Menjelajah indahnya kota London dengan biaya minimalis

Aduhhh… Pernah nggak sih kalian kebayang, kalau pas kalian lagi mau asik-asiknya liburan ke Inggris tiba-tiba waktu kalian sampai sana dompet kalian hilang? Terus uang di kantong kalian juga tinggal dikit? Pasti kalian BT(Bored Totally) banget kan? Semua planning yang udah kalian bikin dan jadwal yang udah kalian susun baik-baik setiap rinci demi rincinya hancur berantakan tak tersisa. Padahal tiket kepulangan pesawat kalian masih 5 hari lagi?

Tapi nggak usah galau, apalagi sampe harus ngurung diri di toilet umum. Inggris tidak sejahat yang kalian fikirkan kok. Dengan uang yang tersisa di kantong kalian, ya meskipun saya tahu itu tidak banyak, hehehe. Aku yakin kalian masih bisa berlibur di Inggris dengan bahagia kok dan pulang ke Indonesia apalagi dengan membawa segudang pengalaman yang tidak terlupakan secara gratis dan murah. Ya, minimal mengisi feed Instagram kalian.

Namun, sebelum saya sebutkan daftar destinasi wisata mana saja yang dapat kita akses secara gratis di London. Kita bahas dahulu Habbit dan kebudayaan mereka. Jangan sampai waktu kita berlibur di Inggris kita harus terlibat masalah di sana. Jadi, berikut adalah daftar habbit atau budaya orang Inggris :

  1. Panggilah mereka menggunakan Mr., Mrs. atau Sir untuk mereka yang lebih senior
  2. Jangan takut berbicara dengan mereka. Orang Inggris memang sedikit kaku pada saat pertama kali bertemu.
  3. Jangan pernah menawar harga, karena di Inggris hal tersebut dianggap tabu untuk dilakukan.
  4. Orang Inggris tidak suka untuk membicarakan gaji.
  5. Pada saat mengantri, jangan pernah sesekali untuk melompat antrian.

Nah, setelah mengetahui hal tersebut. Saya yakin kalian dapat berlibur di London dengan tenang dan bahagia hingga 5 hari ke depan.

Hari Pertama

Di hari pertama kalian, saya sarankan agar kalian menenangkan diri sambil berjalan – jalan mengenali infrastruktur dan tata ruang di Inggris.

1. Stockley Park

Setelah sesampainya kalian di bandara heathrow airpot dengan pikiran yang di penuhi kegalauan yang luar biasa, segeralah bergegas ke tempat ini untuk melampiaskan semuanya dan menyegarkan pikiran kalian. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari bandara menjadika ia alternative terbaik untuk anda menyegarkan pikiran.

Beristirahatlah sejenak di sana dan fikirkan lebih matang plan-plan anda yang baru di temani hijaunya rumput dan danau di sana. Tapi hati-hati di sana merupakan area golf yang disewa jadi pilihlah spot yang tidak berbayar.

2. Trafagal Squere

Trafagal Squere

Trafagal Squere via https://www.london.gov.uk

Advertisement

Setelah semua penat hilang dan hari menjelang siang. Bergegaslah menuju Trafagal Squere yang merupakan sebuah monument yang dibangun di tengah kota London guna mengenang pertempuran di Inggris Raya, bernama perang Trafagal. Di sana anda bisa bertemu dengan orang banyak dan mulai beradaptasi dengan warga London.

3. Tower Bridge

Pada malam pertama, kalian pasti lelah karena telah berjalan sangat jauh. Maka habiskan malam ini di suasana romantisme yang ditawarkan oleh tower bright ditemani oleh gemerlap lampu-lampu di jembatan tersbeut. Lumayanlah, buat foto-foto dan mengisi feed social media kita.

Hari Kedua

Advertisement

Kita masih punya waktu 96 jam, dengan waktu sebanyak itu namun tidak terlalu premature, sehingga kita perlu tahu memperlajari sejarah dan kisah masing-masing sudut kota London, agar saat nanti kita berwisata ditempat tersebut kita telah mengetahui latar belakang serta kisah tempat tersebut.

4. Museum of London

Museum of London

Museum of London via https://skift.com

Museum ini mendokumentasikan sejarah perkembangan kota London dari prasejarah hingga modern dengan rentang waktu sekitar 10.000 tahun. Dari sini kita dapat mempelajari secara rinci sejarah kota London dan mungkin mendapatkan refrensi tambahan untuk vacation kita selanjutnya.

5. British Library

British Library

British Library via https://thenextweb.com

Jangan salah dan menganggap remeh perpustakaan yang satu ini. The British Library ini dinobatkan menjadi peepustakaan dengan koleksi terbanyak. Dan tempatnya yang sangat cozy cocok nih buat kita kaula muda yang memiliki hasrat untuk belajar tinggi.

6. National Gallery

National Gallery

National Gallery via https://www.artfund.org

Setelah bermanja-manja dengan sejarah, sepertinya kita perlu tuh sedikit rehat oleh kata dan kalimat. Sehingga, National Gallery yang berisi dengan lukisan-lukisan dan karya seni yang indah bisa sedikit mendaur ulang mood belajar kita.

Hari Ke-3

Hari ke-3 adalah waktunya kita belajar mengenai perkembangan teknologi di London sehingga menambah ilmu pengetahuan serta kecerdasan kita.

7. Natural History Museum

Natural History Museum

Natural History Museum via https://www.popsci.com

Nah, di tempat ini kita dapat mempelajarai tentang sejarah alam. Ya kalo kata Abinaya sih, resep membuat jagat raya. Sehingga kita tidak perlu debat lagi nih, bentuk bumi itu bulat atau datar. :)

8. Science Museum

Di sini kita bisa belajar bagaimana teknologi itu tercipta dan mengubah manusia dari masa ke masa. Jadi setidaknya sepulangnya dari London kita bisa pulang dengan segudang ilmu pengetahuan baru dan mengubah Indonesia.

Hari ke-4

Kebudayaan dan Seni

9. Victoria & Albert Museum

Victoria & Albert Museum

Victoria & Albert Museum via http://www.artstur.com

Nah, museum Victoria dan Albert ini, merupakan museum yang dinamai guna menghormati pangeran Albert dan Ratu Victoria. Dan di museum ini berfokus pada seni dekoratif terbesar dengan koleksi 4.5 juta koleksi. Cocok buat kamu yang lagi cari inspirasi untuk benda-benda dekoratif rumah kalian.

10. Tate Modern

Tate Modern

Tate Modern via http://www.tate.org.uk

Tate dan grupnya merupakan museum yang paling sering diknjungi di dunia. Dan salah satunya ada di London. Tate Modern ini memiliki spesialisasi pada seni modern internasional. Jadi tidak bakal rugi deh kalau kalian numpang main dan foto di sini. Siapa tahu keluar dari sini kalian bisa jadi seniman moderen, ya kan?

11. Camden town

Nah, destinasi wisata kita yang terkahir ini yang paling di tunggu nih. Sebenarnya sih beli oleh-oleh, tapi kalo semisal uang yang tersisa di kantong kita sudah tidak cukup guna membeli oleh-oleh. Kita setidaknya bisa memilih untuk menjajah beberapa makanan-makanan yang tersedia di sini. Lumayan lah setidaknya kita bisa membawa oleh-oleh berupa ceita tentan bagaimana masakan di sana. :)

Hari ke-5

Yah, hari ke -5 sudah datang. Berarti hampir habis 120 jam kita di London. Di hari terakhir ini, saya sarankan agar teman-teman beristirahat dan mempersiapkan kepulangan teman-teman. Jangan sampai ada barang yang tertinggal terutama oleh–oleh yang dibeli teman-teman. Dan istirahat sejenak ini membantu memulihkan dan mempersiapkan energi teman-teman untuk penerbangan ke Indonesia.

Gimana, masih berfikir 2 kali buat datang ke London? Jadi memang tidak perlu merogoh dompet kita dalam-dalam buat bisa treveling ke Britain. Karena ternyata Britain juga ramah kok, untuk para backpacker berdana minimalis seperti kita. 🙂 #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Oleh : https://bayuharis.wordpress.com/

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya