Setiap hari, kita diberi kesempatan untuk melakukan amalan-amalan terbaik kita. Kita beribadah, bekerja, dan menuntut ilmu untuk membekali diri kita dalam menghadapi kehidupan dunia dan mengumpulkan bekal ke akhirat. Waktu yang diberikan Allah pun sama, 24 jam sehari.

Oleh karena itu, kesempatan kita untuk berbuat baik sama dengan orang lain. Hanya tinggal kita mau atau tidak untuk melakukannya. Namun, kebanyakan dari kita melewatkan kesempatan tersebut dan menunda-nunda dalam berbuat kebaikan.

1. Senyum

Tersenyumlah

Tersenyumlah via https://muslimah.or.id

Senyum itu adalah Ibadah dan kebaikan yang paling mudah tidak hanya menciptakan perasaan yang baik dalam diri sendiri, tetapi dengan tersenyum adalah sebagian kecil dari kebaikan. Jadi semakin banyak anda tersenyum pada seseorang, maka akan semakin berlimpah kebaikan yang telah Anda rasakan. Tapi pastikan senyum anda ikhlas dan dengan niat tulus bukan senyum dengan terpaksa.

2. Jadilah Baik Terhadap Diri Sendiri

Mulai dari diri sendiri

Mulai dari diri sendiri via https://www.kompasiana.com

Sebagian orang sering terlalu keras pada diri sendiri. Anda juga layak untuk membagi kebaikan kepada diri Anda sendri. Perlakukan pikiran Anda dengan memberikan diri Anda istirahat dan mencukupi kebutuhan anda lalu ketika hal itu sudah terpenuhi maka penuhi kebutuhan yang lain nya.

3. Berniat Untuk Bersikap Baik

Mulai Dengan Niat

Mulai Dengan Niat via http://islamidia.com

Advertisement

Sudah hal wajib dong, untuk membuat diri kita lebih produktif berbuat baik setiap hari, maka yang suatu hal yang penting adalah niat, karena dari niat yang ikhlas akan timbul ke konsistenan untuk melakukan kebaikan, jika tanpa niat rasanya sulit.

Kebaikan dapat dilakukan secara spontan, tapi untuk menerapkannya secara konsisten setiap hari butuh dorongan dan niat yang kuat untuk memotivasi diri agar selalu berbuat baik terhadap apa yang dilakukan nantinya.

4. Meningkatkan Ibadah

Mengapa? Sebagian orang sulit sekali berbuat baik mungkin karena ibadah nya karena jika anda muslim jelas sudah tahu fungsi dari ibadah itu mencegah perilaku yang munkar dan membentuk perilaku yang baik dengan cara meningkatkan ibadah secara otomatis hati kita perilaku kita seperti di bersihkan dari perilaku yang tidak baik menjadi baik.

5. Sapalah Orang Lain

Advertisement

Inilah yang sering kita temui setiap waktu dan kadang banyak yang mengabaikan perbuatan baik ini, di saat Anda sedang berjalan dan berpapasan dengan seseorang (walaupun tidak kenal), cobalah menyapa dengan mengucapkan “halo” atau “hai” atau cukup melambaikan tangan atau mengangguk ke arahnya. Membuat orang lain tahu bahwa Anda melihatnya adalah hal yang menyenangkan sebab ia akan merasa diperhatikan. Sebagai contohnya:


  • Jika Anda sedang berjalan di tengah keramaian, mungkin akan sulit menyapa setiap orang yang Anda temui. Setidaknya, bersikaplah baik kepada orang yang duduk di sebelah Anda di dalam bus atau pesawat atau orang yang tidak sengaja menabrak Anda.

  • Ucapkan “selamat pagi” kepada teman sekelas, guru di sekolah atau kepada rekan kerja di kantor saat Anda datang di pagi hari. Ini adalah cara cepat untuk membangun reputasi sebagai orang baik.

6. Bersikap Sopan

Sopan Santun

Sopan Santun via https://motivasinews.com

Biasakan mengatakan “tolong”, “terima kasih”, dan “sama-sama”.Perlakukan orang lain dengan hormat, walaupun Anda tidak ingin mengenalnya. Sebagai Contohnya:


  • Jangan lupa mengatakan “permisi”, jika seseorang menghalangi Anda berjalan. Orang lain adalah sesama manusia yang harus Anda hormati dan tidak boleh diperlukan semena-mena. Orang yang Anda hormati biasanya akan memperlakukan Anda dengan cara yang sama.

7. Belajarlah Berbagi

Berbagi dimulai dari sejak dini

Berbagi dimulai dari sejak dini via http://dakwahbq.blogspot.com

Berbagi bisa berarti membagi camilan kepada adik atau memberikan sesuatu yang lebih penting, misalnya waktu, tempat, atau nasihat. Bermurah hati adalah salah satu aspek dari arti bersikap baik. karena perbuatan baik dimulai dari dalam rumah Anda dan mulailah dari lingkungan keluarga jika sudah terbiasa pasti akan terbiasa melakukan nya dimanapun.

Berusahalah agar Anda bisa memberi, ketimbang menerima, karena tangan di atas itu lebih baik daripada tangan di bawah.

8. Jadilah Pendengar yang Baik

Dengarkan baik-baik saat orang lain berbicara kepada Anda. Mengabaikan orang lain yang sedang memberikan pendapat atau bercerita adalah sikap yang tidak baik. Biarkan ia berbicara dan hargailah ucapan nya jika Anda juga ingin dihargai. Contohnya :


  • Jika teman bicara Anda mulai bersikap kasar atau menekan, jangan menyuruhnya diam atau menunjukan ekspresi kesal. Tunggulah sampai ia selesai berbicara lalu alihkan topik pembicaraan jika sudah selesai dibahas.

  • Bersikap baik bukan berarti membiarkan orang lain menekan Anda itu sama saja kita pasrah dan merasa seperti di bodohi. Saat berbicara dengan orang yang belum Anda kenal mulai terasa tidak nyaman, boleh saja Anda berpamitan.

9. Perlakukan Binatang Dengan Baik

Sayangi Binatang

Sayangi Binatang via https://www.islampos.com

Jika Anda benar-benar ingin bersikap baik setiap saat, Anda harus bersikap baik juga terhadap binatang karena binatang merupakan ciptaan tuhan juga yang harus di perlakukan dengan baik. Jangan mengganggu atau menganggap binatang sebagai robot kecil yang bisa Anda perlakukan sesuka hati. Binatang juga layak dihargai sama seperti makhluk hidup yang lain. Contohnya :


  • Jangan pernah memukul atau menyakiti binatang, baik binatang peliharaan Anda sendiri, peliharaan orang lain, binatang yang tersesat, atau binatang liar.

  • Jangan mengganggu binatang hanya untuk bersenang-senang, misalnya serangga, laba-laba, burung, dan makhluk hidup lain yang Anda temui.

10. Hindari Berkata yang Menyakitkan

Jangan Berkata Kasar

Jangan Berkata Kasar via http://islamidia.com

Hidup hanya satu kali, alangkah baiknya jika Anda melakukan perbuatan dan perkataan itu dengan sebaik-baiknya sehingga menciptakan kebesaran hati dan kebaikan di mata orang lain.

Jangan sekali-kali Anda menyakiti hatinya, sebab itu dapat berdampak buruk untuk Anda sendiri. Karena satu keburukan lebih diingat daripada beribu kebaikan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya