#DiIndonesiaAja-Serunya Menjelajahi Lereng Merapi dengan Jip. Memacu Adrenalin Sekaligus Menambah Pengetahuan juga, lho!

Wisata Kaliurang, Yogyakarta.

Semua orang pasti kenal dengan Gunung Merapi, sesuai namanya gunung dengan ketinggian 2930 mdpl ini termasuk salah satu dari sepuluh gunung berapi teraktif di dunia lho. Nah bagaimana jika menjelahi Merapi dengan menggunakan jip? Menikmati keindahan alam lereng gunung, menambah pengetahuan tentang erupsi Merapi, sekaligus memacu adrenalin kalian juga..  Sudah kebayangkan serunya?

Yups! Menjelajahi lereng Gunung Merapi dengan jip bisa menjadi pilihan wisata yang menyenangkan dan sudah pasti akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan. Apalagi kalau berwisata bersama orang tersayang seperti keluarga, teman, atau kekasih. Jeep Tour Merapi yang hanya ada #DiIndonesiaAja nihh.. Yuk simak~

Advertisement

1. Sebelum seru-seruan mengendarai jip, tak ada salahnya jika menikmati dulu hijaunya Tlogo Putri yang menjadi starting point Jeep Tour Merapi

dokumentasi pribadi dari @r.camilia

dokumentasi pribadi dari @r.camilia via http://instagram.com

Tlogo Putri menjadi starting point untuk Jeep Tour Merapi sehingga tak heran menjadi tempat yang paling banyak dituju oleh wisatawan. Ada beberapa paket tur yang ditawarkan disini. Mulai dari paket satu hingga lima dengan harga 300.000 s.d 550.000 rupiah. Setiap paket menawarkan destinasi dan durasi tur yang berbeda ya.

Nah, sambil menunggu antrian jip, tak ada salahnya jika menikmati dulu Tlogo Putri dan sekitarnya. Pasalnya,  perpaduan hijaunya telaga dengan bukit yang menjulang tinggi di sekelilingnya serta monyet yang berkeliaran dapat memanjakan mata kita nih.

Advertisement

Selain itu, telaga yang terletak di Kaliurang, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga menawarkan berbagai wahana air seperti persewaan kano ataupun perahu bebek. Tersedia juga permainan anak seperti jungkat jungkit, ayunan, flying fox dan masih banyak lagi. Sangat cocok untuk liburan keluarga ya.

Oh iya, Tlogo Putri sendiri satu wilayah dengan Air Terjun Tlogo Muncar lho. Akan tetapi karena masih era kenormalan baru, wisata air terjunnya ditutup sementara ya.

2. Yuk mengenang peristiwa dahsyatnya erupsi Merapi di Omahku Memoriku

Advertisement
dokumentasi pribadi dari @r.camilia

dokumentasi pribadi dari @r.camilia via http://instagram.com

Setelah kurang lebih setengah jam mengendarai jip di jalan yang berliku-liku, terjal, dan menanjak, akhirnya sampai juga di destinasi kedua dari Jeep Tour Merapi. Ya! Museum Mini “Omahku Memoriku” yang menjadi saksi bisu dahsyatnya Erupsi Merapi tahun 2010 silam.

Di sini kalian akan menjumpai perabotan rumah tangga yang sudah tak berbentuk karena terdampak panasnya wedus gembel Merapi. Mulai dari meja, kursi, piring, gelas, sendok, dispenser, jam dan masih banyak lagi. Bahkan ada kerangka sepeda motor dan tulang belulang hewan peliharaan warga sekitar. 

Terpajang juga berbagai foto korban yang terdampak, bagaimana proses evakuasi dilakukan, rumah sang juru kunci Mbah Maridjan, dan foto-foto lain yang menggambarkan keganasan Merapi kala itu. Dengan melihatnya saja kalian bisa ikut merasakan pedihnya peristiwa sepuluh tahun yang lalu. Peristiwa yang sangat memilukan karena merenggut banyak korban.

Kalian juga dapat menjumpai lava yang telah beku menjadi bebatuan yang dinamakan warga sekitar Lava Boom serta gunungan abu vulkanik dari peristiwa erupsi Gunung Merapi.

3. Jangan kaget, batu sisa erupsi merapi ini mirip wajah manusia lho!

dokumentasi pribadi dari @r.camilia

dokumentasi pribadi dari @r.camilia via http://instagram.com

Warga sekitar menyebutnya Batu Alien. Batu besar sisa erupsi Merapi ini sekilas tampak seperti wajah manusia. Jika melihatnya dari sudut pandang tertentu, lekukan di dasar batu memang mirip dengan bentuk mata, hidung, dan mulut. Unik ya?

Untuk tiba di tempat Batu Alien ini berada, kalian akan melewati wisata Kaliurang yang tengah hits sekarang ini, seperti Stonhenge dan The Lost World Castle. Kurang lebih hanya butuh waktu sepuluh menit saja dari Museum Mini. 

Selain ikon bongkahan batu vulkaniknya, Wisata Batu Alien juga menyuguhkan panorama yang sangat menakjubkan. Gunung Merapi yang terlihat jelas dengan pepohonan asri di sekitarnya, curamnya jurang, kokohnya tebing, lekukan sungai, serta jalan terjal di mana truk pasir berlalu lalang menambah apik pemandangan.

Tak heran, jika di kawasan ini telah tersedia berbagai spot foto ciamik seperti gardu pandang, perahu besar berlatar belakang jurang dan sungai, ayunan gantung dan spot-spot lain yang instagramable banget nih.

4. Bunker kaliadem, tempat perlindungan bawah tanah yang ikut tersapu oleh ganasnya merapi

dokumentasi pribadi dari @r.camilia

dokumentasi pribadi dari @r.camilia via http://instagram.com

Jalan yang harus ditempuh untuk bisa sampai di Bunker Kaliadem lebih menantang dari pada sebelumnya nih. Selama kurang lebih lima belas menit kalian akan melewati jalan yang sangat sempit, bebatuan, pasir, serta menanjak yang otomatis menambah sensasi off road menggunakan jip.

Selain itu, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat eksotis. Karena semakin mendekati bungker, Merapi semakin tampak jelas. Ya! Jarak antara Merapi dan bungker memang tidak begitu jauh.

Bunker Kaliadem sendiri berada di lereng Gunung Merapi dan dibangun di bawah tanah dengan tujuan sebagai tempat perlindungan apabila terjadi letusan Merapi. Akan tetapi, ganasnya Merapi menyapu habis tempat ini. Material-material letusan Merapi bahkan masuk ke dalam bunker yang sekarang telah mengeras menjadi bongkahan batu besar di dalam bunker.

Menurut warga sekitar, ada banyak korban yang kehilangan nyawanya di Bunker ini. Diantaranya salah satu relawan yang juga ditemukan tewas ketika berendam di kamar mandi bungker saat erupsi Merapi terjadi. 

5. Sebelum pulang, saatnya memacu adrenalin dengan off road di track Air Tempuran

dokumentasi pribadi dari @r.camilia

dokumentasi pribadi dari @r.camilia via http://instagram.com

Akses menuju sungai atau track Air Tempuran ini terbilang cukup sulit. Tanah bebatuan, curam, serta sempit mengharuskan salah satu jip mundur jika sampai berpapasan dengan jip yang lain.

Adrenalin kalian terpacu di track Air Tempuran ini. Kalian akan benar-benar merasakan serunya off road menggunakan jip. Sang sopir-pun dengan baik hati menambah kecepatan ketika turun ke sungai. Alhasil air sungai menyembur tinggi keatas dan otomatis membasahi baju kalian. Kebayangkan serunya? So, siap-siap basah kuyup ya, jika ingin menjelajah Merapi dengan jip dan jangan lupa membawa baju ganti. 

Itu dia serunya menjelajah lereng Merapi dengan jip. Kalian dapat memacu adrenalin, mengetahui sejarah erupsi Merapi yang merenggut banyak korban tahun 2010 silam, plus  tentunya dapat melepas penat dengan menikmati ciptaan Tuhan yang luar biasa. Ya! cukup dengan #DiIndonesiaAja, gak perlu jauh-jauh ya, liburan yang tak akan terlupakan bisa terwujud.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE