#DiIndonesiaAja-Menikmati Panorama Bareng Tersayang, Coba Deh Sesekali Mampir ke Pasir Putih Malikan. Jember Punya Objek Menawan Serasa di Amsterdam.

Ajak Kesayanganmu segera, Nikmati Indahnya Papuma. Sini main ke Jember aja.

Suasana hiruk pikuk dentuman ombak adalah suatu khas yang harus dinikmati bunyinya. Desir pasir membuat manusia yang sedih menjadi sumringah, hamparan luas membiru membuat siapa dia tak kan pernah lupa mengabadikan momen panorama ciamiknya. Adalah pantai yang masih saja menjadi primadona wisata alam yang masih diminati pengunjungnya.

Advertisement

1. Sejauh mata memandang, pantai masih menjadi obat dari segala penat ketika manusia atau siapapun dia yang sedang dilanda stress berat.

photo by @eno_damayanti on instagram

photo by @eno_damayanti on instagram via https://www.instagram.com

Nama salah satu pantai yang ada di Jember ini memang cukup unik didengar yang mana diambil dari sebuah akronim Pasir Putih Malikan. Dan mungkin bisa dibilang terlalu panjang bila ingin mengatakan, masyarakat Jember sering terlanjur menyebut dengan singkatan Papuma. Pantai di Jember ini memang salah satu pantai yang memiliki panorama begitu menakjubkan serasa kamu sedang di Amsterdam yang membuat para pengunjung tak kuasa melihat dan menikmatinya kalau hanya sendirian.

Pantai Papuma ini memang beda dari wisata pantai lain yang ada di Jember. Yang mana Papuma ini adalah wisata tanjung, seolah daratan pantai yang menjorok ke lautan dan pasirnya putih menawan, tak seperti pantai yang ada di Kota Jember.

Advertisement

Sebuah destinasi karang besar yang menjulang tinggi didepan bagian pantai, dan sekelilingnya di lingkari karang-karang kecil. Keunikan dari batu karang inilah yang menjadi spot andalan para pengunjung untuk mengabadikan momen bersama yang tersayang. Nikmatnya saat ombak tak begitu besar, kita bisa berjalan menyusuri karang sambil bergaya khas instagramable zaman sekarang. 

Seringnya para pengunjung mengabadikan moment kenangannya bersama sahabat, keluarga bahkan pasangan yang ingin mendapati sebuah foto pre wedding di sinilah tempatnya. Untuk tiket masuk berkisar antara Rp.15.000,- per orang, masih standar dan tidak menguras kantong bukan? Disana pula ada salah satu batu karangnya memiliki gua. Gua ini bernama gua lawa, dalam bahasa jawanya maksud dari “Lawa” adalah “Lowo” yang memiliki arti kelelawar. Gua ini bisa dilihat ketika ombak sedang surut saja. Konon mitos dari sebuah gua ini adalah sebuah kisah masyarakat lokal, yaitu tempat bersemayamnya Dewi Sri Wulan, salah satu putri penguasa Pantai Selatan. Dewi Sri Wulan ini kononya yang menjadi penunggu di pantai Papuma.

Advertisement

Karena pantai ini masih dalam satu jalur dari beberapa pantai selatan yang ada di Jember, yang mana lokasi tempatnya berada di Desa Lojejer, Kec Wuluhan, Kabupaten Jember. Apabila kalian ingin berkunjung ke Papuma rute dari Kota Jember hanya berjarak 45-50 km per jam, dengan waktu tempuh kira-kira sekitar 1,5 jam.

Walau rute menuju pantai cukup terjal, karena jalur yang dilewati menuju pantai terbilang sedikit rawan yang berupa tanjakandan jurang terjal, disarankan bagi kalian apabila ingin berkunjung untuk menggunakan kendaraan rental mobil, atau sopir yang handal.

Sebuah pantai yang indah dan menawan, membuat hati dan fikiran para pengunjung hilang dari segala kepenatan, kamu bisa berfoto cantik, sambil menaiki tebing suatu karang, melihat indahnya panorama menakjubkan dari atas. Bagi kalian yang menginginkan camping atau membeli jajan juga jangan khawatir, karena adanya fasilitas hotel dekat pantai, dan aneka restaurant yang menyajikan hidangan khas dari seorang nelayan yang murni mereka yang mencari ikan.

Tak perlu jauh-jauh ke Negeri Amsterdam, kalau Indonesia juga jauh lebih keren dan menakjubkan pantainya untuk dipandang, Yuuuuk main Ke Jember, kamu bisa diving, bisa menyewa perahu untuk susur pantai dengan seorang nelayan yang ulung nan menyenangkan. 

2. Jadi senang

photo by @frizka_ayu

photo by @frizka_ayu via https://www.instagram.com

Seperti apa yang sudah kami paparkan, suasana hati sedih bisa jadi senang, seperti pada rindu kepada pasangan yang jauh serasa terbalaskan, kamu bisa memanfaatkan spot yang indah untuk mengukir kenangan indah bersama pasangan.

3. Wisata Pantai

photo by @end.poem

photo by @end.poem via http://https

Itulah salah satu wisata Kota kami Jember tercinta, jangan enggan untuk menyapa keindahan alam Semesta. Menikmati sunrise sunset bersama, lebih menyenangkan rasanya bila kalian mengabadikan moment bersama siapapun itu juga. Bukanlah suatu kewajiban bagi kita untuk merawat budaya, wisata kearifan lokal.

Karena itu, apabila kalian berkunjung, untuk baiknya juga merawat dan tidak merusak epicnya, membuang sampah pada tempanya, demi kenyamanan para pengunjung dan sekitarnya. Cintai Alammu, sebagaimana kau mencintai dirimu.  

4. Kuasa Semesta

photo by @eno_damayanti

photo by @eno_damayanti via http://https

Menikmati Kuasa Semesta membuatmu akan selalu bersyukur atas apa yang diciptakan sedemikian rupa. Papuma adalah panorama primadona bagi para pengunjung yang mendatanginya. 

5. Paling menyenangkan

photo by end_poem

photo by end_poem via http://https

Jadikan perjalanan sebuah pengalaman yang paling menyenangkan, kelak kau akan ceritakan linimasamu pada putra putri masa depan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE