan kita lakukan dan rencanakan sendiri. kebiasaan yang mungkin saja dahulu bisa dilakukan dengan orang lain semua akan kamu lakukan sendiri, ladies. Kamu akan belajar untuk menghargai hal – hal kecil dalam hidup. Air bersih yang mengalir, tidur di tempat yang empuk dan aman, makanan apapun itu dan kebaikan serta kasih sayang orang lain. Ini adalah hal sederhana yang kamu butuhkan, apapun itu bentuknya wajib untuk disyukuri.

8. Kamu Akan Menemukan Dirimu Sendiri dan Mencintai Diri Sendiri

Wanita Bebas

Wanita Bebas via https://www.google.com

Perjalanan menjadi solo traveller wanita tidah hanyak akan memberimu kepercayaan diri dan kemandirian, tetapi juga mengajarkanmu untuk mencintai diri sendiri.Sebagai wanita, kita cenderung membandingkan diri sendiri dengan wanita lainnya, bahkan bersaing dengan mereka sampai kamu lupa apa keistimewaanmu. Dengan travelling sendirian, kamu akan belajar bahwa ada begitu banyak orang yang berbeda di luar sana, bentuk tubuh yang berbeda, kepribadian yang berbeda, sudut pandang yang berbeda,warna rambut yang berbeda, budaya yang berbeda,dan masih banyak hal lainnya yang berbeda diluar sana. Kita semua berbeda, dan kita semua istimewa, ladies!

9. Kamu Akan Merasa Kesepian

Wanita Kesepian

Wanita Kesepian via https://www.google.com

Kenapa kesepian ketika travelling itu adalah hal yang bagus? Karena dengan begitu kalian dapat menghargai setiap moment yang berlalu dan tentunya kalian akan sadar betapa berharganya setiap orang yang hadir dalam hidupmu. Kalian tentunya akan merindukan saat – saat bersama sahabat, keluarga ataupun orang terdekat kalian. Dengan sendirian, kalian akan menyadari bahwa banyak orang yang membutuhkan kalian ataupun yang kalian butuhkan dalam hidup.

10. Berani Mengambil Keputusan dan Siap Dengan Segala Konsekuensinya

Wanita petualang

Wanita petualang via https://www.google.com

Seringkali wanita dilanda keraguan untuk mengambil sebuah keputusa dalam hidup (termasuk penulis). Tidak jarang keputusan diambil karena orang lain, sehingga terkadang mengakibatkan pada penyesalan. Dengan solo travelling, kalian akan menjadi lebih berani dalam melakukan banyak hal. Solo travelling akan membawa diri kita untuk belajar mengambil sebuah keputusan-keputusan kecil dalam perjalanan kita, yang tentunya juga disertai dengan konsekuensi yang siap kita terima, ladies. "My life, my travel and my decision!"

11. Kamu Menyadari Bahwa Hidup Tak Hanya Soal Tujuan Kita, Tetapi Perjalanannya Juga Melengkapi Indahnya Hidup Kita

wanita tertawa

wanita tertawa via https://www.google.com

Bukan soal tujuan yang kita tuju, tetapi perjalanan dalam mencapai ke sana. Tujuan tidak seberapa dari proses tujuan. Saat yang paling menyenangkan dati solo travelling adalah saat akan berangkat hingga detik ketika kita akan tiba pada tempat tujuan.

Dari solo travelling kita akan belajar banyak hal mengenai bagaimana menghargai proses, perjalanan dan tantangan dalam hidup. Termasuk tantangan mengenali dirimu sendiri, dan mengendalikan dirimu sendiri.

Solo travelling will give you a different way of life, a soul to be found, and breathtaking moments.

Jadi gimana ladies? Kamu mau mencobanya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya