#CeritaLiburku-5 Kegiatan Positif Untukmu Orang Tua Pekerja yang Ingin Berlibur Bersama Keluarga

Teruntukmu para orang tua pekerja yang menanti liburan, apalagi bisa bersamaan dengan liburnya sang buah hati, menjadi waktu yang sangat berharga untuk dinantikan. Terlebih untuk kamu yang setiap harinya hanya bisa bertemu anak di sore atau malam hari karena disibukkan pekerjaan.

Kini saatnya kamu memikirkan waktu untuk buah hatimu. Selain bisa mempererat hubungan orangtua dan anak, kegiatan positif di waktu liburan ini bisa menjadi pelajaran penting yang mungkin tidak bisa didapatkan dari sekolah. Kegiatan ini bisa jadi referensi untukmu calon orangtua juga ya, SoHip. Yuk, intip apa saja keseruan kegiatannya~

Advertisement

1. Pergi ke tempat wisata edukasi untuk anak

Liburan edukasi photo by Alena Darmel on pexels

Liburan edukasi photo by Alena Darmel on pexels via https://www.pexels.com

Kreativitas anak sedang aktif-aktifnya, apalagi ketika mereka mulai menemukan mainan atau hal menarik yang ingin mereka lakukan. Cobalah ajak putra-putrimu ke tempat wisata yang di mana mereka bisa secara aktif mengeksplor diri mereka sendiri dengan hal-hal baru yang merangsang otak mereka untuk mengerjakan apa yang buah hatimu sukai. Selain itu, mereka bisa belajar bahwa berlibur pun mereka bisa mendapatkan ilmu pengetahuan.

2. Quality time bersama anak, dari sekadar menemani nonton animasi kesukaannya bahkan berkarya bersama

Berkarya bersama anak photo by cottonbro on pexels

Berkarya bersama anak photo by cottonbro on pexels via https://www.pexels.com

Kesibukan sebagai orangtua pekerja selalu membuatmu merasa sedih, apalagi waktu bermain bersama anak tidak bisa maksimal. Liburan seperti ini menjadi momen di mana kamu dan si buah hati bisa menikmati waktu bersama meskipun hanya sekadar menemaninya nonton kartun atau animasi kesukaannya atau juga bisa membuat kerajinan atau permainan yang anak-anak suka lakukan. Misalnya dengan menggambar, membuat layangan atau membuat kerajinan lainnya. Dari hal ini anak-anak bisa belajar bahwa kerja sama tim untuk membuat karya itu adalah hal penting.

Advertisement

3. Belajar masakan sederhana, misalnya saja untuk bekal saat sekolah

Masak bersama anak photo by August de Richelieu on pexels

Masak bersama anak photo by August de Richelieu on pexels via https://www.hipwee.com

Seberapa seringkah putra-putrimu muncul tiba-tiba, bahkan kepo dengan apa yang kamu lakukan di dapur saat pagi atau sore hari? Tidak ada salahnya untuk bersama si buah hati membuat makanan favoritnya, atau bekal makanan yang biasanya kamu siapkan untuk mereka ke sekolah. Diharapkannya mereka nanti bisa mengerti kenapa proses itu penting, dengan mereka belajar membuat bekal atau makanan favorit mereka sendiri. Anak-anak nanti perlahan bisa mengerti, orangtua membuat bekal atau makanan favorit untuk mereka dengan penuh cinta.

4. Liburan ke tempat saudara di kampung halaman

Liburan di kampung halaman photo by August de Richelieu on pexels

Liburan di kampung halaman photo by August de Richelieu on pexels via https://www.pexels.com

Bagaimanapun juga buah hatimu adalah bagian dari keluarga besarmu. Sebagai orang tua, apalagi salah satu harus ikut dengan suami atau istri ke luar kota, liburan ke kampung halaman adalah salah satu hal yang harus dikenalkan pada anak untuk membangun rasa kekeluargaan antar saudara. Momen ini bisanya membuat anak-anak antusias karena bisa bertemu dengan saudara yang seumuran dengan mereka yang bisa diajak bermain bersama. Dari ini sebagai orangtua kamu bisa mengajarkan juga arti kebersamaan dalam keluarga meski harus terpisah dengan jarak.

5. Di rumah saja, nggak ngapa-ngapain, deep talk bersama si buah hati, ngobrolin apa saja

Advertisement
Deep talk bersama anak photo by Alex Green on pexels

Deep talk bersama anak photo by Alex Green on pexels via https://www.pexels.com

Liburan juga nggak harus melulu dengan keluar rumah. Kamu juga perlu waktu untuk mendengarkan buah hatimu bercerita. Biasanya anak-anak yang masih dalam tubuh kembang, mereka selalu saja aktif untuk bertanya bahkan mengatakan hal apa saja yang unik, lucu bahkan diluar pemikiran sebagai orangtua. Kamu bisa mengambil peran terbaikmu di sini untuk mengetahui sejauh mana kamu bisa lebih dalam mengerti apa yang buah hatimu inginkan. Karena terkadang anak-anak yang sering ditinggal karena kesibukan pekerjaan orangtua, seringnya tidak bisa mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang sepenuhnya.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk mulai memikirkan melakukan hal ini. Pada akhirnya liburan tidak setiap hari ada. Sesibuk apapun pekerjaan, apalagi waktu untuk anak sangatlah berharga. Setiap orangtua memiliki caranya masing-masing, selama itu tidak memberatkan keuangan keluarga apalagi hanya untuk pamer di media sosial saja.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bukan sekedar hobi melainkan memberi arti.

CLOSE